Penggunaan model paving melalui pembelajaran penemuan terbimbing untuk memahamkan materi luas bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jombang / Senja Putri Merona
Main Author: | Merona, Senja Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59515/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMeronaSenjaPutri.2015.PenggunaanModelPavingMelaluiPembelajaranPenemuanTerbimbinguntukMemahamkanMateriLuasBangunDatarpadaSiswaKelasVIISMPNegeri3Jombang.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.GatotMuhsetyoM.Sc.(II)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.SiKataKuncimodelpavingpenemuanterbimbingmemahamkanluasbangundatarTujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenggunaanmediamodelpavingmelaluipembelajaranpenemuanterbimbingyangdapatmemahamkansiswamengenaimateriluasbangundatar.DarihasilobservasiawaldikelasVIIASMPNegeri3Jombangdiperolehbahwagurumenggunakanpembelajaranlangsungdansiswacenderungpasifselamapembelajaran.Hasiltesyangdiberikansaatobservasiawaljugamenunjukkanbahwasiswamasihbelummemahamimateriluasbangundatar.Olehkarenaitudibutuhkanperbaikanpembelajaranuntukmengatasimasalahtersebut.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusdengansubyekpenelitianadalah32siswakelasVIIASMPNegeri3Jombang.Pelaksanaantindakanterdiritigakegiatanyaitukegiatanawalkegiatanintidankegiatanakhir.Padakegiatanawalpeneliti(a)menyampaikantujuanpembelajaran(b)memberikanapersepsiyaitumengingatkansiswatentangmateriprasyaratyangdibutuhkandan(c)membentukkelompokyangberanggotakan4-6siswa.Kegiatanintiterdiridari4faseyaitu(a)fasependahuluansiswamengamatimodelpavingdenganberbagaibentukyaitupersegipersegipanjangsegitigasamasisidansegienamberaturan.(b)faseterbukasiswamelakukandiskusikelompokdanmencobamenempelkanmodelpavingyangdiberikanpadasuatudaerahtertentu(c)fasekonvergensiswamendugarumusumumluasbangundatardenganmodelpavingsebagaisatuannyadan(d)fasepenutupdanpenerapansiswamenyimpulkanrumusumumluasbangundatardanmenerapkannyadalammenyelesaikansoal.Padakegiatanpenutuppenelitimembantusiswauntukmereviusecarasingkatmateriyangsudahdipelajaridanmemintasiswauntukmempelajarimateriyangakandibahaspadapertemuanselanjutnya.HasilsiklusIdiketahuibahwasiswabelummemahamimateriluasbangundatar.Dari32siswahanya9siswayangmencapainilaiminimal75.DengankatalainpersentasekeberhasilansiklusIadalah2812%.PadasiklusIIpersentasekeberhasilanadalah7586%.Dengankatalain29siswahanya7siswayangbelummencapaikriteriaketuntasanminimum.SecaraumumbanyaknyakesalahansiswayangdilakukandisiklusIImenurunjikadibandingkandenganbanyaknyakesalahansiswadisiklusIbaikkesalahankonsepprosedurmaupunkalkulasi.