Pendekatan Conceptual Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran modeling untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada teorema impuls dan momentum / Shoufie Nur Aini

Main Author: Aini, Shoufie Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/59943/
Daftar Isi:
  • RINGKASANAiniShoufieNur.2018.PendekatanConceptualProblemSolving(CPS)dalamPembelajaranModelinguntukMeningkatkanPenguasaanKonsepdanKemampuanPemecahanMasalahSiswapadaTeoremaImpulsdanMomentum.Tesis.ProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SutopoM.Si.(2)Dr.SunaryonoM.Si.KataKunciConceptualProblemSolvingPembelajaranModelingPenguasaanKonsepKemampuanPemecahanMasalahTeoremaImpulsdanMomentumPenelitianinibertujuanuntukmengetahuiefekpembelajaranmodelingdenganpendekatanConceptualProblemSolving(CPS)terhadappenguasaankonsepdankemampuanpemecahanmasalahsiswa.Selainitupenelitianinijugabertujuanuntukmengetahuikesulitan-kesulitanyangmasihdialamisiswasetelahpembelajaranmodelingdenganpendekatanCPS.Metodeyangdilakukanpadapenelitianiniadalahmixmethodedengandesainembededexperimentalmodel.SubjekpenelitianadalahsiswakelasXSMANegeri1Sumeneptahunpelajaran2017/2018.Subjekpenelitiansebanyak52siswayangterbagipadaduakelasXjurusanIPA.InstrumenpenelitianyangdigunakanadalahperangkatpembelajaranyangterdiridariRPPdanLKSsedangkaninsrumenpengukuranyangdigunakanadalah15soalpilihangandauntukmengukurpenguasaankonsepdan1soaluraianuntukmengukurkemampuanpemecahanmasalahsiswasertalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran.Analisisdatamenggunakanujitberpasangan(pairedttest)untukmengetahuiperbedaanskorsiswasebelumdansetelahpembelajaranmenghitungnilaigainuntukmengetahuipeningkatanskorsiswadanmenghitungd-effectsizeuntukmengetahuiseberapabesarefekpembelajaranterhadapkenaikanskorsiswa.HasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanpenguasaankonsepsiswasebelumdansetelahpembelajaranmodelingdenganpendekatanCPS.Haliniditunjukkandengannilaisignifikansipadaujitsebesar000