Pengaruh modalitas belajar terhadap hasil belajar stoikiometri siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Kauman Ponoroga dalam pembelajaran problem posing-learning cycle tiga fase / Norainny Yunitasari
Main Author: | Yunitasari, Norainny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60029/ |
Daftar Isi:
- Katakunciproblemposing-learningcycletigafasemodalitasbelajarstoikiometrihasilbelajarkualitasprosespembelajaran.Stoikiometrimerupakantopikkimiayangmembahastentanghubungankuantitatifsuatuzatdarisuatusatuanmenjadisatuanyanglain.Hubungankuantitatifjugaterjadiantarazat-zatyangterlibatdalampersamaanreaksi.Kemampuanberpikirproporsionaldankorelasionaldiperlukandalammempelajaristoikiometridenganbaik.KemampuanberpikirinidimilikiolehsiswayangmencapaitingkatberpikirformalditinjaudariteoriperkembanganintelekPiaget.Kemampuanberpikirinimungkinmeningkatketikasiswamenerimarangsanganyangcukupberkualitasselamaprosespembelajaran.Penerapandarilearningcycletigafasemungkinmemberikanrangsanganyangcukupberkualitasselamafaseeksplorasipengenalankonsepdanaplikasikonsep.Frekuensidankualitasdarirangsanganmungkinmeningkatjikaproblemposingdikenalkanditahapketigadarilearningcycletigafase.Modalitasbelajarmungkinjugamempengaruhifrekuensidankualitasdarimunculnyarangsanganselamaprosespembelajaran.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenentukanpengaruhmodalitasbelajarterhadaphasilbelajardankualitasprosespembelajarandarikelasyangterlibatdalampembelajaranproblemposing-learningcycletigafasepadatopikstoikiometri.Penelitianeksperimensemuinimenggunakanposttestonlydesign.Populasipenelitianadalahsiswakelas10SMANegeri1KaumanPonorogo.Subyekpenelitianadalahduakelasyangmasing-masingterdiridari22siswa.Satukelasdiperlakukandenganpembelajaranproblemposing-learningcycletigafasedenganmemperhatikanmodalitasbelajarkelasyanglaindiperlakukandenganpembelajaranproblemposing-learningcycletigafasetanpamemperhatikanmodalitasbelajar.Datapenelitianadalahhasilbelajarkognitifdankualitasdariprosespembelajaran.Datayangpertamadikumpulkandenganmenggunakantigajenistesobyektifyangterdiridari20soal(11soalpilihanganda5soalassertion-reasonquestionsdan4soalmerupakanmatchingquestions)denganvaliditasisisebesar88%dankoeffisienreliabilitasdihitungmenggunakanSPSS16forwindowssebesar0612.Dataselanjutnyadikumpulkanmenggunakanlembarobservasi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)hasilbelajarkognitifdarikelasyangmelibatkanproblemposing-learningcycletigafasedenganmemperhatikanmodalitasbelajarlebihtinggidibandingkandenganyangtanpamemperhatikanmodalitasbelajardan(2)kualitasprosespembelajarandarikelasyangmelibatkanproblemposing-learningcycletigafasedenganmemperhatikanmodalitasbelajarlebihbaikdibandingkandenganyangtanpamemperhatikanmodalitasbelajar.