Pengembangan model penilaian formatif Web-based untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa / Ediyanto

Main Author: Ediyanto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/59733/
Daftar Isi:
  • 12288122881228812288Penilaianterbagimenjadiduamacamyaitupenilaianformatifdanpenilaiansumatif.Penilaianformatiftepatdigunakankarenaprosespenilaianformatifmelibatkansiswasecaralangsungdidalamprosespembelajarandanmampumeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Penilaianformatifyangsudahdikembangkanterbuktimampumeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Namunketerbatasanwaktudikelasmenyebabkanprosespenilaianformatiftersebutsulitdilakukan.Makaperludikembangkanmodelpenilaianformatifyangmengkombinasikanpenilaiansecaraonlinedanofflinesertadapatmemberikanumpanbalikyangcepatbagisiswadanguru.Tujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanmodelpenilaianformatifweb-baseduntukpembelajaranfisika.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembanganmodelpenilaianformatif.Instrumenyangdigunakanberupaangketuntukpenilaianvalidator.Kegiatanvalidasimeliputivalidasinaskahbukuinstrumenkuisprapembelajaraninstrumenkuispascapembelajarandanwebprodukpengembangan.12288122881228812288Hasilanalisisdatakuantitatifmenunjukkanbahwaprodukyangdihasilkantermasukdalamkategorilayaksehinggatidakmemerlukanrevisi.Berdasarkandatakualitatifproduktelahdirevisiberdasarkankomentardansaranvalidatorgurudansiswa.Berdasarkanhasilujicobaprodukmenunjukkanmodelpenilaianformatifweb-baseddapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Produkyangdihasilkansudahdikatakanlayaknamunmasihmemerlukanpenelitiandanpengembanganlebihlanjut.KataKunciModelpenilaianformatifpemahamankonsepfisikasiswaWeb-based.