Pengaruh model dinamik dan statik pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman mikroskopik, simbolik dan mikroskopik materi larutan elektrolit dan reaksi redoks siswa kelas X SMA Laboratorium UM / Indah Langitasari
Main Author: | Langitasari, Indah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60052/ |
Daftar Isi:
- LangitasariIndah.2014.PengaruhModelDinamikdanStatikpadaPembelajaranInkuiriTerbimbingterhadapPemahamanMakroskopikSimbolikdanMikroskopikMateriLarutanElektrolitdanReaksiRedoksSiswaKelasXSMALaboratoriumUM.TesisJurusanPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.H.EffendyM.PdPh.D.(2)Dr.FauziatulFajarohM.S.Kata-katakuncimodeldinamikmodelstatikinkuiriterbimbingpemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopikPemahamanyangutuhterhadapmaterilarutanelektrolitdanreaksiredoksmenuntutsiswamelibatkantigatingkatrepresentasiyaitumakroskopiksimbolikdanmikroskopikdalammempelajarikeduamateritersebut.Selamainipembelajaranlarutanelektrolitdanreaksiredoksdisekolahumumnyahanyamenekankanpadarepresentasimakroskopikdansimboliksedangkanrepresentasimikroskopikcenderungdiabaikan.Haltersebutmenyebabkansiswakesulitandalammengkonstrukkonsep-konseplarutanelektrolitdanreaksiredoksyangsebagianbesarmerupakankonsep-konsepyangbersifatabstrak.Pembelajaraninkuiriterbimbingdenganmodeldinamikdanstatikmerupakansalahsatuinovasidalampembelajarankimiayangdapatmembantusiswadalammemahamikonsep-konsepkimiapadatingkatmakroskopiksimbolikdanmikroskopik.Penelitianinibertujuanuntukmengujidanmenjelaskanperbedaantingkatpemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswayangdiajarmelaluipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmodeldinamikdansiswayangdiajarmelaluipembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanmodelstatikpadamaterilarutanelektrolitdanreaksiredoks.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifdaneksperimentalsemu.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendeskripsikanpemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswapadamaterilarutanelektrolitdanreaksiredokssedangkanrancanganpenelitianeksperimentalsemudigunakanuntukmengujiefekpenggunaanmodeldinamikdanstatikpadapembelajaraninkuiriterbimbingterhadappemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswa.Modeldinamikberupavideoanimasidanmodelstatikberupagambarstatikpadaslide-slidepowerpoint.Hasilvalidasiisivideoanimasisebesar939%.SubyekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXSMALaboratoriumUMtahunpelajaran2012/2013yangterdiridariduakelasyanghomogen.Datapenelitianberupapemahamanmakroskopiksimbolikdanmikroskopiksiswapadamaterilarutanelektrolitdanreaksiredoksyangdiukurdenganmenggunakaninstrumentesyangmeliputi(1)tesmakroskopikberupapenyimpulanhasilpercobaanlarutanelektrolitdanreaksiredoks(2)tessimbolikberupapenulisanpersamaanreaksipelarutanpenentuanspesi-spesidalamlarutanpenulisanpersamaanreaksiredokspenentuanbilanganoksidasisertapenentuanoksidatordanreduktordan(3)tesmikroskopikberupagambaranmikroskopiklarutangambaranmikroskopikproseshantaranlistriklarutandangambaranmikroskopikreaksiredoks.Hasilvalidasiisiketigajenisinstrumentersebutolehtigavalidatorsebesar950%danberdasarkanhasilujicobainstrumendiperolehreliabilitassoal-soaltes(1)makroskopiklarutanelektrolitsebesar098(2)makroskopikreaksiredokssebesar091(3)simboliklarutanelektrolitsebesar079(4)penulisanpersamaanreaksiredokssebesar084(5)penentuanbilanganoksidasisebesar088(6)penentuanoksidatordanreduktorsebesar061(7)gambaranmikroskopiklarutanelektrolitdannonelektrolitsebesar065(8)gambaranmikroskopikhantaranlistriklarutansebesar068dan(9)gambaranmikroskopikreaksiredokssebesar083.Datapenelitiandianalisissecaradeskriptifdandenganujistatistikmenggunakanmanova.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapemahamanmakroskopiksiswayangdiajardenganinkuiriterbimbingberbantuanmodeldinamikrelatifsamadenganyangberbantuanmodelstatiksedangkanpemahamansimbolikdanmikroskopiksiswayangdiajardenganinkuiriterbimbingberbantuanmodeldinamiklebihtinggidibandingkandenganyangberbantuanmodelstatik.Implikasidaripenelitianiniadalahpembelajarankimiadenganmelibatkanmodeldinamiksepertianimasiyangmenyajikanprosesdanreaksikimiapadalevelmakroksopiksimbolikdanmikroskopikdapatmembantusiswamengkonstrukkonsep-konsepkimiadenganlebihmudahsehinggamendapatkanpemahamanyangutuh.