Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) dan scaffoldingnya / Yayuk Kuswanti

Main Author: Kuswanti, Yayuk
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/59525/
Daftar Isi:
  • RINGKASANKuswantiYayuk.2018.AnalisisKesalahanSiswadalamMenyelesaikanMasalahSistemPersamaanLinearTigaVariabel(SPLTV)danScaffoldingnya.Tesis.JurusanPendidikanMatematika.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SudirmanM.Si.(II)Prof.Dr.TotoNusantaraM.Si.KatakunciSPLTVkesalahanNewmansErrorAnalysisscaffolding.Pembelajaranmatematikadisekolahseharusnyaberkaitanjugadenganpengaplikasianmatematikadalamkehidupansehari-hari.Halinibertujuanuntukmembantusiswamendapatkankemampuandankecakapandalammenyelesaikanmasalahsecaralugasrasionaldantuntas.Masalahmatematikayangseringdijumpaibiasanyaberupasoalcerita.SalahsatumateriwajibyangharusdiperolehsiswakelasXdanseringmenjadimasalahbagisiswaadalahSistemPersamaanLinearTigaVariabel(SPLTV).PadastudipendahuluanditemukanbahwasiswakelasXdiMadrasahAliyahAlIrtiqomasihbanyakmelakukankesalahandalammenyelesaikanmasalahSPLTV.KesalahanyangdilakukansiswatersebutkemudiandijelaskanberdasarkanNewmansErrorAnalysis.Selanjutnyauntukmembantusiswamemperbaikikesalahannyapenelitianinimengaplikasikanscaffolding.Tujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankesalahan-kesalahanyangdilakukansiswakelasXMadrasahAliyahAlIrtiqosaatmengerjakanmasalahSPLTVdanpelaksanaanscaffoldinguntukmembantusiswamemperbaikikesalahannya.Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif.Instrumenutamapadapenelitianiniadalahpeneliti.Sedangkaninstrumenpendukungpadapenelitianiniadalahsoaltespedomanwawancarapedomanscaffoldingdanalatbantulainnya(kameradanalatperekam).Datadaripenelitianiniberasaldarihasilvalidasiinstrumenuraianjawabansiswapadatesawaldantesakhirdantranskripsaatpemberianscaffolding.Subjekpenelitianiniadalah3dari18siswayangdiberikantesawaldanwawancara.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwasubjekyangmemilikikemampuanmatematikarendahmelakukankesalahanpadamemahamimasalahmentransformasimasalahketerampilanprosesdanmenuliskanjawabanakhir.Untukmembantumemperbaikikesalahansubjektersebutscaffoldingyangdiaplikasikanadalahscaffoldinglevel2explainingdanreviewing.Subjekyangmemilikikemampuanmatematikasedangmelakukankesalahanpadamentransformasimasalahketerampilanprosesdanmenuliskanjawabanakhir.Scaffoldinguntukmembantusubjektersebutmemperbaikikesalahannyaadalahscaffoldinglevel2danlevel3yaituexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinking.Subjekyangmemilikikemampuanmatematikatinggimelakukankesalahanpadamembacamasalahmentransformasimasalahketerampilanprosesmenuliskanjawabanakhirdankesalahankarenakecerobohan.Untukmembantusubjekmemperbaikikesalahannyatersebutscaffoldinglevel2danlevel3yaituexplainingreviewingrestructuringdandevelopingconceptualthinkingdiaplikasikan.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapelaksanaanscaffoldinglevel2(explainingreviewingdanrestructuring)danlevel3developingconceptualthinkingdapatmembantusiswamenyadaridanmemperbaikikesalahannya.Halinididukungdengansubjekpenelitianyangmampumenyelesaikanmasalahpadatesakhirsecaratepat.