Representasi synthesis problem melalui aktivitas inquiry-link maps untuk menganalisis perubahan konseptual termodinamika siswa SMA / Anis Fahrurotul Futihat

Main Author: Futihat, Anis Fahrurotul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/59735/
Daftar Isi:
  • FutihatAnisFahrurotul.2013.RepresentasiSynthesisProblemsmelaluiAktivitasInquiry-LinkMapsuntukMenganalisisPerubahanKonseptualTermodinamikaSiswaSMA.Tesis.ProgramStudiPendidikanFisikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.LiaYuliatiM.Pd.(2)Prof.Dr.ArifHidayatM.Si.Katakuncirepresentasisynthesisproblemsaktivitasinquiry-linkmapsperubahankonseptualtermodinamika.1228812288122881228812288122881228812288Pengembanganpotensikemampuansiswamengkonstrukdanmengaktualisasipengetahuanpentinguntukmelatihberpikirsecaraterkontrol.Prosesberpikirperluterusdilatihsehinggasiswamampumelakukanpenyelesaianmasalah.AktivitasInquiry-LinkMapsmembantusiswadalamprosesperubahankonseptualyangdialamiuntukmengkonstrukpengetahuan.Linkmapsdalampembelajaranmelatihsiswauntukberpikirsecarakonseptualdanmatematis.Pembelajaranyangdilakukanmembantusiswauntukmerepresentasikanpenyelesaianmasalah.Dalampembelajaranpenyelesaianmasalah(evaluasi)menggunakanrepresentasisynthesisproblemsyangdilakukandenganpendekatankonseptualmenujumatematisuntukkonsepyangsesuai.Synthesisproblemsmelatihsiswauntukmengkonseppengetahuansecarautuhdantidakterpetak.Penelitianinidilakukanuntukmengetahuiperubahankonseptualyangdialamisiswamelaluilinkmapsdanrepresentasipenyelesaiansynthesisproblemssiswa.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanpendekatanmixmethoddenganmetodepenelitianembeddedresearchdesign.PenelitiandilakukanpadakelasXIIPA4SMAN1KademanganBlitar.InstrumenyangdigunakandalampenelitianmeliputiinstrumenperlakuanberupaRPPdanLKSmateritermodinamikasertainstrumenpengukuranpenelitianyaituinstrumenlinkmapssynthesisproblemsdaninstrumenwawancara.Analisisdatakualitatifdisajikansecaradeskriptifpadadatalinkmapsdanrepresentasipenyelesaiansynthesisproblems.Analisiskuantitatifdatasekorsiswadilakukandenganuji-t.Wawancaradilakukanuntukmengevaluasipembelajarandanmengidentifikasiperubahankonseptualyangdialamisiswa.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperubahankonseptualpadasiswayangditunjukkandengansekorpostestlebihtinggidaripadapretestdanlinkmapspost-intervensilebihterstrukturdaripadapre-intervensisertakegiatankelompokmampumenunjukkanbrainstormingconceptualmodelrichpicture(2)representasipenyelesaiansynthesisproblemspostestlebihbaikdaripadapretestsiswaditunjukkandenganpenyelesaianyanglebihmenggambarkansecarakonseptualdanmatematispadapostest.Halinidisebabkansiswaterlatihmenggunakanmemorisecaralebihterkontroldanefektifdalammengkonstrukpengetahuan.Siswamampumengoptimalkanfungsiscaffolddalampenyelesaiansynthesisproblems.Jadisiswamampumerepresentasikanpenyelesaiansynthesisproblemssecarakonseptualdanmatematis.12288122881228812288