Proses berpiikir kreatif siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tahapan Wallas ditinjau dari adversity quotient (AQ) / Muzani Lastri

Main Author: Lastri, Muzani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/59485/
Daftar Isi:
  • LastriMuzani.2015.ProsesBerpikirKreatifSiswaSMPdalamMemecahkanMasalahMatematikaBerdasarkanTahapanWallasditinjaudariAdversityQuatient(AQ).TesisProgramStudiPendidikanMatematikaProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EdyBambangIrawanM.Pddan(II)Dra.SantiIrawatiS.SiPh.D.KataKunciProsesBerpikirKreatifTahapanWallasAdversityQuotient(AQ).122881228812288Prosesberpikirkreatifmerupakangambarannyatadalammenjelaskanbagaimanakreativitasterjadi.Denganberpikirkreatifsiswadapatmengembangkanpotensidirinyasertadapatmemandangsuatumasalahdariberbagaiperspektif.TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikanprosesberpikirkreatifsiswaSMPdalammemecahkanmasalahmatematikaberdasarkantahapanWallasditinjaudariAdversityQuotient(AQ)siswa.122881228812288PenelitianinidilakukandikelasVIISMPNegeri2Malang.Subjekdalampenelitianinisebanyak6siswayangdiambildarisiswakelasVIIAdanVIIJ.Subjekpenelitianditentukanmelaluipurposivesampling.Subjekyangdiambiluntukpenelitianiniadalah2siswauntuksetiapkategoriAQ(climbercamperquitter).Kriteriaberpikirkreatifpadapenelitianinimengacupadaaspekfluency(kefasihan)flexibility(fleksibilitas)dannovelty(Kebaruan).SedangkanprosesberpikirkreatifpadapenelitianinimengacupadateoriWallasyaitupreparation(persiapan)incubation(inkubasi)illumination(iluminasi)danverification(verifikasi).122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehsiswaclimbercenderungmampumemenuhiaspekfluencyfleksibilitydannovelty.Siswacampercenderunghanyamampumemenuhiaspekfluencytetapisiswacamperjugamampumenunjukkansedikitinisiatifdanmemenuhiaspekfluencyfleksibilitydannovelty.sedangkansiswaquitterhanyamampumemenuhiaspekfluencyatautidaksamasekali.122881228812288Prosesberpikirkreatifsiswadalammemecahkanmasalahmatematikapadatahappersiapansiswaclimbercenderungmampumemahamimasalahdenganbaiksedangkansiswacamperdanquittercenderungkurangmampumemahamimasalahdenganbaikdancenderunghanyamampumemahamimasalahsebataspadaapayangterteradalamsoal.Padatahapinkubasisiswaclimbercamperdanquittermelakukanaktivitasmerenung.Padatahapiluminasisiswaclimbercamperdanquittermenemukanideuntukmenyelesaikanmasalah.Padatahapverifikasisiswaclimbercenderungmampumenemukancaralainuntukmenyelesaikanmasalahsiswacampercenderungmampumemberikansolusilaindaripenyelesaiannyaataumaumencobauntukmencarisolusilainmeskipunpadaakhirnyasiswacenderungmenyerah.Sedangkansiswaquittertidakmampumemberikancaralaindalammenyelesaikanmasalahdanketikadimintauntukmencaricaraataujawabanlainsiswacenderungtidakmaumencobadenganalasansulitataubelumtahudanmenyerah.