Penerapan discovery learning berbantuan koin berwarna dan dadu untuk memahamkan konsep peluang pada mahasiswa STKIP PGRI Lumajang / Dana Arif Lukmana
Main Author: | Dana Arif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59643/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLukmanaDanaArif.2015.PenerapanDiscoveryLearningBerbantuanKoinBerwarnadanDaduUntukMemahamkanKonsepPeluangpadaMahasiswaSTKIPPGRILumajang.TesisProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc(II)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.Si.KataKunciDiscoveryLearningKoinBerwarnaDaduMemahamkanPeluang.Penelitianinidilatarbelakangiolehkesulitanyangdialamimahasiswadalammemahamikonsepmatematika.Halinidisebabkanolehrendahnyakemampuanberpikirabstrakdankemampuandasarmatematikayangdimilikimahasiswa.Penggunaanmodelpembelajaranyangtidaksesuaimisalnyaceramahdandiskusimembuatmahasiswajenuhdanmenjadipasifsaatpembelajaranberlangsung.Salahsatukonsepmatematikayangsulitdipahamiolehmahasiswaadalahkonseppeluang.Untukmengatasimasalahtersebutdiperlukanmodelpembelajaranyangmelibatkanmahasiswasecaraaktif.Modelpembelajaranyangsesuaiyaknidiscoverylearning.Penggunaankoinberwarnadandadudalamdiscoverylearningbertujuanuntukmemudahkanmahasiswadalammemahamikonseppeluang.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanpelaksanaandiscoverylearningberbantuankoinberwarnadandaduuntukmemahamkankonseppeluangpadamahasiswaSTKIPPGRILumajang.MetodeyangdigunakandalampenelitianiniadalahkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)denganduasiklusyangtiapsiklusnyaterdiridari(1)Perencanaan(2)Pelaksanaan(3)Observasidan(4)Refleksi.Datadalampenelitianinimeliputihasilobservasiaktifitasdosenaktifitasmahasiswadanhasiltesakhirsiklus.SumberdatadalampenelitianiniadalahmahasiswakelasAsemesterIIIProgramStudiPendidikanMatematikaSTKIPPGRILumajangtahunakademik2015-2016danpenelitisebagaidosen.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwapenerapandiscoverylearningberbantuankoinberwarnadandadudapatmemahamkankonseppeluangpadamahasiswadenganlangkah-langkahsebagaiberikut(1)StimulasiMahasiswadistimulasiuntukmelakukanpenyelidikandengancaramemberikanmasalahsederhanauntukdiselesaikankemudiandilanjutkandenganmemberikansebuahtantanganberupamasalahyanglebihkompleks(2)IdentifikasimasalahMahasiswadiberikankesempatanuntukmembuathipotesisataudugaanatasjawabantantangan(3)PengumpulandataMahasiswamelakukaneksperimendenganmenggunakankoinberwarnamaupundadudanmencatathasilsetiapkalieksperimendilakukan(4)PengolahandataMahasiswamengolahdatayangdiperolehmenjadilebihsederhanauntukditemukanpolanyadan(5)VerfikasiMahasiswamengujikebenaranpolauntukdatayanglainnyadan(6)GeneralisasiMahasiswamembuatgeneralisasidaripolayangditemukankemudianmempresentasikangeneralisasiyangsudahdibuat.BerdasarkanhasilpenelitianpadasiklusIrata-ratapersentaseaktifitasdosenmencapai732%danpadasiklusIImencapai8167%.PadasiklusIrata-ratapersentaseaktifitasmahasiswamencapai7452%danpadasiklusIImencapai8261%.Artinyaaktifitasdosendanaktifitasmahasiswamasukdalamkategoribaik.PadasiklusIpersentasemahasiswayangmencapainilaiketuntasanminimalmencapai74%danpadasiklusIImencapai82%.Artinyapersentasemahasiswayangmencapainilaiketuntasanminimalsudahlebihdari80%.Rata-ratakesalahankonsepkesalahanprosedurdankesalahanhitungyangdilakukanmahasiswapadatesakhirsiklusImencapai37%sedangkanpadatesakhirsiklusIImencapai28%.OlehkarenaitupenelitiandihentikansetelahsiklusII.Beberapatemuanyangdiperolehpenelitiselamamelakukanpenelitianadalahsebagaiberikut(1)Mahasiswadapatmengetahuibagaimanasuaturumusdiperoleh(2)Pembelajaranberlangsungdenganmenyenangkan(3)Mengubahkomposisikelompokmenjadilebihheterogendapatmembuatkinerjakelompokmenjadilebihefektif(4)Memberikankesempatanseluas-luasnyapadasemuamahasiswaterutamapadamahasiswaberkemampuanrendahuntukbertanyamenjawabpertanyaanmengemukakanpendapatataumempresentasikanhasildiskusidapatmenunjangsecaralangsungterhadapcapaiandanprestasimahasiswa(5)Memberikankesempatanpadamahasiswauntukmengerjakanberbagaicontohsoalyangmemuatpenggunaankonsep-konsepyangsudahdipelajarisebelumnyadengantingkatkesulitanberagammemberikanmahasiswapengalamanyangcukupsehinggamenunjangcapaiandanprestasimahasiswa(6)Meningkatkanmotivasibelajarmahasiswadenganmemberikandorongandalambentukkata-katapositifdanpujiansertapenguatandapatmemperbaikipembelajaran.Agarmahasiswaterstimulusmelakukanpenyelidikandalamtahapstimulasidosenperlumemberikanduaatautigamasalahsederhanayangkompleksitasnyasemakintinggisehinggadiharapkansetelahmenyelesaikansoaltersebutmahasiswamempunyaigambaranbagaimanamenyelesaikanmasalahtantangan.Dalamtahappengolahandataperludipikirkanbagaimanacaraagarhasilpenyederhaandatadapatmemudahkanmahasiswadalammenemukanpola.Selamapembelajarandengandiscoverylearningpendampingansangatdiperlukansehinggasetiaptahapandalamdiscoverylearningberjalanefektifdisemuakelompok.