Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram VEE terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Erni Yulianti

Main Author: Yulianti, Erni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/59713/
Daftar Isi:
  • KataKunciinkuiriterbimbingDiagramVeekerjailmiahprestasibelajar.TujuanpembelajaranIPAfisikaSMPyangtertuangdalampermen22tahun2006adalahpembelajaranIPAataufisikahendaknyadilakukansecarainkuiriilmiah.InkuiriyangsesuaiditerapkanpadasiswaSMPadalahinkuiriterbimbing.Kelemahanmodelinkuiriterbimbingadalahmembutuhkanwaktuyanglamadalampembelajarannyadanpenguasaankonsepsiswakurangmaksimal.UntukmengatasihalinidigunakanbantuanmetodeDiagramVeekarenadapatmempermudahpemahamansiswa.Selainpembelajaranfaktoryangberkaitandenganprestasibelajarsiswaadalahkerjailmiah.Kerjailmiahmerupakankegiatanyangmengacupadalangkah-langkahilmiah.Perluadanyapenelitianyangmengujipengaruhdaripenerapanmodelinkuiriterbimbingberbantuandiagramveeterhadapprestasibelajarfisikasiswaditinjaudarikerjailmiah.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenispenelitianeksperimensemudengandesainfaktorial2x2.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri3MalangTahunPelajaran2012/2013.SampelyangdigunakanmeliputikelasVIII.1sampaiVIII.9.Pemilihankelaseksperimendankelaskontrolsecaraacakkelompoksehinggadidapatkan4kelaseksperimendanempatkelaskontrol.KelaseksperimenbelajarmenggunakanmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeesedangkankelaskontrolbelajarsecarakonvensional.Setiapkelompokkelasdiberiteskerjailmiahyanghasilnyadigunakanuntukmengelompokkanmerekakedalamkelompokkerjailmiahtinggidankerjailmiahrendah.Instrumenyangdigunakanmeliputiinstrumenkerjailmiahinstrumenprestasibelajarfisikadaninstrumenperlakuan.Berdasarkanujiprasyaratanalisisdiperolehbahwasemuadataterdistribusinormaldanmemilikivarianyanghomogen.UjinormalitasmenggunakanujiLilieforsdanujihomogenitasvarianmenggunakanujiBartlett.PengujianhipotesismenggunakanANAVAduaarahdandilanjutkanujiTukey.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)prestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeelebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional(2)terdapatinteraksiantaramodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeedankerjailmiahsiswaterhadapprestasibelajarfisikasiswa(3)prestasibelajarfisikabagisiswayangmemilikikerjailmiahtinggilebihtinggijikabelajardenganmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeedaripadabelajarsecarakonvensional(4)prestasibelajarfisikabagisiswayangmemilikikerjailmiahrendahlebihrendahjikabelajardenganmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeedaripadabelajarsecarakonvensional.