Pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa materi fluida statis di SMA Negeri 3 Kediri / Utari Dwi Putri
Main Author: | Putri, Utari Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59910/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANPutriUtariDwi.2018.PengaruhThinkingMapsPadaPembelajaranGuidedInquiryLabTerhadapPenguasaanKonsepdanKemampuanBerpikirKritisSiswaMateriFluidaStatisdiSMANegeri3Kediri.TesisJurusanPendidikanFisikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.ParnoM.Si.(2)Dr.EdiSuprianaM.Si.KataKuncithinkingmapsguidedinquirylabpenguasaankonsepkemampuanberpikirkritissiswafluidastatisMaterifluidastatismerupakansalahsatumateriyangberkaitandalamkehidupansehari-hari.Denganmempelajarifluidastatissiswadiharapkanberpikirmenemukansolusidanmemecahkanmasalahberdasarkanteoridankonsep.Namunbeberapapenelitianmenemukanmasihbanyaksiswamengalamikesulitandalammempelajarimaterifluidastatis.Kesulitantersebutdisebabkankarenasiswakurangdilibatkandalamkegiatanpembelajaran.Selainitumateriyangabstrakberpengaruhterhadappenguasaankonsepsiswa.Rendahnyapenguasaankonsepsiswamempengaruhikemampuanberpikirkritissiswadalammemecahkanmasalah.Penelitianinibertujuanuntukmengukurpenguasaankonsepdankemampuanberpikirkritissiswayangbelajardenganthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabdansiswayangbelajardenganguidedinquirylabsertauntukmengetahuipengaruhthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylab.Penelitianinimenggunakandesainquasiexperimentdenganrancanganpenelitianpretestposttestcontrolgroupdesign.Teknikpengambilansampelpadapenelitianiniadalahclustersamplingdandipilihduakelasyaitukelaseksperimendankelaskontrol.Kelaseksperimenmenggunakanthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabdankelaskontrolmenggunakanpembelajaranguidedinquirylab.Instrumentespenguasaankonsepberjumlah10soalpilihangandadenganreliabilitas067danteskemampuanberpikirkritisberjumlah5soaluraiandenganreliabilitas071.Analisisdatamenggunakanujimanovasatujalurdanujikorelasi.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanantarapenguasaankonsepdankemampuanberpikirkritissiswayangbelajardenganthinkingmapspadaguidedinquirylabdansiswayangbelajardenganguidedinquirylab.Halinidilihatdarinilaisignifikansiyangdiperoleh002005.Hasilpenelitianjugamenunjukkanterdapatpengaruhthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabyangdilihatdarinilairata-rata.Sarandaripenelitianadalahagarlebihmemaksimalkanpenggunaanthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabpadasaatdiskusikelompoksertamengarahkansiswaagardalammemilihthinkingmapstidakhanyafokuspadasatujenisthinkingmapsyangsamadengansiswayanglain.Dalampenerapannyaperlumemperhatikanpembagianwaktukarenapembelajaraninimembutuhkanwaktuyanglama.