Pengaruh pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan blended learning terhadap hasil belajar kognitif materi NMR mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang / Donna Novita Sari

Main Author: Sari, Donna Novita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/60101/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSariDonnaNovita.2015.PengaruhPembelajaranKooperatifSTADdipadudenganBlendedLearningterhadapHasilBelajarKognitifMateriNMRMahasiswaJurusanKimiaUniversitasNegeriMalang.Tesis.JurusanPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D.(2)Dra.SriRahayuM.EdPh.D.Kata-katakunciNMRpembelajarankooperatifSTADblendedlearninghasilbelajarkognitifMateriNMRadalahsalahsatumateripadaperkuliahananalisisinstrumenyangharusditempuholehmahasiswajurusankimiapadaperkuliahananalisisinstrumen.KompetensiyangdiharapkandimilikiolehmahasiswadalammateriNMRadalahmenguasaikonsepprinsipinstrumendaninterpretasispektrumNMR.Untukmencapaisemuakompetensitersebutterutamakompetensiterakhirdiperlukanlatihanyangintensif.Latihantersebutadalahoptimalapabilamahasiswadapatberinteraksisatudenganyanglain.Halinidapatdiwujudkanapabilapembelajarandilakukansecarakooperatif.PenggunaanpembelajarankooperatifSTADdiharapkanmampumemfasilitasiinteraksioptimalantarmahasiswa.Namunpembelajaraninimemilikikelemahanpadawaktuperkuliahanyangterbatassehinggainteraksitersebuttidakmungkindilakukandalamperkuliahandikelas.InteraksiinidapatdilakukandiluarkelasdenganmemanfaatkanTIK.Blendedlearningmerupakansalahsatualternatifmodelpembelajaranyangdapatmemfasilitasiinteraksioptimaltersebut.OlehkarenaitupembelajarankooperatifSTADdipadudenganblendedlearningdiharapkandapatdigunakansebagaimodelpembelajaranyangefektifditinjaudarihasilbelajarkognitifmahasiswadalamperkuliahanmateriNMR.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhdaripembelajarankooperatifSTADdipadudenganblendedlearningterhadaphasilbelajarkognitifmahasiswapadamateriNMR.Penelitianinimenggunakanpostestonlycontrolgroupdesign.SubyekpenelitianadalahmahasiswajurusankimiaUniversitasNegeriMalangsemester5tahunajaran2014/2015yaituofferingG(28mahasiswa)danofferingH(32mahasiswa).MahasiswapadaofferingGdibelajarkandenganpembelajarankooperatifSTADdipadudenganblendedlearningsedangkanmahasiswapadaofferingHdibelajarkandenganpembelajarankooperatifsaja.DatapenelitianadalahhasilbelajarkognitifpadamateriNMR.Hasilbelajarkognitifdiukurdengantespilihangandayangterdiridariduapuluhsoal.ValiditasbutirsoalyangtelahdiukurmenggunakanrumusPearsonCorrelationsmenghasilkanrata-ratasebesar048dankoefisienreliabilitasdiukurmenggunakansplit-halfmethodesebesar078.Datayangdiperolehdianalisismenggunakanstatistikuji-t.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakterdapatperbedaanhasilbelajarkognitifmahasiswayangdibelajarkandenganpembelajarankooperatifSTADdipadudenganblendedlearningdankelasyangdibelajarkandenganpembelajarankooperatifSTADsaja.Faktorpenyebabnyaadalahinteraksiyangterjadiantarmahasiswabelumberjalansecaraoptimalkarenadiskusiyangdilaksanakankurangfokusterhadaptopikyangdibahas.