Pengaruh model pembelajaran kooperatif stad dengan diagram vee terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis gram kelas XI IPA SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar / Dewi Suryantina

Main Author: Suryantina, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/60019/
Daftar Isi:
  • KataKuncimodelpembelajarankooperatifSTAD(StudentTeamsAchievementDivisions)diagramVeehasilbelajarkonstruktivisme.HidrolisisgarammerupakansalahsatumaterikimiayangdiberikanpadasiswaSekolahMenengahAtas(SMA).Materihidrolisisgarambanyakmelibatkankonsepprinsipteorikerjailmiahsertaperhitungansecaramatematissehinggasiswamengalamikesulitandalammenghubungkanteoridengankerjailmiahyangdilakukandilaboratorium.PenerapanpembelajarankooperatifSTADdengandiagramVeedidugaakanmempermudahsiswadalammempelajarimaterihidrolisisgaramkarenapadabagiankiribentukVsiswadilibatkanuntukmengisisendirikonsepteoridanjugaprosedurkerjasertaalatdanbahanyangakandigunakanpadasaatmelakukanpraktikumsesuaidenganpertanyaanfokusnya.DisampingitupembelajarankooperatifSTADyangdirangkaikandenganpembelajaranpraktikummenggunakandiagramVeeinididugalebihefektif.Penelitianinibertujuanuntuk1)mengetahuiperbedaanhasilbelajarsiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifSTADmenggunakandiagramVeedansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifSTADpadamaterihidrolisisgaram2)mengetahuipersepsisiswaterhadappenerapanmodelpembelajarankooperatifSTADdengandiagramVeedanpersepsisiswaterhadapmodelpembelajarankooperatifSTADtanpadiagramVeepadamaterihidrolisisgaram.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifdaneksperimensemu.SampeldalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1KruengBaronaJayaKabupatenAcehBesartahunajaran2010/2011sebanyakduakelas.KelaseksperimendibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifSTADdengandiagramVeedankelaskontroldibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifSTADtanpadiagramVeedankeduamodelpembelajaraninimerupakanvariabelbebassedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilbelajarsiswa.Datahasilpenelitianmerupakandatahasilbelajardanpersepsisiswaterhadapmodelpembelajaranyangdiberikanpadamasing-masingkelas.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakana)lembarobservasimeliputikeaktifanindividudankelompokyangdigunakanuntukmengetahuiaspekafektifdanaspekpsikomotordapatdiketahuimelaluiobservasikinerjasiswadilaboratoriumb)postesuntukmelihataspekkognitifsiswasetelahdilakukanpembelajaranmaterihidrolisisgaramyangterdiridari20soaldenganvaliditasisi88%danc)angketyangdigunakanuntukmengetahuipersepsisiswaterhadapmodelpembelajaran.Datayangdiperolehdianalisissecaradeskriptifuntukmenentukanpersepsisiswadanstatistikuntukmenentukanreliabilitas0888danhasilbelajarsiswadianalisisdenganujitmenggunakanSPSS16forWindows.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa1)adaperbedaanhasilbelajarsiswaantarayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifSTADdengandiagramVeelebihtinggidibandingkansiswayangdibelajarkandenganmodelpembelajarankooperatifSTADtanpadiagramVeepadamaterihidrolisisgaramdenganrata-ratahasilbelajarsiswa8433kelaseksperimendan7645kelaskontrol2)persepsisiswaterhadapmodelpembelajarankooperatifSTADdengandiagramVeelebihtinggiyaitu7010%dibandingkanterhadapmodelpembelajarankooperatifSTADyaitu6422%padamaterihidrolisisgaram.OlehkarenaitumodelpembelajarankooperatifSTADdengandiagramVeepadamaterihidrolisisgaraminidapatmembantusiswadalammelakukankegiatanpraktikumdilaboratoriumkarenasebelumnyamerekasudahmengetahuidanmerancangsendiriprosedurkerjayangakandilakukandilaboratoriumdalambentukdiagramVeesertamembantudalammemahamikonsep/teoridengancaraberdiskusibersamakelompokkooperatifSTAD.