Pengaruh thinking maps pada pembelajaran guided inquiry lab terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa materi fluida statis di SMA Negeri 3 Kediri / Utari Dwi Putri

Main Author: Putri, Utari Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/59910/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANPutriUtariDwi.2018.PengaruhThinkingMapsPadaPembelajaranGuidedInquiryLabTerhadapPenguasaanKonsepdanKemampuanBerpikirKritisSiswaMateriFluidaStatisdiSMANegeri3Kediri.TesisJurusanPendidikanFisikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.ParnoM.Si.(2)Dr.EdiSuprianaM.Si.KataKuncithinkingmapsguidedinquirylabpenguasaankonsepkemampuanberpikirkritissiswafluidastatisMaterifluidastatismerupakansalahsatumateriyangberkaitandalamkehidupansehari-hari.Denganmempelajarifluidastatissiswadiharapkanberpikirmenemukansolusidanmemecahkanmasalahberdasarkanteoridankonsep.Namunbeberapapenelitianmenemukanmasihbanyaksiswamengalamikesulitandalammempelajarimaterifluidastatis.Kesulitantersebutdisebabkankarenasiswakurangdilibatkandalamkegiatanpembelajaran.Selainitumateriyangabstrakberpengaruhterhadappenguasaankonsepsiswa.Rendahnyapenguasaankonsepsiswamempengaruhikemampuanberpikirkritissiswadalammemecahkanmasalah.Penelitianinibertujuanuntukmengukurpenguasaankonsepdankemampuanberpikirkritissiswayangbelajardenganthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabdansiswayangbelajardenganguidedinquirylabsertauntukmengetahuipengaruhthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylab.Penelitianinimenggunakandesainquasiexperimentdenganrancanganpenelitianpretestposttestcontrolgroupdesign.Teknikpengambilansampelpadapenelitianiniadalahclustersamplingdandipilihduakelasyaitukelaseksperimendankelaskontrol.Kelaseksperimenmenggunakanthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabdankelaskontrolmenggunakanpembelajaranguidedinquirylab.Instrumentespenguasaankonsepberjumlah10soalpilihangandadenganreliabilitas067danteskemampuanberpikirkritisberjumlah5soaluraiandenganreliabilitas071.Analisisdatamenggunakanujimanovasatujalurdanujikorelasi.Hasilpenelitianmenunjukkanterdapatperbedaanantarapenguasaankonsepdankemampuanberpikirkritissiswayangbelajardenganthinkingmapspadaguidedinquirylabdansiswayangbelajardenganguidedinquirylab.Halinidilihatdarinilaisignifikansiyangdiperoleh002005.Hasilpenelitianjugamenunjukkanterdapatpengaruhthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabyangdilihatdarinilairata-rata.Sarandaripenelitianadalahagarlebihmemaksimalkanpenggunaanthinkingmapspadapembelajaranguidedinquirylabpadasaatdiskusikelompoksertamengarahkansiswaagardalammemilihthinkingmapstidakhanyafokuspadasatujenisthinkingmapsyangsamadengansiswayanglain.Dalampenerapannyaperlumemperhatikanpembagianwaktukarenapembelajaraninimembutuhkanwaktuyanglama.