Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram VEE terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Erni Yulianti
Main Author: | Yulianti, Erni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59713/ |
Daftar Isi:
- KataKunciinkuiriterbimbingDiagramVeekerjailmiahprestasibelajar.TujuanpembelajaranIPAfisikaSMPyangtertuangdalampermen22tahun2006adalahpembelajaranIPAataufisikahendaknyadilakukansecarainkuiriilmiah.InkuiriyangsesuaiditerapkanpadasiswaSMPadalahinkuiriterbimbing.Kelemahanmodelinkuiriterbimbingadalahmembutuhkanwaktuyanglamadalampembelajarannyadanpenguasaankonsepsiswakurangmaksimal.UntukmengatasihalinidigunakanbantuanmetodeDiagramVeekarenadapatmempermudahpemahamansiswa.Selainpembelajaranfaktoryangberkaitandenganprestasibelajarsiswaadalahkerjailmiah.Kerjailmiahmerupakankegiatanyangmengacupadalangkah-langkahilmiah.Perluadanyapenelitianyangmengujipengaruhdaripenerapanmodelinkuiriterbimbingberbantuandiagramveeterhadapprestasibelajarfisikasiswaditinjaudarikerjailmiah.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifjenispenelitianeksperimensemudengandesainfaktorial2x2.PopulasipadapenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIIISMPNegeri3MalangTahunPelajaran2012/2013.SampelyangdigunakanmeliputikelasVIII.1sampaiVIII.9.Pemilihankelaseksperimendankelaskontrolsecaraacakkelompoksehinggadidapatkan4kelaseksperimendanempatkelaskontrol.KelaseksperimenbelajarmenggunakanmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeesedangkankelaskontrolbelajarsecarakonvensional.Setiapkelompokkelasdiberiteskerjailmiahyanghasilnyadigunakanuntukmengelompokkanmerekakedalamkelompokkerjailmiahtinggidankerjailmiahrendah.Instrumenyangdigunakanmeliputiinstrumenkerjailmiahinstrumenprestasibelajarfisikadaninstrumenperlakuan.Berdasarkanujiprasyaratanalisisdiperolehbahwasemuadataterdistribusinormaldanmemilikivarianyanghomogen.UjinormalitasmenggunakanujiLilieforsdanujihomogenitasvarianmenggunakanujiBartlett.PengujianhipotesismenggunakanANAVAduaarahdandilanjutkanujiTukey.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)prestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeelebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional(2)terdapatinteraksiantaramodelpembelajaraninkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeedankerjailmiahsiswaterhadapprestasibelajarfisikasiswa(3)prestasibelajarfisikabagisiswayangmemilikikerjailmiahtinggilebihtinggijikabelajardenganmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeedaripadabelajarsecarakonvensional(4)prestasibelajarfisikabagisiswayangmemilikikerjailmiahrendahlebihrendahjikabelajardenganmodelinkuiriterbimbingberbantuanDiagramVeedaripadabelajarsecarakonvensional.