Pengaruh penerapan pembelajaran comunity of Inquiry (Col) berbantuan blended learning pada materi distilasi terhadap pemahaman konsep dan pertisipasi mahasiswa jurusan kimia Universitas Negeri Malang / Effa Rachma Pratiwi
Main Author: | Pratiwi, Effa Rachma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60130/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPratiwiEffaRachma.2016.PengaruhPenerapanPembelajaranCommunityofInquiry(CoI)BerbantuanBlendedLearningpadaMateriDistilasiterhadapPemahamanKonsepdanPartisipasiMahasiswaJurusanKimiaUniversitasNegeriMalang.Tesis.ProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D(II)Dr.MunzilAriefS.Pd.M.SiKataKunciCommunityofInquiryBlendedLearningDistilasiPemahamanKonsepPartisipasiMasalahpembelajarankimiapadamateridistilasiditingkatperguruantinggiadalahpemahamankonsepyangrendahtentangkesetimbanganuap-cairhukumgasidealdantitikdidih.Untukmemahamikonseptersebutmakadiperlukanpenggunaanmultimediadanbelajaraktifbaiksecaramandiriataupunberkolaborasimelaluipartisipasiberbagaikegiatanbelajar.PenerapanpembelajaranCoIberbantuanblendedlearningdiharapkandapatmeningkatkaninteraksimahasiswadengantemansebayadanpengajar.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankualitasprosespembelajaranCoIberbantuanblendedlearningpadamateridistilasiditinjaudaripenilaiansetiapfaseCoIsehinggadapatmendeskripsikanpemahamankonsepmahasiswaJurusanKimiaUMtentangmateridistilasi.Penelitianinimenggunakandesainpenelitianpra-eksperimentaldenganoneshotcasestudy.SubjekyangdigunakanadalahsatukelasmahasiswasemesterIVprogramstudiS1KimiaUMTahunAkademik2014/2015.InstrumenpengukuranyangdigunakanadalahtespemahamankonseprubrikpartisipasitatapmukadanpartisipasionlinemahasiswadanangketpersepsipembelajaranCoI.AnalisisdatayangdigunakanadalahanalisisdatadeskriptifuntukmenjabarkanpemahamankonsepdankualitasprosespembelajaranCoIberbantuanblendedlearning.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatkonsistensirata-ratajumlahpertanyaandanjumlahmahasiswadalamkelompoktinggidanrendahpadafasetriggeringeventkonsistensirata-ratajumlahinteraksi(chat)danjumlahmahasiswadalamkelompoktinggidanrendahpadafaseexplorationrata-ratanilaifaseintegrationyangtinggidanjumlahmahasiswadalamkelompoktinggisertarata-ratanilaifaseapplicationyangsangattinggidanjumlahmahasiswadalamkelompoktinggiyangmenunjukkanbaiknyakualitasprosespembelajaranCoIberbantuanblendedlearning.NilaipemahamankonsepdistilasiyangdiukurdengantesakhirmewakilipemahamankonsepyangdibangunsaatpembelajaranCoIdilakukandengandibuktikandarinilaitesakhirdanpenilaiansetiapfaseCoI.