Pengaruh penerapan pembelajaran comunity of Inquiry (Col) berbantuan blended learning pada materi distilasi terhadap pemahaman konsep dan pertisipasi mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang / Effa Rachma Pratiwi

Main Author: Pratiwi, Effa Rachma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/60130/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPratiwiEffaRachma.2016.PengaruhPenerapanPembelajaranCommunityofInquiry(CoI)BerbantuanBlendedLearningpadaMateriDistilasiterhadapPemahamanKonsepdanPartisipasiMahasiswaJurusanKimiaUniversitasNegeriMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D(II)Dr.MunzilAriefS.Pd.M.SiKataKunciCommunityofInquiryBlendedLearningDistilasiPemahamanKonsepPartisipasiMasalahpembelajarankimiapadamateridistilasiditingkatperguruantinggiadalahpemahamankonsepyangrendahtentangkesetimbanganuap-cairhukumgasidealdantitikdidih.Untukmemahamikonseptersebutmakadiperlukanpenggunaanmultimediadanbelajaraktifbaiksecaramandiriataupunberkolaborasimelaluipartisipasiberbagaikegiatanbelajar.PenerapanpembelajaranCoIberbantuanblendedlearningdiharapkandapatmeningkatkaninteraksimahasiswadengantemansebayadanpengajar.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankualitasprosespembelajaranCoIberbantuanblendedlearningpadamateridistilasiditinjaudaripenilaiansetiapfaseCoIsehinggadapatmendeskripsikanpemahamankonsepmahasiswaJurusanKimiaUMtentangmateridistilasi.Penelitianinimenggunakandesainpenelitianpra-eksperimentaldenganoneshotcasestudy.SubjekyangdigunakanadalahsatukelasmahasiswasemesterIVprogramstudiS1KimiaUMTahunAkademik2014/2015.InstrumenpengukuranyangdigunakanadalahtespemahamankonseprubrikpartisipasitatapmukadanpartisipasionlinemahasiswadanangketpersepsipembelajaranCoI.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadeskriptifuntukmenjabarkanpemahamankonsepdankualitasprosespembelajaranCoIberbantuanblendedlearning.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatkonsistensirata-ratajumlahpertanyaandanjumlahmahasiswadalamkelompoktinggidanrendahpadafasetriggeringeventkonsistensirata-ratajumlahinteraksi(chat)danjumlahmahasiswadalamkelompoktinggidanrendahpadafaseexplorationrata-ratanilaifaseintegrationyangtinggidanjumlahmahasiswadalamkelompoktinggisertarata-ratanilaifaseapplicationyangsangattinggidanjumlahmahasiswadalamkelompoktinggiyangmenunjukkanbaiknyakualitasprosespembelajaranCoIberbantuanblendedlearning.NilaipemahamankonsepdistilasiyangdiukurdengantesakhirmewakilipemahamankonsepyangdibangunsaatpembelajaranCoIdilakukandengandibuktikandarinilaitesakhirdanpenilaiansetiapfaseCoI.