Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang / Inma Yunita Setyorini

Main Author: Setyorini, Inma Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/60089/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSetyoriniInmaYunita.2015.PengaruhStrategiPembelajaranInkuiriTerbimbingpadaMateriHidrolisisterhadapMotivasiBelajardanKemampuanBerpikirTingkatTinggiSiswaKelasXISMANegeri6Malang.TesisPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Dr.H.SubandiM.Si.(II)Dr.AmanSantosoM.Si.KataKunciInkuiriterbimbingHidrolisisMotivasibelajarKemampuanberpikirtingkattinggiIlmukimiamempunyaibanyakkonsepyangbersifatabstrakdanumumnyasulituntukdipahamiolehsiswa.Ilmukimiatidakhanyamemilikikonsep-konsepyangrumittetapijugamembutuhkanketerampilanmatematikauntukmenyelesaikansoal-soal.Materiyangdianggapsulitolehsiswasalahsatunyaadalahhidrolisis.Materihidrolisisselainbersifatkonseptualjugabersifatalgoritmikyangmemerlukankemampuanberpikirtingkattinggiuntukmemahaminya.Kemampuanberpikirtingkattinggisiswaakandapatdicapaimelaluipenerapanstrategipembelajaraninkuiriterbimbing.Tahappembuatanhipotesisdalamlangkah-langkahpembelajaranikuiriterbimbingdapatdidukungolehkemampuanlogikadeduktifsiswa.Olehsebabituakanditelitipengaruhstrategipembelajaraninkuiriterbimbingpadamaterihidrolisisterhadapmotivasibelajardankemampuanberpikirtingkattinggiaspekpemahamankonseptualdanalgoritmiksertakemampuanlogikadeduktif.Rancanganpenelitianyangdigunakanadalahrancanganeksperimentalsemu.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIIPASMAN6Malangyangterdiridari4kelas.SampelpenelitiandiambildenganteknikclusterrandomsamplingdanterpilihkelasXIIPA3sebagaikelaseksperimendankelasXIIPA1sebagaikelaskontrolyangtelahdiujikesetaraannya.Kelaseksperimendibelajarkandenganstrategiinkuiriterbimbingsedangkankelaskontroldibelajarkandenganstrategiekspositori.InstrumenperlakuanterdiridarisilabusRPPhandoutLKSdankuissedangkaninstrumenpengukuranterdiridariangketmotivasisoaltespemahamankonseptualdanalgoritmiksertasoalkemampuanlogikadeduktifyangtelahdivalidasidengantingkatvaliditasmasing-masingsebesar9697dan98%dannilaireliabilitasmasing-masingsebesar09290900dan0810.PerbedaanmotivasibelajarpemahamankonseptualdanalgoritmiksertakemampuanlogikadeduktifkeduakelasdiujidenganujiMANOVA.HasilpenelitianpadapembelajaranmaterihidrolisisdikelasXISMAN6Malangmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanmotivasibelajarantarasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaranekspositori.Motivasibelajarsiswayangdibelajarkandenganstrategiinkuiriterbimbing(x7731376)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaranekspositori(x7731259)(2)adaperbedaankemampuanberpikirtingkattinggiantarasiswayangdibelajarkandenganstrategiinkuiriterbimbingdengansiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaranekspositori.Pemahamankonseptualdanpemahamanalgoritmiksiswayangdibelajarkandenganstrategiinkuiriterbimbing(x77395danx77371)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaranekspositori(x77389danx77367).Kemampuanlogikadeduktifsiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbing(x77398)lebihtinggidaripadasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaranekspositori(x77387).