Dampak strategi pembelajaran Dual Safeguard Web-based Interactive (dgwi) dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap penguasaan konsep dan pola penalaran ilmiah pada materi suhu dan kalor / Elfa Ma'rifah

Main Author: Ma'rifah, Elfa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/59834/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMarifahElfa.2016.DampakStrategiDualSafeguardWeb-BasedInteractiveLearning(DGWI)denganModelProblemBasedLearning(PBL)terhadapPenguasaanKonsepdanPolaPenalaranIlmiahSiswapadaMateriSuhudanKalor.TesisProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.ParnoM.Si(II)NandangMuftiM.T.Ph.D.SuhudanKalormerupakanmateriyangpentinguntukdikuasaisiswa.Materiinisangatberkaitandengankehidupansehari-harisehinggadiperlukanpembelajaranyangkontekstualautentikdanbermakna.SelainitumasihbanyaksiswayangmengalamikesulitandalammenguasaikonsepdanbernalarilmiahpadamateriSuhudanKalor.DGWImerupakanstrategipembelajaranberbasiswebdenganmemasukkantugaspemanasandantugasrumahsecaraonline.StrategiDGWIdapatmembantusiswadalammenguasaikonsepdanbernalarilmiah.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaanpenguasaankonsepsiswasebelumdansesudahdilakukanpembelajaranmelaluiDGWIdenganmodelPBLpadamateriSuhudanKalor.Selainitujugauntukmengetahuipolapenalaranilmiahsiswa.PenelitianinimenggunakanmixedmethodsdengandesainEmbeddedExperimentalModel.Subyekpenelitianadalah31siswaSMAN4MalangkelasXB2.Datapenelitiandiambilmelaluitesuraianpengamatanselamaprosespembelajarankuisdanwawancara.AnalisisdilakukansecarakuantitatifpadapilihanjawabansiswamelaluistatistikdeskriptifujibedaN-gaindaneffectsize.Analisisdatakualitatifmeliputiempatlangkahyaitureduksidatapengkodeanpenyajiandatadanpenarikankesimpulan.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanpenguasaankonsepsiswaantarasebelumdansesudahdilakukanpembelajaranmelaluistrategiDGWIdenganmodelPBLpadamateriSuhudanKalor.Rata-ratapenguasaankonsepsiswapost-testlebihtinggidibandingkandenganpre-testyaitumeningkatdari41955%menjadi69637%dengannilaid-effectsizesebesar2667dikategorikankuatdanN-gain048dikategorikansedang.StrategiDGWIdenganmodelPBLmampumemperbaikipolapenalaranilmiahsiswamenujulevelkategoriyanglebihtinggi.Terjadipeningkatanmenujulevelyanglebihtinggibaikpadacorrelationalreasoningprobabilisticreasoningdanproportionalreasoninguntuktiapsubtopikdalampembelajaran.KataKunciDGWIPBLpenguasaankonsepsuhudankalorpolapenalaranilmiah.