Karakteristik gestur guru dalam memperabaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif / Yunis Sulistyorini

Main Author: Sulistyorini, Yunis
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/59494/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSulistyoriniYunis.2015.KarakteristikGesturGurudalamMemperbaikiKesalahanMatematikaSiswadiKelasInklusif.TesisProgramStudiPendidikanMatematika.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SubanjiM.Si.(II)Dr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KatakuncigesturgurukesalahanmatematikasiswadikelasinklusifSiswadikelasinklusifdalampenelitianinimerupakansiswaautissindromadowndanlambanbelajar.Siswadikelasinklusiftersebutmempunyaikarakteristikyangberpengaruhterhadappembelajaranmatematikadanmenyebabkankesalahanmatematikasulitdihindari.Kesalahanmatematikaterdirikesalahanperhitunganproseduraldansimbolik.Guruberperandalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadenganmemberikanpenjelasanyangdiiringigestur.Gesturdalampenelitianiniadalahgerakantanganyangmengiringipenjelasanguru.Gurumenyadariperangesturdalampembelajarandikelasinklusiftermasukdalammemperbaikikesalahanmatematikasiswa.Perbaikankesalahanterdiridarilangkahawalutamadanlanjutan.Langkahawalmerupakandeteksikesalahanlangkahutamamerupakankoreksikesalahandanlangkahlanjutanmerupakanrefleksiuntukmencegahadanyakesalahanyangsama.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankarakteristikgesturgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusif.Karakteristikinidiharapkanmampumenjadialternatifdalammenanganisiswadikelasinklusifterutamadalammemperbaikikesalahanmatematika.Subjekpenelitianadalahgurumatematikayangmenanganisiswadikelasinklusif.Siswadikelasinklusifterdiridarisiswaautissindromadowndanlambanbelajar.Datadalampenelitianterdiridarirekamanpembelajarancatatanlapangandanhasilwawancaradengangurudansiswa.Penelitiandilaksanakanselama5kalipertemuanhinggadidapatkandatayangjenuh.Datatersebutkemudiandianalisisyangdimulaidaritahapmengolahdanmempersiapkandatamembacakeseluruhandatamengkodingdatamenerapkanproseskodinguntukmendeskripsikandatamenarasikandeskripsidatadanmenginterpretasikandata.Hasilpenelitianiniadalahkarakteristikgesturgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusif.Pertamagesturmenunjukmerupakangesturyangpalingbanyakdigunakanolehgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusifdigunakangurupadalangkahawalutamadanlanjutanperbaikankesalahandandigunakanguruketikamemperbaikikesalahanperhitunganproseduraldansimbolik.Keduagesturmenulismerupakangesturkeduayangpalingbanyakdigunakanolehgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusifhanyadigunakangurupadalangkahutamaperbaikandandigunakanguruketikamemperbaikikesalahanperhitunganproseduraldansimbolik.Ketigagesturrepresentasimerupakangesturyangpalingsedikitdigunakanolehgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusifhanyadigunakangurupadalangkahutamaperbaikandandigunakanguruketikamemperbaikikesalahanproseduraldansimbolik.Keempatgesturberperandalampenyederhanaanpenjelasanpadalangkahutamaperbaikanagarlebihmudahdipahamisiswadikelasinklusif.