Penggunaan model paving melalui pembelajaran penemuan terbimbing untuk memahamkan materi luas bangun datar pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Jombang / Senja Putri Merona

Main Author: Merona, Senja Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/59515/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMeronaSenjaPutri.2015.PenggunaanModelPavingMelaluiPembelajaranPenemuanTerbimbinguntukMemahamkanMateriLuasBangunDatarpadaSiswaKelasVIISMPNegeri3Jombang.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.GatotMuhsetyoM.Sc.(II)Dr.rer.nat.IMadeSulandraM.SiKataKuncimodelpavingpenemuanterbimbingmemahamkanluasbangundatarTujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikanpenggunaanmediamodelpavingmelaluipembelajaranpenemuanterbimbingyangdapatmemahamkansiswamengenaimateriluasbangundatar.DarihasilobservasiawaldikelasVIIASMPNegeri3Jombangdiperolehbahwagurumenggunakanpembelajaranlangsungdansiswacenderungpasifselamapembelajaran.Hasiltesyangdiberikansaatobservasiawaljugamenunjukkanbahwasiswamasihbelummemahamimateriluasbangundatar.Olehkarenaitudibutuhkanperbaikanpembelajaranuntukmengatasimasalahtersebut.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelasyangterdiridariduasiklusdengansubyekpenelitianadalah32siswakelasVIIASMPNegeri3Jombang.Pelaksanaantindakanterdiritigakegiatanyaitukegiatanawalkegiatanintidankegiatanakhir.Padakegiatanawalpeneliti(a)menyampaikantujuanpembelajaran(b)memberikanapersepsiyaitumengingatkansiswatentangmateriprasyaratyangdibutuhkandan(c)membentukkelompokyangberanggotakan4-6siswa.Kegiatanintiterdiridari4faseyaitu(a)fasependahuluansiswamengamatimodelpavingdenganberbagaibentukyaitupersegipersegipanjangsegitigasamasisidansegienamberaturan.(b)faseterbukasiswamelakukandiskusikelompokdanmencobamenempelkanmodelpavingyangdiberikanpadasuatudaerahtertentu(c)fasekonvergensiswamendugarumusumumluasbangundatardenganmodelpavingsebagaisatuannyadan(d)fasepenutupdanpenerapansiswamenyimpulkanrumusumumluasbangundatardanmenerapkannyadalammenyelesaikansoal.Padakegiatanpenutuppenelitimembantusiswauntukmereviusecarasingkatmateriyangsudahdipelajaridanmemintasiswauntukmempelajarimateriyangakandibahaspadapertemuanselanjutnya.HasilsiklusIdiketahuibahwasiswabelummemahamimateriluasbangundatar.Dari32siswahanya9siswayangmencapainilaiminimal75.DengankatalainpersentasekeberhasilansiklusIadalah2812%.PadasiklusIIpersentasekeberhasilanadalah7586%.Dengankatalain29siswahanya7siswayangbelummencapaikriteriaketuntasanminimum.SecaraumumbanyaknyakesalahansiswayangdilakukandisiklusIImenurunjikadibandingkandenganbanyaknyakesalahansiswadisiklusIbaikkesalahankonsepprosedurmaupunkalkulasi.