Keefektifan pembelajaran kooperatif model TGT dengan menggunakan media animasi program flash diukur dengan proses dan hasil belajar kimia pada pokok bahasan elektrokimia siswa kelas XI SMK Negeri 1 Singosari / Khaeruman
Main Author: | Khaeruman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60015/ |
Daftar Isi:
- TesisProgramStudiPendidikanKimiaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.H.SuhadiIbnuM.A.Ph.D(2)Dr.H.SubandiM.SiKatakunciTeamgameturnamenmediaanimasiprestasibelajarpersepsisiswaelektrokimia.Elektrokimiamerupakansuatutopikyangdianggapsulitolehsiswadanguru.Topikiniterdiridarikonsep-konsepyangabstraksepertikonsepoksidasidanreduksidanperhitunganmatematiksepertiperhitungantentangmassakatodepadaselelektrolisis.Kesulitan-kesulitansiswadalammempelajarielektrokimiamungkindapatdiatasidengananimasi.Denganmengamatianimasisiswaakanlebihmudahuntukmemahamikonsepyangabstrak.Halinicenderungmemberikanprestasibelajarsiswamenjadilebihbaikpadamateristokiometri.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmenentukan(1)KualitasprosespembelajaranelektrokimiamenggunakanmodelpembelajarankooperatifTeamsGamesTournament(TGT)dikombinasikandengananimasiTGTsajadanpaduanpembelajarankonvensionaldengananimasi(2)perbedaanhasilbelajarsiswadaritigamodelpembelajaranyangditerapkandan(3)persepsisiswatentangpenerapanmodelpembelajarantersebut.Penelitianinimenggunakanrancanganeksperimensemu.SampelpenelitianterdiridaritigakelompoksiswadiSMKNegeri1Singosari.KelompokpertamadilibatkandalampembelajaranelektrokimiamenggunakanTGTdananimasi.KelompokkeduadilibatkandalampembelajaranelektrokimiamenggunakanTGTsaja.Kelompokketigadilibatkandalampembelajaranelektrokimiamenggunakanpaduankonvensionaldananimasi.Instrumenpenelitianterdiriatasteshasilbelajarlembarobservasidanangket.Teshasilbelajarsiswaterdiridari30soaldenganvaliditasisi965dankoefisienreliabilitastesdihitungdenganrumusCorrelationProductMomentsebesar100.Observasidilakukanuntukmengetahuikualitasprosespembelajarandanangketuntukmengetahuipersepsisiswaterhadapmodelpembelajaranyangditerapkan.DatatentanghasilbelajarsiswadianalisismenggunakanANOVAdilanjutkandenganujiTukeyHSD.Datahasilobservasiketerlaksanaanpembelajarandianalisissecaradeskriptif.Darihasilpenelitiandiperoleh.(1)KualitasprosespembelajaranelektrokimiamenggunakanpaduanTGTdananimasimenunjukkanhasilyanglebihbaikbiladibandingkandenganpaduankonvensionaldananimasidibandingkandenganpembelajaranTGTsaja.(2)hasilbelajarsiswapadapembelajaranelektrokimiamenggunakanpaduanTGTdananimasilebihbaikdibandingkandenganpaduanpembelajarankonvensionaldananimasisertabiladibandingkanpuladenganhasilbelajarsiswadenganTGTsaja.(3)Siswamemilikipersepsipositifterhadapketigajenismodelpembelajaranyangditerapkan.PersepsipositifterhadappaduanpembelajaranTGTdananimasiadalahyangtertinggidisusulolehpenerapanpembelajarankonvensionaldananimasikemudianpembelajaranTGTsaja.BerdasarkanhasilpenelitianinidisarankanuntukmenerapkanpaduanpembelajaranTGTdananimasidalammempelajarielektrokimia.