Pengaruh praktikum dan demonstrasi dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi asam-basa ditinjau dari kemampuan awal / Fitria Rizkiana

Main Author: Rizkiana, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/60129/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRizkianaFitria.2016.PengaruhPraktikumdanDemonstrasidalamPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapMotivasidanHasilBelajarSiswapadaMateriAsam-BasaDitinjaudariKemampuanAwal.Tesis.ProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Dr.SitiMarfuahM.S.Katakunciinkuiriterbimbingpraktikumdemonstrasimotivasibelajarhasilbelajarkemampuanawalasam-basa.Materiasam-basadapatdipelajaridenganbaikjikasiswamemahamimaterikesetimbangankimiastoikiometridanikatankimia.Selainitupembelajaranmateriasambasaakanmenarikdanbermaknajikasiswadiikutsertakandalammenemukankonsepmelaluiinkuiriterbimbingberbasiskegiatanlaboratorium.Pembelajaraninkuiriterbimbingberbasiskegiatanlaboratoriumdapatdilakukanmelaluipraktikumdandemonstrasi.Keduajenispembelajaraninimemberikankesempatanyangsamakepadasiswauntukmenelaahmenganalisadanmenemukankonsepberdasarkanhasilpengamatanyangdiperoleh.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmelaluipraktikumdandemonstrasidalampembelajaraninkuiriterbimbing(2)perbedaanhasilbelajarantarasiswadengankemampuanawaltinggidanrendah(3)pengaruhmetodepembelajarandankemampuanawalterhadaphasilbelajar(4)perbedaanmotivasibelajarantarasiswayangdibelajarkanmelaluipraktikumdandemonstrasidalampembelajaraninkuiriterbimbing(5)perbedaanmotivasibelajarantarasiswadengankemampuanawaltinggidanrendah(6)pengaruhmetodepembelajarandankemampuanawalterhadapmotivasibelajar.Penelitianinimenggunakandesainfaktorial2x2.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasXIIPASMANegeri8Malangpadatahunpelajaran2015/2016.SampelpenelitianadalahkelasXIIPA3danXIIPA5yangmasing-masingberjumlah36orangsiswa.Instrumenpenelitianyangdigunakanadalahteshasilbelajardanangketmotivasiyangmasing-masingmemilikireliabilitassebesar0863dan0879.DatayangdiperolehdianalisismenggunakanMANOVA.Hasilpenelitianyangdiperolehadalah(1)tidakadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmelaluipraktikumdandemonstrasidalampembelajaraninkuiriterbimbing(2)adaperbedaanhasilbelajarantarasiswadengankemampuanawaltinggidanrendah(3)tidakadapengaruhmetodepembelajarandankemampuanawalsecarabersama-samaterhadaphasilbelajarsiswa(4)adaperbedaanmotivasibelajarantarasiswayangdibelajarkanmelaluipraktikumdandemonstrasidalampembelajaraninkuiriterbimbing(5)adaperbedaanmotivasibelajarantarasiswadengankemampuanawaltinggidanrendah(6)tidakadapengaruhmetodepembelajarandankemampuanawalsecarabersama-samaterhadapmotivasibelajar.