Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dan verifikasi terhadap hasil belajar bentuk molekul pada siswa dengan kemampuan pandang ruang yang berbeda / Nur SaÔÇÖadah

Main Author: SaÔÇÖadah, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60150/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaadahNur.2016.PengaruhPendekatanInkuiriTerbimbingdanVerifikasiterhadapHasilBelajarBentukMolekulpadaSiswadenganKemampuanPandangRuangyangBerbeda.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.H.EffendyM.PdPh.D(2)Prof.H.SuhadiIbnuMAPh.D.Kata-katakuncipendekataninkuiriterbimbingpendekatanverifikasikemampuanpandangruanghasilbelajar.BentukmolekulmerupakansalahsatumateriyangdipelajariolehsiswaSMA.Materiinibersifatabstrak.Untukmemahamimateribentukmolekuldiperlukankemampuanpandangruang.PersoalannyahasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanpandangruangsiswaSMAcenderungrendahsehinggaberpotensiuntuktimbulnyakesulitanpadasiswayangmempelajarimateritersebut.Untukmengatasimasalahtersebutperludigunakanpendekatanyangtepat.Inkuiriterbimbingyangmenganutpahamkonstruktivismedimanasiswamembangunsendirikemampuannyamelaluiprosesberpikirsecarakritisdananalitisuntukmencaridanmenemukansendirijawabandarisuatumasalahdiperkirakanmerupakanpendekatanyangmemenuhi.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui(1)apakahterdapatperbedaanhasilbelajarpadamateribentukmolekulantarasiswayangdiajardenganpendekataninkuiriterbimbingdanverifikasi(2)apakahperbedaankemampuanpandangruangsiswaberpengaruhterhadaphasilbelajarnyadan(3)apakahterdapatinteraksiantarapendekatanpembelajarandengankemampuanpandangruangsiswa.Penelitianinitermasukeksperimensemumenggunakandesainfaktorial22.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXSMANegeri1Situbondoyangberjumlah295siswadengansampelyangdipilihmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Sampelterdiriatas58siswayangterbagidalamduakelompok.Kelompokpertama(29siswa)dibelajarkandenganpendekataninkuiriterbimbingkelompokkedua(29siswa)dibelajarkandenganpendekatanverifikasi.Datapenelitianadalahkemampuanpandangruangsiswadandatahasilbelajar.DatakemampuanpandangruangsiswadikumpulkanmenggunakaninstrumenyangdikembangkanolehLembagaPsychologyCenterUniversitasNegeriMalang.instrumeninimemilikikoefisienreliabilitasdiukurdenganKuder-Richardson20sebesar069.Datahasilbelajarsiswadikumpulkanmenggunakantesyangdisusunolehpeneliti.Tesiniterdiridari35itemdenganvaliditasisisebesar100%dankoefisienreliabilitasdiukurmenggunakanKuder-Richardson20sebesar074.DatahasilbelajarsiswadianalisismenggunakanstatistikujiAnavaduajalur.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarsiswayangdiajarmenggunakanpendekataninkuiriterbimbinglebihtinggidaripadahasilbelajarsiswayangdiajardenganpendekatanverifikasi(2)hasilbelajarsiswayangmemilikikemampuanpandangruangtinggilebihtinggidaripadahasilbelajarsiswayangmemilikikemampuanpandangruangrendah(3)tidakadainteraksiantaracarapembelajarandengankemampuanpandangruangsiswa.