Identifikasi kesalahan konsep pada materi laju reaksi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pagak dan perbaikannya menggunakan strategi konflik kognitif / Dhamas Mega Amarlita
Main Author: | Amarlita, Dhamas Mega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59999/ |
Daftar Isi:
- KatakuncikesalahankonseplajureaksistrategikonflikkognitifIlmukimiamempunyaitingkatkesulitanyangtinggikarenakonsep-konsepdalamkimiabersifatabstrakmerupakanpenyederhanaandarikeadaansebenarnyadansifatnyaberurutan.SalahsatumaterikimiayangdiajarkandiSMAadalahlajureaksi.Kesulitandalammemahamikonsep-konsepdalammaterilajureaksidapatmenyebabkanterjadinyakesalahanpemahaman.Pemahamansalahyangterjadisecarakonsistendisebutdengankesalahankonsep(misconseption).Salahsatuupayauntukmemperbaikikesalahankonsepadalahdenganmenggunakanstrategikonflikkognitif.Tujuandaripenelitianiniadalahuntuk(1)mengidentifikasidanmemaparkanjenis-jeniskesalahankonsepmaterilajureaksiyangterjadipadasiswakelasXIIPA(2)mengidentifikasidanmemaparkansumber-sumberpenyebabkesalahankonsepmaterilajureaksiyangterjadipadasiswakelasXIIPA(3)mengidentifikasikeefektifanstrategikonflikkognitifdalammemperbaikikesalahankonsepmaterilajureaksiyangterjadipadasiswakelasXIIPAdan(4)mengidentifikasiadanyapersistensikesalahankonsepmaterilajureaksiyangterjadipadasiswakelasXIIPA.Penelitianinimenggunakanrancangandeskriptifdanpraeksperimen.Rancangandeskriptifdigunakanuntukmengidentifikasikesalahankonsepsumberpenyebabterjadinyakesalahankonsepdanpersistensikesalahankonsep.Rancanganpenelitianpraeksperimendigunakanuntukmengetahuikeefektifanstrategikonflikkognitifdalammemperbaikikesalahankonsepsiswa.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXIIPASMANegeri1Pagaktahunpelajaran2009/2010yangterdiridari27siswa.Instrumenpenelitianberupatespilihangandadenganempatpilihanjawabandanteswawancara.Tespilihangandamemilikivaliditasisisebesar957%dankoefisienreliabilitastesdihitungdenganmenggunakankorelasiproductmomentsebesar097.Urutanlangkah-langkahdalampenelitianadalah(1)pretesdilanjutkandenganwawancara(2)pembelajaranstrategikonflikkognitif(3)postesdanwawancara(4)tespersistensiyangdilakukansetelahselangwaktuduaminggu.Datayangdiperolehanalisisdenganmenggunakanpairedsamplet-testdananalisisdeskriptif.Kesalahankonsepditetapkanberdasarkanjawabansalahsiswapadasaattestulisdanwawancara.Persistensikesalahankonsepsiswadianalisisberdasarkansiswayangmengalamikesalahankonsepsecarakonsistenyaitumengalamikesalahankonseppadasaatpretespostesdantespersistensi.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)jeniskesalahankonsepsiswapadamaterilajureaksidiantanyaadalah(a)denganbertambahnyawaktureaksijumlahreaktansemakinberkurangtetapilajureaksisemakinmeningkat(815%)(b)PadareaksiAB61614CjikapereaksiBberlebihmakapadaakhirreaksipereaksiBakanmendekatinolatauakanhabis(63%)(c)lajureaksirata-ratamerupakanperbandinganantaraperbedaankonsentrasiprodukpadasaatawaldanakhirreaksidenganwaktureaksi(963%)(d)ordereaksiditentukanolehsemuareaktanbesertakoefisienreaksinya(667%)(e)tumbukandenganorientasiyangtepathanyaterjadiantaraatom-atomyangsama(100%)(f)lajureaksimeningkatdenganbertambahnyaukuranpereaksi(667%)(g)kenaikansuhuakanmeningkatkanenergiaktivasidanlajureaksi(778%)dan(h)katalisdapatmeningkatkanenergiaktivasidanmeningkatkanlajureaksi(63%).(2)Kemungkinansumberkesalahankonseppadasiswaadalahkuranglengkapnyapenjelasantentangmaterilajureaksipadabukupelajarankimiasiswadantidakakuratnyapemahamangurutentangmateritersebut(3)strategikonflikkognitifadalahefektifdalammemperbaikikesalahankonsepsiswapadamaterilajureaksi.(4)Setelahduaminggupersistensikesalahankonsepterjadipada148%siswadantermasukdalamkategorisangatrendah.