Pengaruh integrative learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMA / Lis Suswati
Main Author: | Suswati, Lis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59749/ |
Daftar Isi:
- SuswatiLis.2014PengaruhIntegrativeLearningterhadapKemampuanBerpikirKritisdanPenguasaanKonsepFisikaSiswaKelasXSMA.Tesis.ProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.LiaYuliatiM.Pd(II)Dr.NandangMuftiM.T.KataKunciintegrativelearningkemampuanberpikirkritispenguasaanKonsep12288122881228812288Prosespembelajaranfisikasebaiknyamengaitkankonsepfisikadenganfenomenafisikadikehidupannyata.Namunpadakenyataannyaprosespembelajaranjarangmengaitkanmateridengankehidupannyata.Nilaiyangdiperolehpadamateribesaranvektorgerakluruspadapembelajaransebelumnyamasihtergolongrendah.Halinidisebabkansiswatidakdilibatkanlangsungdalamprosespembelajaran.Meskipundalamprosespembelajarandilakukanpemberiancontohpenerapanumumnyasiswahanyamenghafalcontohpenerapansajatanpamengetahuialasannyasecaradetail.Integrativelearningmerupakansalahsatucaraagarsiswaterlibatsecaraaktifsertamenunjangkemampuanpenguasaankonsepdanberpikirkritisdalammemahamifenomenafisika.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiperbedaankemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepfisikaantarasiswayangbelajardenganintegrativelearningdanguidedinquirymengetahuikemampuanberpikirkritissiswadanpenguasaankonsepyanglebihtinggiantarasiswayangbelajardenganintegrativelearningdanguidedinquiry.Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimendenganduasampelyaitukelaseksperimendankelaskontrol.Kelaseksperimenadalahkelasyangbelajardenganmenggunakanintegrativelearningdankelaskontroladalahkelasyangbelajardenganmenggunakanguidedinquiry.PembelajarandifokuskanpadapokokbahasangeraklurusberaturandanhukumNewton.Datakemampuanberpikirkritisdiukurdiakhirpenelitiandengansoalesai.Datapenguasaankonsepdiukurdiakhirpenelitiandengansoalpilihanganda.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhkelasX-IPASMANegeri1Malang.Sampeldipilihsecarapurposive.KelasX-IPA2terpilihsebagaikelaseksperimendankelasX-IPA3terpilihsebagaikelaskontrol.Datadianalisisdenganmenggunakanmultivariateofanova.PengaruhpembelajarandiujidenganujiTukey.Hasilanalisismenunjukkanbahwaterdapatperbedaanantarasiswayangbelajardengaintegrativelearningdansiswayangbelajardenganguidedinquiry.Selainitusiswayangbelajardenganintegrativelearningmempunyaikemampuanberpikirkritisdanpenguasaankonsepyanglebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganguidedinquiry.Saranyangdapatdiberikanpadagurudiantaranyauntukseringmemberikanpembelajaranyangmembantusiswamemahamikonsepsertamengkaitkandenganfaktalapanganyangberkaitandenganfenomenafisikaadanyapenelitianlanjutanyangmengkajipengaruhintegrativelearningterhadapaspeklainsepertiketerampilanilmiahdansikapilmiah.