Pengaruh integrative learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA / Lis Suswati

Main Author: Suswati, Lis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/59749/
Daftar Isi:
  • SuswatiLis.2014PengaruhIntegrativeLearningterhadapKemampuanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepFisikaSiswaKelasXSMA.Tesis.ProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Dr.NandangMuftiM.T.KataKunciintegrativelearningkemampuanberpikirkritispenguasaanKonsep12288122881228812288Prosespembelajaranfisikasebaiknyamengaitkankonsepfisikadenganfenomenafisikadikehidupannyata.Namunpadakenyataannyaprosespembelajaranjarangmengaitkanmateridengankehidupannyata.Nilaiyangdiperolehpadamateribesaranvektorgerakluruspadapembelajaransebelumnyamasihtergolongrendah.Halinidisebabkansiswatidakdilibatkanlangsungdalamprosespembelajaran.Meskipundalamprosespembelajarandilakukanpemberiancontohpenerapanumumnyasiswahanyamenghafalcontohpenerapansajatanpamengetahuialasannyasecaradetail.Integrativelearningmerupakansalahsatucaraagarsiswaterlibatsecaraaktifsertamenunjangkemampuanpenguasaankonsepdanberpikirkritisdalammemahamifenomenafisika.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepfisikaantarasiswayangbelajardenganintegrativelearningdanguidedinquirymengetahuikemampuanberpikirkritissiswadanpenguasaankonsepyanglebihtinggiantarasiswayangbelajardenganintegrativelearningdanguidedinquiry.Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimendenganduasampelyaitukelaseksperimendankelaskontrol.Kelaseksperimenadalahkelasyangbelajardenganmenggunakanintegrativelearningdankelaskontroladalahkelasyangbelajardenganmenggunakanguidedinquiry.PembelajarandifokuskanpadapokokbahasangeraklurusberaturandanhukumNewton.Datakemampuanberpikirkritisdiukurdiakhirpenelitiandengansoalesai.Datapenguasaankonsepdiukurdiakhirpenelitiandengansoalpilihanganda.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhkelasX-IPASMANegeri1Malang.Sampeldipilihsecarapurposive.KelasX-IPA2terpilihsebagaikelaseksperimendankelasX-IPA3terpilihsebagaikelaskontrol.Datadianalisisdenganmenggunakanmultivariateofanova.PengaruhpembelajarandiujidenganujiTukey.Hasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatperbedaanantarasiswayangbelajardengaintegrativelearningdansiswayangbelajardenganguidedinquiry.Selainitusiswayangbelajardenganintegrativelearningmempunyaikemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepyanglebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganguidedinquiry.Saranyangdapatdiberikanpadagurudiantaranyauntukseringmemberikanpembelajaranyangmembantusiswamemahamikonsepsertamengkaitkandenganfaktalapanganyangberkaitandenganfenomenafisikaadanyapenelitianlanjutanyangmengkajipengaruhintegrativelearningterhadapaspeklainsepertiketerampilanilmiahdansikapilmiah.