Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan scaffoldingnya / Yayuk Kuswanti
Main Author: | Kuswanti, Yayuk |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59525/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANKuswantiYayuk.2018.AnalisisKesalahanSiswadalamMenyelesaikanMasalahSistemPersamaanLinearTigaVariabel(SPLTV)danScaffoldingnya.Tesis.JurusanPendidikanMatematika.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SudirmanM.Si.(II)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.KatakunciSPLTVkesalahanNewmansErrorAnalysisscaffolding.Pembelajaranmatematikadisekolahseharusnyaberkaitanjugadenganpengaplikasianmatematikadalamkehidupansehari-hari.Halinibertujuanuntukmembantusiswamendapatkankemampuandankecakapandalammenyelesaikanmasalahsecaralugasrasionaldantuntas.Masalahmatematikayangseringdijumpaibiasanyaberupasoalcerita.SalahsatumateriwajibyangharusdiperolehsiswakelasXdanseringmenjadimasalahbagisiswaadalahSistemPersamaanLinearTigaVariabel(SPLTV).PadastudipendahuluanditemukanbahwasiswakelasXdiMadrasahAliyahAlIrtiqomasihbanyakmelakukankesalahandalammenyelesaikanmasalahSPLTV.KesalahanyangdilakukansiswatersebutkemudiandijelaskanberdasarkanNewmansErrorAnalysis.Selanjutnyauntukmembantusiswamemperbaikikesalahannyapenelitianinimengaplikasikanscaffolding.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankesalahan-kesalahanyangdilakukansiswakelasXMadrasahAliyahAlIrtiqosaatmengerjakanmasalahSPLTVdanpelaksanaanscaffoldinguntukmembantusiswamemperbaikikesalahannya.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Instrumenutamapadapenelitianiniadalahpeneliti.Sedangkaninstrumenpendukungpadapenelitianiniadalahsoaltespedomanwawancarapedomanscaffoldingdanalatbantulainnya(kameradanalatperekam).Datadaripenelitianiniberasaldarihasilvalidasiinstrumenuraianjawabansiswapadatesawaldantesakhirdantranskripsaatpemberianscaffolding.Subjekpenelitianiniadalah3dari18siswayangdiberikantesawaldanwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasubjekyangmemilikikemampuanmatematikarendahmelakukankesalahanpadamemahamimasalahmentransformasimasalahketerampilanprosesdanmenuliskanjawabanakhir.Untukmembantumemperbaikikesalahansubjektersebutscaffoldingyangdiaplikasikanadalahscaffoldinglevel2explainingdanreviewing.Subjekyangmemilikikemampuanmatematikasedangmelakukankesalahanpadamentransformasimasalahketerampilanprosesdanmenuliskanjawabanakhir.Scaffoldinguntukmembantusubjektersebutmemperbaikikesalahannyaadalahscaffoldinglevel2danlevel3yaituexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinking.Subjekyangmemilikikemampuanmatematikatinggimelakukankesalahanpadamembacamasalahmentransformasimasalahketerampilanprosesmenuliskanjawabanakhirdankesalahankarenakecerobohan.Untukmembantusubjekmemperbaikikesalahannyatersebutscaffoldinglevel2danlevel3yaituexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinkingdiaplikasikan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanscaffoldinglevel2(explainingreviewingdanrestructuring)danlevel3developingconceptualthinkingdapatmembantusiswamenyadaridanmemperbaikikesalahannya.Halinididukungdengansubjekpenelitianyangmampumenyelesaikanmasalahpadatesakhirsecaratepat.