Pengaruh model Problem Solving dan Problem Posing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Ratna Kartika Irawati

Main Author: Irawati, Ratna Kartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60053/
Daftar Isi:
  • IrawatiRatnaKartika.2014.PengaruhModelProblemSolvingdanProblemPosingsertaKemampuanAwalterhadapHasilBelajarSiswapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.Tesis.ProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.SiM.EdPh.D(II)Dr.AmanSantosoM.SiKata-kataKunciProblemSolvingProblemPosinghasilbelajarkemampuanawalMaterikelarutandanhasilkalikelarutanmencakupkonsep-konsepkimiayangbersifatabstrakdanmembutuhkanketrampilanmatematikasehinggaberpotensiuntuktimbulnyakesulitansiswaSMAdalammemahamimateritersebut.Pemahamankonsep-konsepkelarutandanhasilkalikelarutanmembutuhkanketrampilanberpikirtingkattinggi.Akantetapipembelajarankimiasaatinidapatdianggapbelummendorongsiswauntukmelakukanketrampilanberpikirtingkattinggi.PenggunaanmodelpembelajaranProblemSolvingdanProblemPosingdenganmemperhatikankemampuanawalsiswadidugadapatmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajarpemahamansiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing(2)perbedaanhasilbelajarpemahamansiswadengankemampuanawalberbeda(3)interaksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajarpemahamansiswa(4)perbedaanhasilbelajartingkattinggisiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing(5)perbedaanhasilbelajartingkattinggisiswadengankemampuanawalberbeda(6)interaksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajartingkattinggisiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Lawangpadatahunajaran2012-2013dengan5kelasyangterdistribusihomogen.Sampelpenelitiandiambildenganteknikclusterrandomsampling.Satukelasterdiriatas32siswayangdibelajarkanProblemSolvingdankelaslainyangterdiriatas32siswadibelajarkandenganProblemPosing.Datapenelitianberupahasilbelajarpemahamandanhasilbelajartingkattinggisiswayangdikumpulkanmenggunakan14soalpilihangandadenganvalidasiisisebesar961%dan5soalessaidenganvalidasiisisebesar94%.PengukuranreliabilitassoaldiperolehdarirumusCronbachsAlphadengannilai071untuksoalpilihangandadan070untuksoalessai.AnalisisdatamenggunakanujiANOVATwoWays.Hasilpenelitianpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutanmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanhasilbelajarpemahamansiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing.HasilbelajarpemahamankelasProblemPosinglebihtinggidibandingkandengankelasProblemSolving(2)adaperbedaanhasilbelajarpemahamansiswadengankemampuanawalberbeda.Hasilbelajarpemahamansiswaberkemampuanawaltinggilebihbaikdibandingkansiswaberkemampuanawalrendah(3)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajarpemahamansiswa(4)adaperbedaanhasilbelajartingkattinggisiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing.HasilbelajartingkattinggikelasProblemPosinglebihtinggidibandingkankelasProblemSolving(5)adaperbedaanhasilbelajartingkattinggisiswadengankemampuanawalberbeda.Hasilbelajartingkattinggisiswaberkemampuanawaltinggilebihbaikdibandingkansiswaberkemampuanawalrendah(6)Tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajartingkattinggisiswa.