Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi terhadap hasil belajar bentuk molekul pada siswa dengan kemampuan pandang ruang yang berbeda / Nur SaÔÇÖadah
Main Author: | SaÔÇÖadah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60150/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaadahNur.2016.PengaruhPendekatanInkuiriTerbimbingdanVerifikasiterhadapHasilBelajarBentukMolekulpadaSiswadenganKemampuanPandangRuangyangBerbeda.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.EffendyM.PdPh.D(2)Prof.H.SuhadiIbnuMAPh.D.Kata-katakuncipendekataninkuiriterbimbingpendekatanverifikasikemampuanpandangruanghasilbelajar.BentukmolekulmerupakansalahsatumateriyangdipelajariolehsiswaSMA.Materiinibersifatabstrak.Untukmemahamimateribentukmolekuldiperlukankemampuanpandangruang.PersoalannyahasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanpandangruangsiswaSMAcenderungrendahsehinggaberpotensiuntuktimbulnyakesulitanpadasiswayangmempelajarimateritersebut.Untukmengatasimasalahtersebutperludigunakanpendekatanyangtepat.Inkuiriterbimbingyangmenganutpahamkonstruktivismedimanasiswamembangunsendirikemampuannyamelaluiprosesberpikirsecarakritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalahdiperkirakanmerupakanpendekatanyangmemenuhi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)apakahterdapatperbedaanhasilbelajarpadamateribentukmolekulantarasiswayangdiajardenganpendekataninkuiriterbimbingdanverifikasi(2)apakahperbedaankemampuanpandangruangsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarnyadan(3)apakahterdapatinteraksiantarapendekatanpembelajarandengankemampuanpandangruangsiswa.Penelitianinitermasukeksperimensemumenggunakandesainfaktorial22.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeri1Situbondoyangberjumlah295siswadengansampelyangdipilihmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Sampelterdiriatas58siswayangterbagidalamduakelompok.Kelompokpertama(29siswa)dibelajarkandenganpendekataninkuiriterbimbingkelompokkedua(29siswa)dibelajarkandenganpendekatanverifikasi.Datapenelitianadalahkemampuanpandangruangsiswadandatahasilbelajar.DatakemampuanpandangruangsiswadikumpulkanmenggunakaninstrumenyangdikembangkanolehLembagaPsychologyCenterUniversitasNegeriMalang.instrumeninimemilikikoefisienreliabilitasdiukurdenganKuder-Richardson20sebesar069.Datahasilbelajarsiswadikumpulkanmenggunakantesyangdisusunolehpeneliti.Tesiniterdiridari35itemdenganvaliditasisisebesar100%dankoefisienreliabilitasdiukurmenggunakanKuder-Richardson20sebesar074.DatahasilbelajarsiswadianalisismenggunakanstatistikujiAnavaduajalur.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpendekataninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadahasilbelajarsiswayangdiajardenganpendekatanverifikasi(2)hasilbelajarsiswayangmemilikikemampuanpandangruangtinggilebihtinggidaripadahasilbelajarsiswayangmemilikikemampuanpandangruangrendah(3)tidakadainteraksiantaracarapembelajarandengankemampuanpandangruangsiswa.