Pengembangan program diagnostik dan remedial berbasis multimedia interaktif untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada materi optika geometri / Fahmi Yahya

Main Author: Yahya, Fahmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/59806/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYahyaFahmi.2015.PengembanganProgramDiagnostikdanRemedialBerbasisMultimediaInteraktifuntukMengatasiMiskonsepsiMahasiswapadaMateriOptikaGeometri.TesisProdiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Dr.MarkusDiantoroM.Si.(II)Dr.SentotKusairiM.SiKataKuncidiagnostikremedialmultimediainteraktifmiskonsepsioptikageometriUpayamengidentifikasidanmengatasimiskonsepsimahasiswacalongurufisikapadamaterioptikageometriharusterusdilakukan.Berbagaimacamtesdiagnostikmiskonsepsiyangbiasaditerapkanparadosenmasihdalambentuktestertulis.Kelemahantessemacaminiadalahwaktuyangdibutuhkanmemeriksahasiltestersebutyangcukuplamasehinggamahasiswatidakdapatmengetahuihasiltesnyasecaralangsung.Remedialyangbiasadiberikanmasihbersifatklasikaldanbelummampumengakomodasiperbedaanmiskonsepsiyangdimilikisetiapmahasiswa.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkanprogramdiagnostikdanremedialberbasismultimediainteraktif(DRoptikageometri).PenelitianinijugamendeskripsikantentangkelayakanprogramDRoptikageometridanjugamelakukanujiefektivitasprogramDRoptikageometridalammengidentifikasidanmengatasimiskonsepsimahasiswapadaoptikageometri.Jenispenelitianyangdilakukanadalahpenelitiandanpengembangan(ResearchandDepelopment)denganmengadaptasidesainBorgandGall.Proseduryangdilakukanantaralainstudipendahuluanperencanaanprodukpengembanganprodukawalujicobapendahuluanrevisiprodukawalujicobaterbatasrevisiprodukoperasionaldanujicobaoperasional.Subjekujicobameliputidosendanmahasiswacalongurufisika.Padaujicobapendahuluandatadikumpulkandariduavalidatorahlimenggunakanangket.Sedangkanpadaujicobaterbatasdatadikumpulkandarisepuluhmahasiswapenggunayangjugamenggunakanangket.Hasilangketdianalisismenggunakanteknikperhitungannilairata-rata.Padaujicobaoperasionalprodukdiujicobakanpadamahasiswacalongurufisikayangtelahmendapatmaterioptikageometrimenggunakandesainpretest-postestcontrolgroup.BerdasarkanpenilaianvalidatorahlipadaaspeksoaldiagnostiktampilanmediadanmateriremedialdapatdisimpulkanbahwaprogramDRoptikageometrimemenuhikategorilayak.LebihjauhpenilaianmahasiswapenggunadalamujicobaterbatasjugadisimpulkanbahwaprogramDRoptikageometrimemenuhikategorilayakuntukdigunakandalampembelajaran.Berdasarkanujiefektivitasprodukdidapatkanbahwaterdapatpenurunanjumlahmiskonsepsipadakelaseksperimendankelaskontrol.SelainituperhitungandenganmenggunakanujiMann-Whitneymenunjukkanbahwaterdapatperbedaanpenguasaankonsepyangsignifikanpadakeduakelasdengankelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrol.