Karakteristik gestur guru dalam memperabaiki kesalahan matematika siswa di kelas inklusif / Yunis Sulistyorini
Main Author: | Sulistyorini, Yunis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59494/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSulistyoriniYunis.2015.KarakteristikGesturGurudalamMemperbaikiKesalahanMatematikaSiswadiKelasInklusif.TesisProgramStudiPendidikanMatematika.ProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SubanjiM.Si.(II)Dr.MakbulMuksarS.PdM.Si.KatakuncigesturgurukesalahanmatematikasiswadikelasinklusifSiswadikelasinklusifdalampenelitianinimerupakansiswaautissindromadowndanlambanbelajar.Siswadikelasinklusiftersebutmempunyaikarakteristikyangberpengaruhterhadappembelajaranmatematikadanmenyebabkankesalahanmatematikasulitdihindari.Kesalahanmatematikaterdirikesalahanperhitunganproseduraldansimbolik.Guruberperandalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadenganmemberikanpenjelasanyangdiiringigestur.Gesturdalampenelitianiniadalahgerakantanganyangmengiringipenjelasanguru.Gurumenyadariperangesturdalampembelajarandikelasinklusiftermasukdalammemperbaikikesalahanmatematikasiswa.Perbaikankesalahanterdiridarilangkahawalutamadanlanjutan.Langkahawalmerupakandeteksikesalahanlangkahutamamerupakankoreksikesalahandanlangkahlanjutanmerupakanrefleksiuntukmencegahadanyakesalahanyangsama.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikankarakteristikgesturgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusif.Karakteristikinidiharapkanmampumenjadialternatifdalammenanganisiswadikelasinklusifterutamadalammemperbaikikesalahanmatematika.Subjekpenelitianadalahgurumatematikayangmenanganisiswadikelasinklusif.Siswadikelasinklusifterdiridarisiswaautissindromadowndanlambanbelajar.Datadalampenelitianterdiridarirekamanpembelajarancatatanlapangandanhasilwawancaradengangurudansiswa.Penelitiandilaksanakanselama5kalipertemuanhinggadidapatkandatayangjenuh.Datatersebutkemudiandianalisisyangdimulaidaritahapmengolahdanmempersiapkandatamembacakeseluruhandatamengkodingdatamenerapkanproseskodinguntukmendeskripsikandatamenarasikandeskripsidatadanmenginterpretasikandata.Hasilpenelitianiniadalahkarakteristikgesturgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusif.Pertamagesturmenunjukmerupakangesturyangpalingbanyakdigunakanolehgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusifdigunakangurupadalangkahawalutamadanlanjutanperbaikankesalahandandigunakanguruketikamemperbaikikesalahanperhitunganproseduraldansimbolik.Keduagesturmenulismerupakangesturkeduayangpalingbanyakdigunakanolehgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusifhanyadigunakangurupadalangkahutamaperbaikandandigunakanguruketikamemperbaikikesalahanperhitunganproseduraldansimbolik.Ketigagesturrepresentasimerupakangesturyangpalingsedikitdigunakanolehgurudalammemperbaikikesalahanmatematikasiswadikelasinklusifhanyadigunakangurupadalangkahutamaperbaikandandigunakanguruketikamemperbaikikesalahanproseduraldansimbolik.Keempatgesturberperandalampenyederhanaanpenjelasanpadalangkahutamaperbaikanagarlebihmudahdipahamisiswadikelasinklusif.