Penggunaan media al-khwarizmi untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi persamaan kuadrat melalui model pembelajaran kooperatif Numbered Keads Together (NHT) kelas VIII SMP Negeri 1 Singosari / Elita Mega Selvia Wijaya
Main Author: | Wijaya, Elita Mega Selvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59499/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWijayaElitaMegaSelvia.2015.PenggunaanMediaAl-KhwarizmiuntukMeningkatkanPemahamanSiswapadaMateriPersamaanKuadratMelaluiModelPembelajaranKooperaifTipeNumberedHeadsTogether(NHT)KelasVIIISMPNegeri1Singosari.Tesis.ProgramStudiPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Scdan(II)Dr.SwasonoRahardjoS.PdM.Si.KataKunciMediaAl-KhwarizmipemahamanmodelpembelajarankooperatiftipeNumberedHeadsTogether(NHT).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanlangkah-langkahmenggunakanmediaAl-KhwarizmidikelasVIIISMPNegeri1SingosaridenganmodelpembelajarankooperatifNumberedHeadsTogether(NHT)yangdapatmeningkatkanpemahamansiswapadamateripersamaankuadrat.Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Penelitianiniterdiridariduasiklusdansetiapsiklusterdiridariempattindakan.SubjekpenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIII-FSMPNegeri1Singosariyangmengikutikegiatanpembelajaran.SubjekdipilihberdasarkanwawancaradengangurukelasVIIIpadatanggal5april2014diSMPNegeri1Singosarihasilbelajarmateripersamaankuadratmasihdibawahstandarketuntasanminimalsekolahyaitu80.Haliniditunjukkandarihasilobervasiyaitudari32siswahanya12siswayangdapatmenjawabsoaldenganbenar.Sehinggadapatdisimpulkanbahwasiswatidakmemahamikonsepkarenatidakdapatmembedakanpersamaankuadatdanbukanpersamaankuadratsertatidakdapatmenentukanabdancjikadiketahuibentukumumax2bxc0.Datayangdikumpulkanantaralainberasaldaria)hasilpekerjaansiswasecaratertulisb)hasilwawancarac)hasilobservasidand)hasilcatatanlapangan.Peningkatanpemahamansiswaditunjukkandarikesalahanyangdilakukansiswa.PadasiklusIsiswamasihmelakukankesalahankonsepdanproseduralyangberdampakpadahasilbelajarsiswayaituterdapat24siswadari32siswa(75%)yangmemenuhiSKMdanpadasiklusIImayoritassiswasudahtidakmelakukankesalahankonsepdanproseduralyangberdampakpadahasilbelajarsiswayaituterdapat27siswadari32siswa(844%)yangmemenuhiSKM.Dengandemikianpemahamansiswamengalamipeningkatanyaitudarikategoricukupkekategoribaik.SelainituhasilobservasiaktivitasgurupadasiklusIdansiklusIIadalah351dan379yangtermasukkategoribaikdanhasilobservasiaktivitassiswaadalah349dan375beradapadakategoribaik.Saranyangdapatdikemukakanuntukpembelajaranberikutnyaantaralaina)mediaAl-Khwarizmibentukumumpersamaankuadratax2bxc0dibatasihanyauntukabcdanxbilanganrasionalsehinggasebagaimasukanuntukpembelajaranberikutnyasebaiknyamediaAl-Khwarizmiyangdigunakanuntukabcdanxbilanganrealdansebaiknyamenggunakanbahanyanglebihtebaltahanlamasertamempunyaiukuranyangsesuaisehinggatidakkesulitandantepatdalammenyusunnyab)pembelajaranpersamaankuadratdenganmenggunakanmediaAl-Khwarizmiberupapotongankertasbufalomembutuhkanwaktuyangcukuplamasehinggasebagaimasukanuntukpembelajaranberikutnyasebaiknyagurudapatmengaturwaktudenganbaikdanc)padasaatsiswamelakukandiskusikelompokgurudapatmenyusuntempatdudukdikelasdenganbentukyangbervariasimisalnyabangkudisusunmembentuklingkarankecil.Halinidilakukanuntukmemudahkanprosesdiskusisiswadanmemudahkanguruuntukmelakukanbimbingan.