Pengaruh model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi asam basa / Amalia Cahyarini
Main Author: | Cahyarini, Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60136/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKCahyariniAmalia.2016.PengaruhModelPembelajaranLearningCycle5EBerkonteksSocioscientificIssues(SSI)terhadapPenguasaanKonsepdanKeterampilanBerpikirKritisSiswapadaMateriAsamBasa.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dra.SriRahayuM.Ed.Ph.D.(II)Dr.YahminS.PdM.Si.KataKuncilearningcycle5EsocioscientificissuespenguasaankonsepketerampilanberpikirkritisasambasaLiterasisainsmerupakansalahsatutujuanutamapendidikansains.Penguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritismerupakankomponendalamliterasisains.Olehkarenaitupembelajaranyangdapatmeningkatkanpenguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritisdiperlukangunamenciptakangenerasiyangmeleksainsdiantaranyamelaluipenerapanpembelajaranberkontekssocioscientificissues(SSI).SalahsatumaterikimiayangsesuaidibelajarkandengankonteksSSIadalahasambasa.PenerapanpembelajaranberkonteksSSIpadamateriasambasadidugaakanmemberikanhasilpenguasaankonsepdanketerampilanberpikirkritisyanglebihbaikjikadipadukandenganmodelpembelajaranberbasisinkuiriyaitulearningcycle5E.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmenguji(1)perbedaanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(2)perbedaanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5Edansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(3)perbedaanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E(4)perbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(5)perbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5Edansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensionaldan(6)perbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimentalsemuposttestonlycontrolgroupdesign.SampelpenelitianterdiridaritigakelasyaitukelasXIMIA-4(n32)yangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EkelasXIMIA-5(n33)yangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdankelasXIMIA-6(n32)yangdibelajarkandenganmetodekonvensional.Sampeldipilihdenganteknikconveniencesampling.Instrumenpenelitianberupasoalpilihangandayangterdiridari20soalpenguasaankonsep(r0850)dan15soalberpikirkritis(r0806).DatapenelitiandianalisismenggunakanujistatistikonewayANOVAdenganujiposthocLSD.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(2)adaperbedaanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5Edansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(3)tidakadaperbedaanpenguasaankonsepsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E(4)adaperbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensional(5)adaperbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5Edansiswayangdibelajarkandenganmetodekonvensionaldan(6)tidakadaperbedaanketerampilanberpikirkritissiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5EberkonteksSSIdansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E.