Pengaruh pembelajaran kimia dengan LC-5E berkonteks SSI terhadap pemahaman hakikat sains, keterampilan berpikir kritis, dan penguasaan konsep kelarutan siswa SMA / Halimah Mustika Nurhayati
Main Author: | Nurhayati, Halimah Mustika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60143/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKNurhayatiHalimahMustika.2016.PengaruhPembelajaranKimiadenganLC-5EBerkonteksSSIterhadapPemahamanHakikatSainsKeterampilanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepKelarutanSiswaSMA.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D(II)Dr.YahminM.SiKataKunciLC-5ESSIhakikatsainsberpikirkritispenguasaankonsepkelarutanSainsselalumengalamiperkembanganuntukmemenuhikebutuhanmasyarakat.Begitupuladengantujuanpendidikansainsyangselaluberkembangsearahdenganperkembangansains.Tujuanpendidikansainsberawaldariupayauntukmemahamialamdanberkembangkearahpemanfaatanpengetahuandimasyarakat.Perkembanganinikemudianmemunculkankonsepliterasisainsyaitusuatuistilahluasmengenaisainsyangmeliputiperkembangansainsaspeksosialsainsdankemampuanmembuatkeputusan.Dengandemikianliterasisainsmerupakankemampuanmenerapkanpengetahuansainsuntukmengambilkeputusanterhadapsegalasesuatutentangalamdanperubahannya.Halinimengakibatkanbanyakpenelitimenganggapliterasisainsmerupakantujuanpendidikansains.AkantetapiberdasarkanhasilPISAliterasisainssiswadiIndonesiamasihsangatrendah.Untukmeningkatkanliterasisainsdapatdilakukandenganmemasukkanaspek-aspekliterasisainsdalampembelajaran.Aspekutamaliterasisainsadalahkontensainspemahamanhakikatsainsdankemampuanberpikirkritis.Upayameningkatkanpemahamanhakikatsainsdapatdilakukandenganmengeksplisitkannyadalampembelajaran.PenggunaanpembelajaranyangmelibatkanprosessainsdanpenggunaankonteksSSIdalampembelajarandapatmembantumengeksplisitkanhakikatsains.KonteksSSImerupakanisu-isusosialterkaitsainsyangadadimasyarakat.AdanyakonteksSSIdanpembelajaranyangmelibatkanprosessainssepertiLC-5Ejugaakanmeningkatkanketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepsiswa.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpembelajarankimiadenganLC-5EberkonteksSSIterhadappemahamanhakikatsainsketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepkelarutansiswaSMA.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatif.Datadiperolehdarijawabansiswaterhadaptesketerampilanberpikirkritis(r07319)tespenguasaankonsepkelarutan(r07448)danangketpemahamanhakikatsains(r07450).Dalammelakukanpengumpulandatadigunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemupretes-posttestcontrolgroupdesignyangmelibatkantigakelasyaitukelaseksperimenIyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSIkelaseksperimenIIyangdibelajarkandenganLC-5EtanpakonteksSSIdankelaskontrolyangdibelajarkandenganpembelajarankonvensional.PopulasiyangdigunakanadalahsiswaSMANegeri1BoyolanguTulungagung.Sampelpenelitiandipilihdaripopulasidenganteknikconvenientsamplingdimanasampeldipilihberdasarkanketersediaandalampopulasi.Datayangdiperolehdianalisisdengananalisiskuantitatifmelaluiujiprasyaratdanujihipotesis.Hasilujiprasyaratmenunjukkanbahwadataberdistribusinormaldanhomogensehinggadapatdiujihipotesisdengananalisisparametrik.Analisisparametrikyangsesuaiuntukdesaintigakelasdanmenggunakanpretes-pascatesadalahanalisiskovarian(ANCOVA)dengandatapretessebagaikovariat.Berdasarkananalisisdatadapatdiketahuisebagaiberikut(a)terdapatperbedaanrata-ratapemahamanhakikatsainssiswakelasXISMAyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSI(5675)LC-5EtanpakonteksSSI(4700)danmetodekonvensional(4504)dimanaperbedaansignifikansecarastatistikterjadipadakelasyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSIdengankelasyangdibelajarkandenganLC-5EtanpakonteksSSImaupunkelaskonvensional(b)terdapatperbedaanrata-rataketerampilanberpikirkritissiswakelasXISMAyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSI(6074)LC-5EtanpakonteksSSI(5311)danmetodekonvensional(4389)dimanaperbedaansignifikansecarastatistikterjadipadakelasyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSIdenganyangdibelajarkanmenggunakanmetodekonvensional(c)terdapatperbedaanrata-ratapenguasaankonsepkelarutansiswakelasXISMAyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSI(6826)LC-5EtanpakonteksSSI(5977)danmetodekonvensional(4709)dimanaperbedaansignifikanterjadipadakelasyangdibelajarkandengandenganLC-5EberkonteksSSImaupunLC-5EtanpakonteksSSIdengankelasyangdibelajarkanmenggunakanmetodekonvensional.Selanjutnyauntukmengetahuikebermaknaanperbedaanefektiapkelompokindikatorpadakelaseksperimendilakukanujieffectsizedenganmengelompokkansetiapinstrumenpenilaianyangdigunakanpadakelompokindikatortertentu.Padaanalisiseffectsizedisetiapvariabelmenunjukkanbeberapaindikatormemberikaneffectsizebesarsedangdankecil.EffectsizepemahamanhakikatsainskelasyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSItergolongbesar(1562)sedangkaneffectsizepemahamanhakikatsainskelasyangdibelajarkandenganLC-5EtanpaSSItergolongkecil(0204).EffectsizeketerampilanberpikirkritiskelasyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSItergolongbesar(1040)sedangkaneffectsizeketerampilanberpikirkritisyangdibelajarkandenganLC-5EtanpaSSItergolongkecil(0369).EffectsizepenguasaankonsepkelarutankelasyangdibelajarkandenganLC-5EberkonteksSSItergolongbesar(1390)sedangkaneffectsizepenguasaankonsepkelarutanyangdibelajarkandenganLC-5EtanpaSSItergolongsedang(0661).DengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaanLC-5EberkonteksSSIdalampembelajarandapatmeningkatkanpemahamanhakikatsainsketerampilanberpikirkritisdanpenguasaankonsepsiswa.