Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan peta konsep dan tingkat perkembangan kognitif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Eka Sasmita Rini
Main Author: | Rini, Eka Sasmita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60063/ |
Daftar Isi:
- RiniEkaSasmita.2014.PengaruhStrategiPembelajaranInkuiriTerbimbingberbantuanPetaKonsepdanTingkatPerkembanganKognitifterhadapHasilBelajarKognitifSiswapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.Si.M.Ed.Ph.D.(II)Dr.EndangBudiasihM.S.Katakunciinkuiriterbimbingpetakonseptingkatperkembangankognitif.12288122881228812288KelarutandanhasilkalikelarutanmerupakansalahsatumateridalamilmukimiayangdipelajaridiSMA/MAkelasXIIPAsemestergenap.Materitersebutberisikonsepkonkritabstrakdanperhitunganmatematik.Selainitumateriinijugamembahasfenomenakimiayangdinyatakandalamrepresentasimakroskopikmikroskopikdansimbolik.Berbagaikarakteristikdarimateriitumenyebabkansebagianbesarsiswamengalamikesulitandalammemahamikonsepkelarutandanhasilkalikelarutan.Padapenelitianinidigunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanpetakonsepuntukmemecahkanpermasalahantersebut.Faktorlainyangmempengaruhihasilbelajarkognitifsiswaadalahtingkatperkembangankognitif.Siswayangtelahmencapaitahapberpikirformalakanlebihmudahmemahamikonsep-konsepyangbersifatabstrakdanmemecahkanmasalah-masalahyangkompleks.Penelitianinibertujuanuntukmembandingkanpengaruhstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanpetakonsepdanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingtanpapetakonsepsertapengaruhtingkatperkembangankognitifterhadaphasilbelajarkognitifsiswa.12288122881228812288PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemudenganFactorialized(2x2)VersionofNon-equivalentDesign.PopulasipadapenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Blitartahunajaran2013/2014.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIIPA2(38siswa)yangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingtanpapetakonsepdanXIIPA3(38siswa)yangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanpetakonsep.PengambilansampeldilakukandenganteknikClusterrandomsampling.Instrumenyangdigunakanberupainstrumenperlakuan(terdiridarisilabusRPPdanLKS)daninstrumenpengukuranyangterdiridaritesBurneydanteshasilbelajar.TesBurneyterdiridari24soaldanmemilikirealibilitassebesar0915.Teshasilbelajarterdiridari23soalpilihangandadenganrealibilitassebesar0894danvaliditasisisebesar925%.Analisisdatadilakukandengananalisisvarian2jalur(TwoWayAnova)dandilanjutkandenganujit-testgainscore.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanpetakonsepdengansiswayangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingtanpapetakonseppadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Ujilanjutanmenggunakant-testgainscoremenunjukkanbahwaterjadiperubahan(peningkatan)hasilbelajarkognitifyangsignifikanpadakelaseksperimendibandingkankelaskontrol.Rata-rataskorhasilbelajarkognitifsiswakelaseksperimenadalah849denganpersentaseketuntasan947%perubahan(peningkatan)hasilbelajarkognitifsebesar616sertagainscoreternormalisasi080sedangkanrata-rataskorhasilbelajarkognitifkelaskontrolsebesar778denganpersentaseketuntasan553%perubahan(peningkatan)hasilbelajarkognitifsebesar530sertagainscoreternormalisasi070(2)terdapatperbedaanhasilbelajarkognitifsiswayangmemilikitingkatperkembangankognitiftinggidansiswayangmemilikitingkatperkembangankognitifrendahyangdibelajarkanmenggunakanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanpetakonsepdanstrategipembelajaraninkuiriterbimbingtanpapetakonseppadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan(3)tidakterdapatinteraksiantarastrategipembelajarandantingkatperkembangankognitifterhadaphasilbelajarpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.