Pengaruh scaffolding konseptual berbasis STAD terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis / Umy Hidayatur Rasyidah

Main Author: Rasyidah, Umy Hidayatur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/59754/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRasyidahU.H.2014.PengaruhScaffoldingKonseptualberbasisSTADterhadapKemampuanMenyelesaikanMasalahSintesisFisikaditinjaudariKemampuanBerpikirKritis.Tesis.JurusanPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MarkusDiantoroM.Si(II)Dr.SupriyonoKoesH.M.PdM.AKataKunciscaffoldingkonseptualmenyelesaikanmasalahsintesisberpikirkritis1228812288122881228812288122881228812288Kesulitanyangseringkalidialamiolehsiswadalambelajarfisikaadalahkurangmampuuntukmemahamiketerkaitanantarkonsepfisika.Padahalpermasalahanfisikaseringkaliberupapermasalahansintesisyaitupermasalahanyangterdiriatasbeberapakonsep-konsepfisikayangsalingberkaitan.Untukmengatasihalinidiperlukanbantuan/scaffoldingsebagaialternatifsolusi.ScaffoldingkonseptualdapatbekerjasecaramaksimalapabiladilakukandenganbantuantemansebayaatauberkelompokyangdapatditemuipadamodelpembelajaranSTAD.Kemampuansiswadalammenyelesaikanmasalahjugadipengaruhiolehkemampuanberpikirkritissiswa.Siswadengankemampuanberpikirkritistinggiakandenganhati-hatimenganalisiskonsepdalampermasalahansintesis.Olehkarenaitupenelitianinimengungkapapakahterdapatadaperbedaankemampuanmenyelesaikanmasalahsintesis(1)padasiswabelajardenganpembelajaranscaffoldingkonseptualberbasisSTADdanSTAD(2)padasiswaberkemampuanberpikirkritistinggidanrendah(3)sertaapakahadapengaruhinteraksiantarapembelajaran(scaffoldingkonseptualberbasisSTADdanSTAD)dankemampuanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesis.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanjenispenelitianquasiexperimentrancanganfaktorial2x2.KelompokpertamadiberikanpembelajaranscaffoldingkonseptualberbasisSTADdankelompokkeduadiberikanpembelajaranSTAD.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXISMANegeri1Batu2013/2014.Sampelpenelitianadalah2kelasdarikelasXISMANegeri1Batu2013/2014yangdipilihdenganteknikclustersampling.Instrumenpenelitiandibagimenjadiduayaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Instrumenperlakuanadalahlembarkerjascaffoldingkonseptual.Instrumenpengukuranterdiriatasteskemampuanberpikirkritisdanteskemampuanmenyelesaikanmasalahsintesis.Reliabiltasinstrumenpengukurantersebutberturut-turutadalah0705dan0789.UjihipotesismenggunakanAnavaduajalur.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanantarakelompoksiswayangdiajarmelaluipembelajaranscaffoldingkonseptualberbasisSTADdanSTADterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesisfisika(p0041005).Hasilkeduamenunjukkanadaperbedaanantarakelompoksiswadengankemampuanberpikirkritistinggidanrendahterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesisfisikasiswa(p0017005).Hasilketigamenyatakanbahwatidakadapengaruhinteraksiantarapembelajaran(scaffoldingkoseptualberbasisSTADdanSTAD)dankemampuanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesisfisika(p0727005).Berdasarkanhasilpenelitianscaffoldingkonseptualdapatdikembangkandandigunakanolehgurusebagaibantuanpembelajarandisekolah.Scaffoldingkonseptualterbuktidapatmembantusiswauntukmengenalikonsep-konsepfisikayangsalin