Pengaruh model Problem Solving dan Problem Posing serta kemampuan awal terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Ratna Kartika Irawati
Main Author: | Irawati, Ratna Kartika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60053/ |
Daftar Isi:
- IrawatiRatnaKartika.2014.PengaruhModelProblemSolvingdanProblemPosingsertaKemampuanAwalterhadapHasilBelajarSiswapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.Tesis.ProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.IWayanDasnaM.SiM.EdPh.D(II)Dr.AmanSantosoM.SiKata-kataKunciProblemSolvingProblemPosinghasilbelajarkemampuanawalMaterikelarutandanhasilkalikelarutanmencakupkonsep-konsepkimiayangbersifatabstrakdanmembutuhkanketrampilanmatematikasehinggaberpotensiuntuktimbulnyakesulitansiswaSMAdalammemahamimateritersebut.Pemahamankonsep-konsepkelarutandanhasilkalikelarutanmembutuhkanketrampilanberpikirtingkattinggi.Akantetapipembelajarankimiasaatinidapatdianggapbelummendorongsiswauntukmelakukanketrampilanberpikirtingkattinggi.PenggunaanmodelpembelajaranProblemSolvingdanProblemPosingdenganmemperhatikankemampuanawalsiswadidugadapatmengatasimasalahtersebut.Tujuanpenelitianadalahuntukmengetahui(1)perbedaanhasilbelajarpemahamansiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing(2)perbedaanhasilbelajarpemahamansiswadengankemampuanawalberbeda(3)interaksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajarpemahamansiswa(4)perbedaanhasilbelajartingkattinggisiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing(5)perbedaanhasilbelajartingkattinggisiswadengankemampuanawalberbeda(6)interaksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajartingkattinggisiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Lawangpadatahunajaran2012-2013dengan5kelasyangterdistribusihomogen.Sampelpenelitiandiambildenganteknikclusterrandomsampling.Satukelasterdiriatas32siswayangdibelajarkanProblemSolvingdankelaslainyangterdiriatas32siswadibelajarkandenganProblemPosing.Datapenelitianberupahasilbelajarpemahamandanhasilbelajartingkattinggisiswayangdikumpulkanmenggunakan14soalpilihangandadenganvalidasiisisebesar961%dan5soalessaidenganvalidasiisisebesar94%.PengukuranreliabilitassoaldiperolehdarirumusCronbachsAlphadengannilai071untuksoalpilihangandadan070untuksoalessai.AnalisisdatamenggunakanujiANOVATwoWays.Hasilpenelitianpadamaterikelarutandanhasilkalikelarutanmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanhasilbelajarpemahamansiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing.HasilbelajarpemahamankelasProblemPosinglebihtinggidibandingkandengankelasProblemSolving(2)adaperbedaanhasilbelajarpemahamansiswadengankemampuanawalberbeda.Hasilbelajarpemahamansiswaberkemampuanawaltinggilebihbaikdibandingkansiswaberkemampuanawalrendah(3)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajarpemahamansiswa(4)adaperbedaanhasilbelajartingkattinggisiswayangdibelajarkandenganmodelProblemSolvingdanProblemPosing.HasilbelajartingkattinggikelasProblemPosinglebihtinggidibandingkankelasProblemSolving(5)adaperbedaanhasilbelajartingkattinggisiswadengankemampuanawalberbeda.Hasilbelajartingkattinggisiswaberkemampuanawaltinggilebihbaikdibandingkansiswaberkemampuanawalrendah(6)Tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandengankemampuanawalterhadaphasilbelajartingkattinggisiswa.