Kemampuan pemecahan masalah pada materi impuls dan momentum dengan pembelajaran map meetings siswa kelas XI TKR 1 SMK Negeri 1 Panggungrejo / Dina Prihartanti

Main Author: Prihartanti, Dina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/59848/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrihartantiDina.2016.KemampuanPemecahanMasalahpadaMateriImpulsdanMomentumdenganPembelajaranMapMeetingsSiswaKelasXITKR1SMKNegeri1Panggungrejo.Tesis.ProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(2)Dr.HariWisodoM.Si.Katakuncikemampuanpemecahanmasalahimpulsmomentummapmeetings.KemampuanpemecahanmasalahbagisiswaSMKmerupakansalahsatukompetensiyangmenjadituntutanpemerintahsaatini.Akantetapikenyataandilapanganmenunjukkansiswamasihlemahdalammemecahkanmasalahfisika.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankemampuanpemecahanmasalahsiswakelasXITKR1SMKN1Panggungrejopadakonsepimpulsdanmomentumdalampembelajaranmapmeetingsdanuntukmengetahuipengaruhpembelajaranmapmeetingsterhadapkemampuanpemecahanmasalahsiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatanmixedmethodsdesainembeddedexperimentalmodel.SubyekpenelitianyaitukelasXIKompetensiKeahlianTeknikKendaraanRinganSMKN1Panggungrejoyangterdiridari28siswa.Deskripsikemampuanpemecahanmasalahsiswapadamateriimpulsdanmomentumdalampembelajaranmapmeetingsdianalisisdarijawabansiswapadasoalproblemsolvingsessiondanquiz.DatatersebutdianalisisberdasarkankriteriacodingmenggunakanindikatorkemampuanpemecahanmasalahdariBrandsforddanSteinyangmeliputimengidentifikasimasalahmendefinisikanmasalahmenentukanstrategimengaplikasikanstrategidanmengevaluasisolusi.PengaruhpembelajaranmapmeetingsterhadapkemampuanpemecahanmasalahsiswadianalisisberdasarkandatapretestdanposttestdengankriteriacodingmenggunakanindikatorkemampuanpemecahanmasalahBrandsforddanStein.Seluruhhasilanalisisdisajikandalambentuktabelnaratifdandilengkapidengangambar.Hasilanalisisdikonfirmasidenganhasilobservasidankuesionersebelumdansesudahintervensi.PengaruhpembelajaranmapmeetingsterhadapkemampuanpemecahanmasalahjugadidukungdengananalisisstatistikhasilpretestdanposttestyangmeliputiujibedaWilcoxonMatchPairsTestperhitunganAverageNormalizedGainScore(N-Gain)danperhitunganeffectsize.Semuadatahasiltesobservasidankuesionerkemudiandiinterpretasihasilnyauntukditarikkesimpulan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakemampuanpemecahanmasalahsiswapadamateriimpulsdanmomentumcenderunglemahpadaindikatormenentukanstrategimengaplikasikanstrategidanmengevaluasisolusi.HasilujiWilcoxonMatchPairsTestmenunjukkanterdapatperbedaankemampuanpemecahanmasalahsebelumdansesudahintervensi.HasilperhitunganN-Gaindiperoleh0412yangmenunjukkanpeningkatankemampuanpemecahanmasalahberadapadakategorisedang.Berdasarkanperhitunganeffectsizediperolehrscoresebesar0612yangberartipembelajaranmapmeetingsmemberikanefekyangkuatterhadapkemampuanpemecahanmasalahsiswa.Meskipunrscoretermasukkategorikuatnamunhanyaberadasedikitdiatasbatasbawahrentangyakni05.Halinimenunjukkanbahwameskipunpembelajaranmapmeetingsmemberikanpengaruhyangkuatterhadapkemampuanpemecahanmasalahsiswanamunpengaruhnyamasihkurangsignifikan.Kurangnyapemahamankonseptualsiswadankarakteristiksiswabisamenjadipenghalangdalamkeberhasilanpemecahanmasalah.