Penggunaan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel kelas VII SMP / Indah Sulistyowati Rahayu

Main Author: Rahayu, Indah Sulistyowati
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/59488/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahayuIndahSulistyowati.2014.PenggunaanPendekatanSaintifikUntukMeningkatkanKeaktifandanHasilBelajarSiswaPadaMateriPersamaanLinearSatuVariabelKelasVIISMP.TesisProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AbdurRahmanAsariM.Pd.M.A.(II)Dr.MakbulMuksarS.Pd.M.Si.KataKunciPendidikanSaintifikKeaktifanSiswaHasilBelajarPLSVPenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanpembelajarandenganpendekatansaintifikyangdapatmeningkatkankeaktifandanhasilbelajarsiswapadamateripersamaanlinearsatuvariabelkelasVIISMP.Metodepenelitianyangdigunakanadalahpenelitiantindakankelasdengansubyekpenelitian32siswakelas7ASMPNegeri1TirtoyudoKabupatenMalangtahunajaran2014/2015.Hasilpenelitianmenunjukkanpeningkatankeaktifandanhasilbelajarsiswapadamateripersamaanlinearsatuvariabelkarenapadasaatkegiatanpembelajarangurumengacupadalimalangkahpembelajarandalampendekatansaintifikyangtelahdirencanakandemikianpulasiswadalammelaksanakankegiatanpembelajaranmengikutipolayangditetapkanguru.Limalangkahpembelajarandalampendekatansaintifikmencakup(1)MengamatigurumenyajikandialogyangberisicontohkalimattertutupdankalimatterbukacontohvariabeldanbukanvariabelcontohpersamaanyangmerupakanPLSVdanbukanPLSVsertalangkah-langkahmembuatmodelmatematikadarisuatusoalceritasertaprosedurpenyelesaiannyamelaluitampilanpowerpointdisertaidenganintonasisuaradangesturesertaberadadidepansiswa(2)Menanyagurumemberikanwaktubagisiswauntukberpikirtentangapayangmerekaamatimemberibantuandenganpertanyaan-pertanyaanyangmenimbulkanpertanyaanbagisiswaatautugasyangmemintasiswamembuatpertanyaandenganmemuatkatayangtelahditentukan.(3)Menggaliinformasigurumemberikantugasyangmembimbingsiswauntukmengumpulkaninformasi(4)Mengasosiasigurumembimbingsiswadenganmemberikanscaffoldingkepadasiswasepertimemintasiswamembuattabel/grafikmencoba-cobauntukdapatmengaitkaninformasiyangsehinggabisadibuatkesimpulan(5)Mengomunikasikangurumemantaujalannyadiskusikelas(melihatdanmendengarkanide/pendapatyangsiswasampaikan)danmembimbingsiswauntukmendapatkanjawabansertakesimpulanyangtepat.Berdasarkanpenelitianinipenelitimemberikansaran(1)Guruharusmenyediakanwaktumengecekdanmemperbaikikemampuanprasyaratsiswaagarprosespembelajarandapatberjalansesuaidenganyangdirencanakan(2)Dukunganmotivasidanbimbingan(scaffolding)gurumasihdiperlukanpadasetiaptahapanpembelajarandenganpendekatansaintifik(3)Selainmemahamidanmenguasaimaterigurujugaharusmemperhatikankomunikasinon-verbalmerekasepertinadasuaragerakantubuhkontakmataekspresiwajahataujarakspasial(4)Pembelajarandenganpendekatansaintifiktidakcukupdilaksanakansatuatauduakalipertemuan.