Analisis kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep mahasiswa pada topik grafik kinematika satu dimensi dengan pembelajaran collaborative socratic questioning disertai web based formative assessment / Intan Ekananda Kirana

Main Author: Kirana, Intan Ekananda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/59955/
Daftar Isi:
  • viRINGKASANKiranaIntanEkananda.2019.AnalisisKemampuanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepMahasiswapadaTopikGrafikKinematikaSatuDimensidenganPembelajaranCollaborativeSocraticQuestioningdisertaiWebBasedFormativeAssessment.TesisProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SentotKusairiM.Si.(2)Dr.SitiZulaikahM.Si.Katakuncikemampuanberpikirkritispenguasaankonsepgrafikkinematikasatudimensicollaborativesocraticquestioningwebbasedformativeassessment.KemampuanberpikirkritisadalahsalahsatuelemenpentingbagipesertadidikdiAbad21.Keterampilanberpikirkritisperludikembangkandalamdirisiswaagarsiswadapatlebihmudahmemahamikonsep.Rendahnyakemampuanberpikirkritismengakibatkankesulitansiswadalammenguasaikonsepfisika.Banyakkesulitansiswayangditemukanpadatopikgrafikkinematika.Berbagaiusahadilakukanuntukmengatasikesulitantersebutdiantaranyamendorongsiswamelakukanaktivitasdilaboratoriumfisikapendekatanmultirepresentasitutorkomputermenggunakanvideodigitaltetanggerakdanmodelkomputasi.CollaborativeSocraticQuestioningmerupakanstrategipembelajarandigunakanuntukmeningkatkanpemahamandanmenstimulasiberpikirkritissiswa.Penilaianformatifonlineyanginteraktifdapatmeningkatkanpengalamanbelajarsiswasecarakeseluruhan.PenelitianinibertujuanmenganalisiskemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepmahasiswapadatopikgrafikkinematikasatudimensidenganPembelajaranCollaborativeSocraticQuestioningdisertaiWeb-basedFormativeAssessment.Penelitiandilakukandenganmenggunakanmixedmethodsdengandesainembeddedexperimental.Subjekpenelitianterdiridari32mahasiswaSemesterIProgramStudiIPAUniversitasNegeriMalangyangmenempuhMataKuliahFisikaDasarI.Datakuantitatifkemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepdiperolehdaripre-testdanpost-testyangmemanfaatkanviitesuraiandanpilihangandadenganalasan.Datakualitatifdiperolehdariangketaktivitaspembelajarandikelasalasanjawabansiswae-learningdanwawancara.KemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepmahasiswaterhadapgrafikkinematikasatudimensisebelumpembelajaranmemilikiperingkathurufDdengannilairata-ratakemampuanberpikirkritis3105dannilairata-ratapenguasaankonsep2547denganrentangnilai0hingga100.KemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepmahasiswaterhadapgrafikkinematikasatudimensisetelahpembelajaranberadapadakategorisedangdenganperingkathurufCdengannilairata-ratakemampuanberpikirkritis4697dannilairata-ratapenguasaankonsep4517denganrentangnilai0hingga100.BerdasarkannilaiN-gainkemampuanberpikirkritis(023)danN-gainpenguasaankonsep(026)terlihatbahwapembelajarancollaborativesocraticquestioningdisertaiweb-basedformativeassessmentmenghasilkanpeningkatankemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonseppadakategorirendah.Sementaraberdasarkannilaid-effectsizekemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsep(141)pembelajaranmemilikipengaruhyangkuatterhadapkemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepgrafikkinematikamahasiswa.Meskipundemikianmasihditemukanbeberapakesulitanmahasiswadiantaranyadalammenentukankecepatansesaatdarigrafiklengkunghubunganposisiwaktudanmenentukanluasareadibawahgrafik.Pembelajaranperluditekankanpadacaramenentukanluasdaerahdibawahgrafikdengantanyajawabyanglebihintensifdanmendalamsertaperbanyaksoallatihanyangdapatdigunakansiswabelajardalame-learning.Selainitudiperlukansoalyanglebihbanyakmengenaigrafiklengkungyangmenuntutmahasiswamenentukankecepatansesaatdanpercepatansesaat.Mahasiswaperludiberiwaktuyanglebihbanyakuntukberpikirdanmemahamikonsepgrafikkinematika.Pengajarharusmendampingidanberperanaktifsaatdiskusionlineagartanyajawabselarasdenganpersoalanyangmuncul.Pemberianrankingpadasetiapkuismemberikanmotivasilebihuntuksiswa.Penelitianinitentumemerlukanpenelitianlebihlanjutuntukmeningkatkankemampuanmahasiswakhususnyapadabidangfisika.