Pengembangan model penilaian formatif Web-based untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa / Ediyanto
Main Author: | Ediyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59733/ |
Daftar Isi:
- 12288122881228812288Penilaianterbagimenjadiduamacamyaitupenilaianformatifdanpenilaiansumatif.Penilaianformatiftepatdigunakankarenaprosespenilaianformatifmelibatkansiswasecaralangsungdidalamprosespembelajarandanmampumeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Penilaianformatifyangsudahdikembangkanterbuktimampumeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Namunketerbatasanwaktudikelasmenyebabkanprosespenilaianformatiftersebutsulitdilakukan.Makaperludikembangkanmodelpenilaianformatifyangmengkombinasikanpenilaiansecaraonlinedanofflinesertadapatmemberikanumpanbalikyangcepatbagisiswadanguru.Tujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanmodelpenilaianformatifweb-baseduntukpembelajaranfisika.12288122881228812288Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandanpengembanganmodelpenilaianformatif.Instrumenyangdigunakanberupaangketuntukpenilaianvalidator.Kegiatanvalidasimeliputivalidasinaskahbukuinstrumenkuisprapembelajaraninstrumenkuispascapembelajarandanwebprodukpengembangan.12288122881228812288Hasilanalisisdatakuantitatifmenunjukkanbahwaprodukyangdihasilkantermasukdalamkategorilayaksehinggatidakmemerlukanrevisi.Berdasarkandatakualitatifproduktelahdirevisiberdasarkankomentardansaranvalidatorgurudansiswa.Berdasarkanhasilujicobaprodukmenunjukkanmodelpenilaianformatifweb-baseddapatmeningkatkanpemahamankonsepsiswa.Produkyangdihasilkansudahdikatakanlayaknamunmasihmemerlukanpenelitiandanpengembanganlebihlanjut.KataKunciModelpenilaianformatifpemahamankonsepfisikasiswaWeb-based.