Peningkatan penguasaan konsep dan cara memecahkan masalah siswa pada materi impuls momentum melalui pembelajaran pemodelan dan conceptual problem solving (CPS) / Anisa Matinu Saifullah
Main Author: | Saifullah, Anisa Matinu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59867/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSaifullahAnisaMatinu.2017.PeningkatanPenguasaanKonsepdanCaraMemecahkanMasalahSiswapadaMateriImpulsMomentummelaluiPembelajaranPemodelandanConceptualProblemSolving(CPS)Tesis.PendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SutopoM.Si.(II)Dr.HariWisodoM.Si.Katakuncipenguasaankonsepcaramemecahkanmasalahimpulsmomentumpembelajaranpemodelanconceptualproblemsolving(CPS).Salahsatutujuanpembelajaranfisikaatausainspadaumumnyaadalahsiswamenguasaikonsep-konsepdasarpadadisiplinilmutersebutdanmampumenerapkannyapadapemecahanmasalah.Namununtukmencapaitujuantersebutbukanlahhalyangmudah.Beberapapenelitianmengungkapkanbanyakkesulitanterkaitpenguasaankonsepimpulsmomentumsiswa.Selainitucarasiswadalammemecahkanmasalahmasihcenderungtidakmelibatkankonsep-konsepfisika.Pemasalahan-permasalahantersebutdapatdiatasidenganpembelajaraninovatifsalahsatunyapembelajaranpemodelandanConceptualProblemSolving(CPS).PenelitianinibertujuanuntukmenerapkanpembelajaranpemodelandanCPSsertamelihatefektifitasnyadalammeningkatkanpenguasaankonsepdancaramemecahkanmasalahsiswapadamateriimpulsmomentum.Selainitujugamelihathubungancarasiswamemecahkanmasalahtehadappenguasaankonsepsiswa.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianmixedmethod.Datapenelitianiniadalahhasilpengamatanolehobserverselamapembelajaranskorpretestdanposttestpenguasaankonsepalasanjawabansiswapadaposttestdancarasiswamemecahkanmasalahpadatescarapemecahanmasalah.Prosespengumpulandatadilakukanmelaluiobservasimerekamprosesdiskusisiswamelakukanpretestdanposttestpenguasaankonsepdanthinkalouddigabungdenganwawancarapadatescarapemecahanmasalah.Analisisdilakukansecarakuantitatifdankualitatif.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajaranpemodelandigabungdenganCPSsecarasignifikan(p000)meningkatkanpenguasaankonsepimpulsmomentumsiswadenganN-gainsebesar045(kategorimedium)danefektivitaspembelajarand-effectsizesebesar311(kategorisangatbesar).BerdasarkanhasilujikorelasimenunjukkanbahwatidakadakorelasibaikantaranilaipretestdanN-gain(p0123)maupunnilaipretestdanposttestsiswa(p0110).Haliniberartibahwapembelajarandapatmeningkatkanpenguasaankonsepsiswabaikpadasiswayangmemilikinilaipretesttinggimaupunrendahdimanahasilposttesttidakdipengaruhihasilpretest-nya.Selainitupembelajarandapatmengubahcarasiswadalammemecahkanmasalahyaitudarisiswayangcenderungmenggunakanplug-and-chugunstructuredmannersebelumpembelajaranmenjadiscientificapproachdanplug-and-chugstructuredmannersetelahpembelajaran.Terdapatperbedaanantaracarasiswadalammemecahkanmasalahterhadappenguasaankonsepsiswa(p0002).Siswayangtelahmemecahkanmasalahdengananalisiskualitatifcenderungmemilikiskorpenguasaankonseplebihtinggi.ABSTRACTSaifullahAnisaMatinu.2017.ImprovingStudentsConceptualUnderstandingandProblemSolvingMannerofImpulseMomentumTopicinModelingInstructionandConceptualProblemSolving(CPS)Thesis.StudyProgramofPhysicsEducationGraduateSchoolUniversitasNegeriMalang.Supervisor(I)Dr.SutopoM.Si.(II)Dr.HariWisodoM.Si.Keywordsconceptualunderstandingproblemsolvingmannerimpulsemomentummodelinginstructionconceptualproblemsolving(CPS).Oneoftheimportantgoalsoflearningphysicsorscienceistofacilitatestudentstograspfundamentalphysicsconceptsandtoapplythemtosolverelatedphysicsproblems.Howevertoreachtheseaimsisnoteasy.Somestudiesrevealmanystudentsdifficultieswhentheysolveimpulsemomentumsproblems.Inadditionstudentsproblemsolvingmannerstilltendnottoinvolveconceptsofphysics.TheproblemscanbesolvedbyinnovativelearningoneofwhichismodelinginstructionandConceptualProblemSolving(CPS).ThisstudyaimedtoapplymodelinginstructionandCPSandexamineditseffectivenessinimprovingthestudentsconceptualunderstandingandproblemsolvingmannerofimpulsemomentumtopic.Inadditionitalsoexaminedtherelationshipbetweenthestudentsproblemsolvingmannertotheconceptualunderstanding.Thisresearchusedmixedmethodresearchdesign.Thisresearchdatawastheresultofobservationduringlearningthepretestandposttestscoresofconceptualunderstandingthereasonofstudentsanswerontheposttestandstudentsresponseontheproblemsolvingmannertest.Theprocessofcollectingdatawasdonethroughobservationrecordingstudentdiscussionprocessdoingpretestandposttestofconceptualunderstandingandthinkaloudcombinedwiththeinterviewontheproblemsolvingmannertest.Theanalysiswasdoneinaquantitativeandqualitativemanner.TheresultsshowedthatmodelinginstructionaccompaniedbyCPSsignificantly(p000)improvingtheconceptualunderstandingofimpulsemomentumwithN-gainscoreof0.45(mediumcategory)andeffectivenessoflearningd-effectsizeof3.11(verylargecategory).BasedoncorrelationtestresultshowedthattherewerenotcorrelationeachotherbetweenbothpretestandN-gainscores(p0123)andpretestandposttestscores(p0110).Itindicatedthattheinstructioncouldimprovetheconceptualunderstandingforboththestudentswithhighandlowpretestscoresandposttestscoreswerenotinfluencedbythem.Inadditiontheinstructioncouldchangethestudentsproblemsolvingmannerfromstudentswhotendtouseplug-and-chugunstructuredmannerbeforelearningbecomescientificapproachandplug-and-chugstructuredmannerafterlearning.Therewasadifferencebetweenthestudentsproblemsolvingmannertotheconceptualunderstanding(p0.002).Studentswhohavesolvedproblemswithqualitativeanalysistendtohavehigherconceptualunderstandingscores.