Pengaruh pendekatan inkuiri terbimbing dipadu dengan diagram alir terhadap kualitas proses belajar, prestasi belajar, dan persepsi siswa SMA Islam Malang pada topik kesetimbangan kimia / Pahriah

Main Author: Pahriah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/60034/
Daftar Isi:
  • ProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.SurjaniWonorahardjoPh.D.(II)Prof.Drs.H.EffendyM.Pd.Ph.D.Katakunciinkuiriterbimbingdiagramalirkualitasprosesbelajarhasilbelajarpersepsisiswa.KesetimbangankimiaadalahsalahsatutopikyangdipelajaridikelasXIjurusanIPASMA/MA.Topikiniterdiridariberbagaikonsepabstraksepertikeadaansetimbangkesetimbangandinamisdanpergeserankesetimbanganyangcenderungtidakmudahdipahamiolehsiswa.Kondisiinimembuatsiswamerasakesulitanmemahamitopikkesetimbangankimia.Permasalahaninibisadiatasidenganmenerapkanpendekataninkuiriterbimbing.Dalampendekataninisiswaharusmenemukankonsepdenganmenganalisadatayangdiperolehdarieksperimenlaboratoriumataudiberikanolehguru.Persiapandanpengorganisasianprosesbelajaryangmatangmenjadifaktorpenentudalammenerapkanpendekataninkuiriterbimbing.Salahsatucaramengorganisasiinkuiriterbimbingdengantepatadalahdenganmenggunakandiagramalir.Diagramalirakanmemaksimalkanpersiapansiswasebelummelakukaninkuiri.Tujuanpenelitianadalahuntukmembandingkan(1)kualitasprosesbelajardalampengajarantopikkesetimbangankimiamenggunakanpendekataninkuiriterbimbingyangdipadudengandantanpadiagramalir(2)prestasibelajarsiswadalampengajarantopikkesetimbangankimiadenganmenggunakanpendekataninkuiriterbimbingyangdipadudengandantanpadiagramalirdan(3)persepsisiswatentangpenerapanpendekataninkuiriterbimbingyangdipadudengandantanpadiagramalir.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifdaneksperimensemu.Rancangandeskriptifdigunakanuntukmenjelaskankualitasprosesbelajardanpersepsisiswamengenaipendekatanyangdigunakan.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmembandingkanefekkeduapendekatanpengajaranterhadaphasilbelajarkognitif.SubjekpenelitianterdiridariduakelassiswaXIjurusanIPASMAIslampadatahunajaran2010/2011.Satukelasmenjadisubjekpenerapanprosesbelajardenganmenggunakanpendekataninkuiriterbimbingyangdipadudengandiagramalirsedangkankelassatunyamenjadisubjekpenerapanprosesbelajartanpadiagramalir.Datapenelitianterdiridarikualitasprosesbelajarhasilbelajarsiswa(terdiridariaspekkognitifafektifdanpsikomotor)danpersepsisiswamengenaipendekatanyangditerapkan.Semuadatakecualihasilbelajarkognitifdanpersepsisiswadikumpulkanberdasarkanobservasi.Hasilbelajarkognitifsiswadikumpulkandenganmenggunakantespilihangandayangterdiridari28itemdenganvaliditasisi92%danreliabilitaskoefisienyangdihitungdenganmenggunakanrumusKR-20sebesar087.Datatentangpersepsisiswadikumpulkandenganmenggunakanangket.Berikutiniadalahhasilpenelitian.Pertamakualitasprosesbelajarbaikpadainkuiriterbimbingyangdipadudengandantanpadiagramalirbisadianggapbagus.Keduapendekataninkuiriterbimbingyangdipadudengandiagramalirmemberikanhasilbelajarkognitifsiswayanglebihbaikdibandingkandenganpendekataninkuiriterbimbingtanpadiagramalir.Ketigapersepsisiswaterhadappendekataninkuiriterbimbingyangdipadudengandiagramalirlebihpositifdibandingkandenganpendekataninkuiriterbimbingtanpadiagramalir.