Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan multi representasi dengan orientasi tujuan berbeda terhadap hasil belajar kognitif tingkat tinggi siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Rizki Nur Analita
Main Author: | Analita, Rizki Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60125/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKAnalitaRizkiNur.2015.PengaruhModelPembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanMultiRepresentasidenganOrientasiTujuanBerbedaterhadapHasilBelajarKognitifTingkatTinggiSiswapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D(II)Dr.AmanSantosoM.Si.Kata-kataKunciinkuiriterbimbingmultirepresentasiorientasitujuanhasilbelajarkognitiftingkattinggikelarutandanhasilkalikelarutan.Kelarutandanhasilkalikelarutanmerupakanbagiandarimatapelajarankimiayangsebagianbesarmaterinyabersifatabstraksehinggasiswacenderungmengalamimiskonsepsi.Beberapaalasanyangmenyebabkanterjadinyamiskonsepsiantaralainkarenakurangsesuainyamodelpembelajaranyangditerapkandanpembelajaranlebihmengutamakanpemahamanalgoritmikdaripadakonseptual.Salahsatumodelpembelajaranyangdiperlukanuntukmengatasipermasalahantersebutadalahinkuiriterbimbing.Inkuiriterbimbingmerupakanmodelpembelajaranyangdapatmengkonstrukpengetahuansertameningkatkanpemahamankonseptualdanalgoritmiksiswa.Dalamilmukimiapemahamankonseptualdanalgoritmikterdiridarirepresentasitingkatmakroskopikmikroskopikdansimbolik(multirepresentasi).Penerapanpembelajaranmultirepresentasibertujuanuntukmembantukonstruksikonsepdanmeningkatkankemampuankognitifsiswaterutamadalambentukhasilbelajarkognitiftingkattinggi.Faktorlainyangmempengaruhihasilbelajarkognitiftingkattinggisiswaadalahorientasitujuan.Orientasitujuanterdiridaritujuanbelajardantujuanpenampilan.Siswadenganorientasitujuanbelajartinggidiprediksimemperolehhasilbelajarkognitiftingkattinggiyanglebihbaikdaripadasiswadenganorientasitujuanpenampilantinggi.Penelitianyangdilakukanbertujuanuntukmenentukanpengaruhmodelpembelajarandanpengaruhorientasitujuanyangberbedaterhadaphasilbelajarterutamahasilbelajarkognitiftingkattinggisiswa.Penelitianmenggunakanrancanganeksperimentalsemupretest-postestcontrolgroupdenganrancanganfaktorial2x2.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIMIASMANegeri1BoyolanguTulungagungtahunajaran2014/2015.SampelpenelitianterdiridariduakelasyaitukelasXIMIA-7(n37)yangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingdankelasXIMIA-8(n38)yangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultirepresentasi.Pemilihansampelmenggunakanteknikclusterrandomsampling.Datapenelitiandiperolehmelaluiteshasilbelajarkognitifdankuesionerorientasitujuan.Instrumentesterdiridari20soalpilihangandadan3soalesaiyangtelahterujivalid(Sig.8804005)danreliabel(r072).Instrumenkuesionerterdiridari15pertanyaantujuanbelajardan15pertanyaantujuanpenampilanyangtelahterujivalid(9445%).DatapenelitiandianalisismenggunakanujistatistiktwowayANOVA.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitiftingkattinggiantarasiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultirepresentasidansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajaraninkuiriterbimbing(p000Sig.8804005)modelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmultirepresentasi(gE059)memberikanhasilbelajarkognitifyanglebihbaikdaripadamodelpembelajaraninkuiriterbimbing(gK041)(2)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitiftingkattinggiantarasiswayangmemilikiorientasitujuanbelajardansiswayangmemilikiorientasitujuanpenampilan(p000Sig.8804005)tujuanbelajarmemberikanhasilbelajarkognitiftingkattinggiyanglebihbaikdaripadatujuanpenampilandan(3)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandanorientasitujuanterhadaphasilbelajarkognitiftingkattinggisiswa(p037Sig.005).8195