Penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP / Indah Sulistyowati Rahayu
Main Author: | Rahayu, Indah Sulistyowati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/59488/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRahayuIndahSulistyowati.2014.PenggunaanPendekatanSaintifikUntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaPadaMateriPersamaanLinearSatuVariabelKelasVIISMP.TesisProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AbdurRahmanAsariM.Pd.M.A.(II)Dr.MakbulMuksarS.Pd.M.Si.KataKunciPendidikanSaintifikKeaktifanSiswaHasilBelajarPLSVPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganpendekatansaintifikyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswapadamateripersamaanlinearsatuvariabelkelasVIISMP.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengansubyekpenelitian32siswakelas7ASMPNegeri1TirtoyudoKabupatenMalangtahunajaran2014/2015.Hasilpenelitianmenunjukkanpeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswapadamateripersamaanlinearsatuvariabelkarenapadasaatkegiatanpembelajarangurumengacupadalimalangkahpembelajarandalampendekatansaintifikyangtelahdirencanakandemikianpulasiswadalammelaksanakankegiatanpembelajaranmengikutipolayangditetapkanguru.Limalangkahpembelajarandalampendekatansaintifikmencakup(1)MengamatigurumenyajikandialogyangberisicontohkalimattertutupdankalimatterbukacontohvariabeldanbukanvariabelcontohpersamaanyangmerupakanPLSVdanbukanPLSVsertalangkah-langkahmembuatmodelmatematikadarisuatusoalceritasertaprosedurpenyelesaiannyamelaluitampilanpowerpointdisertaidenganintonasisuaradangesturesertaberadadidepansiswa(2)Menanyagurumemberikanwaktubagisiswauntukberpikirtentangapayangmerekaamatimemberibantuandenganpertanyaan-pertanyaanyangmenimbulkanpertanyaanbagisiswaatautugasyangmemintasiswamembuatpertanyaandenganmemuatkatayangtelahditentukan.(3)Menggaliinformasigurumemberikantugasyangmembimbingsiswauntukmengumpulkaninformasi(4)Mengasosiasigurumembimbingsiswadenganmemberikanscaffoldingkepadasiswasepertimemintasiswamembuattabel/grafikmencoba-cobauntukdapatmengaitkaninformasiyangsehinggabisadibuatkesimpulan(5)Mengomunikasikangurumemantaujalannyadiskusikelas(melihatdanmendengarkanide/pendapatyangsiswasampaikan)danmembimbingsiswauntukmendapatkanjawabansertakesimpulanyangtepat.Berdasarkanpenelitianinipenelitimemberikansaran(1)Guruharusmenyediakanwaktumengecekdanmemperbaikikemampuanprasyaratsiswaagarprosespembelajarandapatberjalansesuaidenganyangdirencanakan(2)Dukunganmotivasidanbimbingan(scaffolding)gurumasihdiperlukanpadasetiaptahapanpembelajarandenganpendekatansaintifik(3)Selainmemahamidanmenguasaimaterigurujugaharusmemperhatikankomunikasinon-verbalmerekasepertinadasuaragerakantubuhkontakmataekspresiwajahataujarakspasial(4)Pembelajarandenganpendekatansaintifiktidakcukupdilaksanakansatuatauduakalipertemuan.