Pengaruh learning cycle 5-E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berfikir kritis, dan penguasaan konsep larutan penyangga dan hidrolisis garam siswa SMA / Eris Ratnawati

Main Author: Ratnawati, Eris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/60144/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRatnawatiEris.2016.PengaruhLearningCycle-5EBerkonteksSSIterhadapPemahamanHakikatSainsKeterampilanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepLarutanPenyanggadanHidrolisisGaramSiswaSMA.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.SriRahayuM.EdPh.D(II)Dr.Hj.FauziatulFajarohM.S.KataKunciLearningCycle-5ESocioscientificIssuesHakikatSainsKetrampilanBerpikirKritisPenguasaanKonsepLarutanPenyanggaHidrolisisGaramHakikatsainsketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepmerupakankomponendalamliterasisains.Olehsebabitupembelajaranyangdapatmeningkatkanhakikatsainsketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepdiperlukanuntukmenciptakangenerasiyangberliterasisainsdiantaranyamelaluipenerapanpembelajaranberkontekssocioscientificissues(SSI).SalahsatumaterikimiayangsesuaidibelajarkandengankonteksSSIadalahlarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.PenelitianinibertujuanmengetahuiperbedaanhakikatsainsketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle-5EberkonteksSSImodelpembelajaranLearningCycle-5Edanmodelpembelajarankonvensionalpadamaterilarutanpenyanggadanhidrolisisgaram.Desainpenelitianyangdigunakanadalaheksperimentalsemupretesdanpostes.SampelpenelitianterdiridaritigakelasyaitukelasXIMIA-3(n36)yangdibelajarkandenganmodelpembelajarankonvensionalkelasXIMIA-4(n36)yangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle-5EdankelasXIMIA-5(n36)yangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle-5EberkonteksSSI.Sampeldipilihdenganteknikconveniencesampling.DatapenelitiandiperolehdarihasilangketberskalaLikert(R0883)tesketerampilanberpikirkritis(R07558)dantespenguasaankonsep(R0882)yangdikembangkanolehpeneliti.DatadianalisisdenganANCOVAsatujalurujilanjutposthocLSDdaneffectsize.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaansignifikanpemahamanhakikatsainsketrampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepantarasiswakelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranLearningCycle-5EberkonteksSSImodelpembelajaranLearningCycle-5Edanmodelpembelajarankonvensional.Effectsizedariaspekhakikatsainsyangberkontribusibesaradalahmetodeilmiahempirisinferensidimensisosialsainsdanpenerapansainsdalambidangsosbud.Effectsizedariindikatorberpikirkritisyangberkriteriabesaryaitumenganalisisargumenmelakukandeduksidanmenilaihasildeduksimelakukaninduksimendefinikanistilahdanmempertimbangkandefinisimenggunakankriteriayangtepatmemutuskansuatutindakandanberinteraksidenganoranglain.EffectsizedarikelompoksumbateriyangberkriteriabesaryaituprinsipkerjalarutanpenyanggadanperhitunganpHlarutanpenyangga.