Perubahan konseptual dan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran kolaboratif berbantuan real and virtual laboratory pada materi fluida statis / Iqlima Noor Akmala Dewi

Main Author: Dewi, Iqlima Noor Akmala
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/59827/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDewiIqlimaNoorAkmala.2016.PerubahanKonseptualdanKeterampilanProsesSainsSiswadalamPembelajaranKolaboratifBerbantuanRealandVirtualLaboratorypadaMateriFluidaStatis.Tesis.ProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SentotKusairiM.Si.(II)Dr.LiaYuliatiM.Pd.KataKuncipembelajarankolaboratifrealandvirtuallaboratoryperubahankonseptualketerampilanprosessains.Miskonsepsiseringterjadipadasiswa.Siswamembawakonsepawalatauprakonsepsitentangsuatukonsepsebelumsiswatersebutmengikutipembelajarandisekolah.Dibutuhkanpembelajaranyangdapatmembantusiswauntukmengurangimiskonsepsitersebut.Kurangnyapengalamansiswadalammelakukanpraktikumberdampakpadapemahamandanketerampilanprosessainssiswa.Penelitianinidilaksanakanuntukmengetahuiperubahankonseptualdanmelatihkanketerampilanprosessainssiswadenganmenggunakanpembelajarankolaboratifberbantuanrealandvirtuallaboratory.Penelitianinimenggunakanrancanganmixedmethoddengandesainembedded.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasXMIA2SMAN1Bojonegoro.PenelitiandilakukanpadabulanMaret-April2016.Instrumenpenelitianmeliputiperangkatpembelajaran(RPP)soalessaitesperubahankonseptualsiswapanduanwawancaradanlembarobservasiuntukmengamatiprosespembelajarandanmengukurketerampilanprosessainssiswa.Pengumpulandatadilakukandengantesobservasidokumentasiselamapembelajarandanwawancara.Padasaatpraktikumsiswamenggunakanvirtuallaboratoryyangdilakukansetelahmenggunakanreallaboratory.Analisisperubahankonseptualdilakukanberdasarkanrubrik.Jawabanpretestdanposttestsiswakemudiandikategorikanmenjadipahamkonseppahamsebagianspesifikmiskonsepsidantidakpaham.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapembelajarankolaboratifberbantuanrealandvirtuallaboratorydapatmembantusiswamengalamiperubahankonseptualyangditandaidenganpenguasaankonsepsiswayangmeningkatdanmenurunnyatingkatkesulitansiswadalammemahamimaterifluidastatis.Selainitupenggunaanrealandvirtuallaboratoryjugadapatmembantusiswauntukmengembangkanketerampilanprosessainssiswa.Keterampilanprosessainsyangdiamatiterdiriatas6indikatorantaralainberhipotesismelakukanpercobaanmenginterpretasidatamenggambargrafikmenganalisisdatadanmengkomunikasikanhasil.Keterampilanprosessainssiswamengalamipeningkatanpadasetiappertemuan.Keterampilanyangmenunjukkanpeningkatanpalingtinggiadalahmembuatkesimpulandanketerampilanyangpalingrendahadalahmembuatgrafik.HasildariN-gainyaitusebesar0.5menunjukkanbahwasiswamengalamiperubahanyangcukupbesarsetelahdiberikanperlakuan.Hasildarieffectsizediperolehnilaisebesar0.89yangberartipenggunaanpembelajaranberdampakcukupbesarterhadappenguasaankonsepsiswa.Haltersebutjugadibuktikandenganhasiluji-tberpasanganyangmenunjukkanperbedaanyangsignifikan.Nilaiposttestsiswamengalamikenaikandaripadanilaipretest.Perubahankonseptualsiswadalampembelajaranterjadipadafasetransformationdanreflection.