Pengaruh scaffolding konseptual berbasis STAD terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis / Umy Hidayatur Rasyidah
Main Author: | Rasyidah, Umy Hidayatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59754/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRasyidahU.H.2014.PengaruhScaffoldingKonseptualberbasisSTADterhadapKemampuanMenyelesaikanMasalahSintesisFisikaditinjaudariKemampuanBerpikirKritis.Tesis.JurusanPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MarkusDiantoroM.Si(II)Dr.SupriyonoKoesH.M.PdM.AKataKunciscaffoldingkonseptualmenyelesaikanmasalahsintesisberpikirkritis1228812288122881228812288122881228812288Kesulitanyangseringkalidialamiolehsiswadalambelajarfisikaadalahkurangmampuuntukmemahamiketerkaitanantarkonsepfisika.Padahalpermasalahanfisikaseringkaliberupapermasalahansintesisyaitupermasalahanyangterdiriatasbeberapakonsep-konsepfisikayangsalingberkaitan.Untukmengatasihalinidiperlukanbantuan/scaffoldingsebagaialternatifsolusi.ScaffoldingkonseptualdapatbekerjasecaramaksimalapabiladilakukandenganbantuantemansebayaatauberkelompokyangdapatditemuipadamodelpembelajaranSTAD.Kemampuansiswadalammenyelesaikanmasalahjugadipengaruhiolehkemampuanberpikirkritissiswa.Siswadengankemampuanberpikirkritistinggiakandenganhati-hatimenganalisiskonsepdalampermasalahansintesis.Olehkarenaitupenelitianinimengungkapapakahterdapatadaperbedaankemampuanmenyelesaikanmasalahsintesis(1)padasiswabelajardenganpembelajaranscaffoldingkonseptualberbasisSTADdanSTAD(2)padasiswaberkemampuanberpikirkritistinggidanrendah(3)sertaapakahadapengaruhinteraksiantarapembelajaran(scaffoldingkonseptualberbasisSTADdanSTAD)dankemampuanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesis.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanjenispenelitianquasiexperimentrancanganfaktorial2x2.KelompokpertamadiberikanpembelajaranscaffoldingkonseptualberbasisSTADdankelompokkeduadiberikanpembelajaranSTAD.PopulasipenelitianadalahseluruhsiswakelasXISMANegeri1Batu2013/2014.Sampelpenelitianadalah2kelasdarikelasXISMANegeri1Batu2013/2014yangdipilihdenganteknikclustersampling.Instrumenpenelitiandibagimenjadiduayaituinstrumenperlakuandaninstrumenpengukuran.Instrumenperlakuanadalahlembarkerjascaffoldingkonseptual.Instrumenpengukuranterdiriatasteskemampuanberpikirkritisdanteskemampuanmenyelesaikanmasalahsintesis.Reliabiltasinstrumenpengukurantersebutberturut-turutadalah0705dan0789.UjihipotesismenggunakanAnavaduajalur.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanantarakelompoksiswayangdiajarmelaluipembelajaranscaffoldingkonseptualberbasisSTADdanSTADterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesisfisika(p0041005).Hasilkeduamenunjukkanadaperbedaanantarakelompoksiswadengankemampuanberpikirkritistinggidanrendahterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesisfisikasiswa(p0017005).Hasilketigamenyatakanbahwatidakadapengaruhinteraksiantarapembelajaran(scaffoldingkoseptualberbasisSTADdanSTAD)dankemampuanberpikirkritisterhadapkemampuanmenyelesaikanmasalahsintesisfisika(p0727005).Berdasarkanhasilpenelitianscaffoldingkonseptualdapatdikembangkandandigunakanolehgurusebagaibantuanpembelajarandisekolah.Scaffoldingkonseptualterbuktidapatmembantusiswauntukmengenalikonsep-konsepfisikayangsalin