Pengaruh strategi pembelajaran React terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Nisfil Maghfiroh Meita

Main Author: Meita, Nisfil Maghfiroh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/59682/
Daftar Isi:
  • KataKunciStrategiREACTprestasibelajarfisikaketerampilanprosessainsPembelajarankonvensionalperludialihkankepembelajarandenganpendekatankonstruktivisuntukmeningkatkanprestasibelajarsiswa.StrategiREACTmerupakanpembelajarankonstruktivisyangdikolaborasikandenganpembelajarankooperatifsehinggasiswadapatmengkonstrukpengetahuandandapatbekerjasamadalamprosespembelajaran.Selainmenilaiprestasibelajarsiswagurusebaiknyajugamengembangkanpenilaianketerampilansiswasepertipenilaianketerampilanprosessains.Penelitiandilaksanakandengantujuan1)mengetahuipengaruhstrategiREACTdanpembelajarankonvensionalterhadapprestasibelajarfisika2)mengetahuiinteraksiantarastrategipembelajarandanketerampilanprosessainsterhadapprestasibelajarfisika3)mengetahuipengaruhstrategiREACTterhadapprestasibelajarfisikasiswayangmemilikiketerampilanprosessainstinggidan4)mengetahuipengaruhstrategiREACTterhadapprestasibelajarfisikasiswayangmemilikiketerampilanprosessainsrendah.PenelitianinidilaksanakandiSMAN7MalangdanditerapkanpadasiswakelasXyangterdiriatas2kelaseksperimendankontrol.Desainpenelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuasi-eksperimen.Kelaseksperimendankontrolmasing-masingterdiriatas78siswa.Sampelyangdigunakanpadapenelitianmelibatkan333%siswadenganketerampilanprosessainstinggidan333%denganketerampilanprosessainsrendah.Jumlahsampelyangdigunakanadalah104siswa.Dataketerampilanprosessainsdinilaidenganmenggunakanlembarobservasi.Komponenpenilaiannyaterdiriatas1)bereksperimen2)mengukur3)membuattabel4)memeperolehdata5)memprosesdatadan6)membuatkesimpulan.Dataprestasibelajardiperolehdarinilaites20soalpilihanganda.RanahkognitifyangdigunakanadalahC1s/dC4taksonomiBloom.Analisisdataterdiriatasujiprasyarat(ujinormalitasdanhomogenitas)danujihipotesis(ujiANAVA2jalurdanujiTukey).Hasilpenelitianadalah1)prestasibelajarfisikasiswayangbelajardenganstrategiREACTlebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensional2)terdapatinteraksiantarastrategipembelajarandanketerampilanprosesterhadapprestasibelajarfisika3)prestasibelajarfisikasiswayangmempunyaiketerampilanprosessainstinggibelajardenganstrategiREACTlebihtinggidaripadasiswayangbelajarsecarakonvensionaldan4)prestasibelajarfisikasiswayangmempunyaiketerampilanprosessainsrendahyangbelajarsecarakonvensionallebihtinggidaripadasiswayangbelajardenganstrategiREACT.