Pengaruh model dinamik dan statik pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman mikroskopik, simbolik dan mikroskopik materi larutan elektrolit dan reaksi redoks siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Indah Langitasari

Main Author: Langitasari, Indah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/60052/
Daftar Isi:
  • LangitasariIndah.2014.PengaruhModelDinamikdanStatikpadaPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapPemahamanMakroskopikSimbolikdanMikroskopikMateriLarutanElektrolitdanReaksiRedoksSiswaKelasXSMALaboratoriumUM.TesisJurusanPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.H.EffendyM.PdPh.D.(2)Dr.FauziatulFajarohM.S.Kata-katakuncimodeldinamikmodelstatikinkuiriterbimbingpemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopikPemahamanyangutuhterhadapmaterilarutanelektrolitdanreaksiredoksmenuntutsiswamelibatkantigatingkatrepresentasiyaitumakroskopiksimbolikdanmikroskopikdalammempelajarikeduamateritersebut.Selamainipembelajaranlarutanelektrolitdanreaksiredoksdisekolahumumnyahanyamenekankanpadarepresentasimakroskopikdansimboliksedangkanrepresentasimikroskopikcenderungdiabaikan.Haltersebutmenyebabkansiswakesulitandalammengkonstrukkonsep-konseplarutanelektrolitdanreaksiredoksyangsebagianbesarmerupakankonsep-konsepyangbersifatabstrak.Pembelajaraninkuiriterbimbingdenganmodeldinamikdanstatikmerupakansalahsatuinovasidalampembelajarankimiayangdapatmembantusiswadalammemahamikonsep-konsepkimiapadatingkatmakroskopiksimbolikdanmikroskopik.Penelitianinibertujuanuntukmengujidanmenjelaskanperbedaantingkatpemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswayangdiajarmelaluipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmodeldinamikdansiswayangdiajarmelaluipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmodelstatikpadamaterilarutanelektrolitdanreaksiredoks.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimentalsemu.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendeskripsikanpemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswapadamaterilarutanelektrolitdanreaksiredokssedangkanrancanganpenelitianeksperimentalsemudigunakanuntukmengujiefekpenggunaanmodeldinamikdanstatikpadapembelajaraninkuiriterbimbingterhadappemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswa.Modeldinamikberupavideoanimasidanmodelstatikberupagambarstatikpadaslide-slidepowerpoint.Hasilvalidasiisivideoanimasisebesar939%.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMALaboratoriumUMtahunpelajaran2012/2013yangterdiridariduakelasyanghomogen.Datapenelitianberupapemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswapadamaterilarutanelektrolitdanreaksiredoksyangdiukurdenganmenggunakaninstrumentesyangmeliputi(1)tesmakroskopikberupapenyimpulanhasilpercobaanlarutanelektrolitdanreaksiredoks(2)tessimbolikberupapenulisanpersamaanreaksipelarutanpenentuanspesi-spesidalamlarutanpenulisanpersamaanreaksiredokspenentuanbilanganoksidasisertapenentuanoksidatordanreduktordan(3)tesmikroskopikberupagambaranmikroskopiklarutangambaranmikroskopikproseshantaranlistriklarutandangambaranmikroskopikreaksiredoks.Hasilvalidasiisiketigajenisinstrumentersebutolehtigavalidatorsebesar950%danberdasarkanhasilujicobainstrumendiperolehreliabilitassoal-soaltes(1)makroskopiklarutanelektrolitsebesar098(2)makroskopikreaksiredokssebesar091(3)simboliklarutanelektrolitsebesar079(4)penulisanpersamaanreaksiredokssebesar084(5)penentuanbilanganoksidasisebesar088(6)penentuanoksidatordanreduktorsebesar061(7)gambaranmikroskopiklarutanelektrolitdannonelektrolitsebesar065(8)gambaranmikroskopikhantaranlistriklarutansebesar068dan(9)gambaranmikroskopikreaksiredokssebesar083.Datapenelitiandianalisissecaradeskriptifdandenganujistatistikmenggunakanmanova.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemahamanmakroskopiksiswayangdiajardenganinkuiriterbimbingberbantuanmodeldinamikrelatifsamadenganyangberbantuanmodelstatiksedangkanpemahamansimbolikdanmikroskopiksiswayangdiajardenganinkuiriterbimbingberbantuanmodeldinamiklebihtinggidibandingkandenganyangberbantuanmodelstatik.Implikasidaripenelitianiniadalahpembelajarankimiadenganmelibatkanmodeldinamiksepertianimasiyangmenyajikanprosesdanreaksikimiapadalevelmakroksopiksimbolikdanmikroskopikdapatmembantusiswamengkonstrukkonsep-konsepkimiadenganlebihmudahsehinggamendapatkanpemahamanyangutuh.