Penerapan model Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII H SMP Negeri 11 Malang / Tafsillatul Mufida Asriningsih

Main Author: Asriningsih, Tafsillatul Mufida
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/59445/
Daftar Isi:
  • AsriningsihTafsillatulMufida.2014.PenerapanModelThink-Pair-Share(TPS)untukMeningkatkanKeefektifanPembelajaranMatematikapadaSiswaKelasVIIIHSMPNegeri11Malang.TesisProgramStudiPendidikanMatematikaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.IpungYuwonoM.SM.Sc(2)Dr.SriMulyatiM.Pd.KataKunciThink-Pair-ShareKeefektifanPembelajaranMatematika12288122881228812288PenelitimelakukanwawancaradanobservasitentangpembelajaranmatematikadikelasVIIIHSMPN11Malang.Teramatibahwalangkah-langkahpembelajaranyangdilakukanadalahgurumenyampaikanmaterisiswamencatatpenjelasangurusetelahitusiswamengerjakansoal.Siswabiasanyaramaisaatpembelajaranberlangsungsehinggaguruharusterus-menerusmemperingatkansiswaagarmemperhatikanpembelajaran.Perilakusiswamengakibatkanprosespembelajaranterhambatdanpembelajaranmenghabiskanwaktulebihbanyakdaripadayangdirencanakan.MenurutgurumatematikahasilbelajarsiswadikelasVIIIHrendah.HasilUlanganTengahSemesterGasal2013/2014padamatapelajaranmatematikamenunjukkanbahwasebanyak46%mencapaiKriteriaKetuntasanMinimaldan54%tidakmencapaiKriteriaKetuntasanMinimal.12288122881228812288GurumatematikadikelasVIIImenyatakanbahwasiswamengalamikesulitanmempelajarimateriSistemPersamaanLinearDuaVariabel(SPLDV).KesulitantersebutmenunjukkanbahwapenguasaansiswaterhadapmateriSPLDVbelummaksimal.HalinididukungolehrendahnyapersentasepenguasaanmateriSPLDVpadaUjianNasionalSMP/MTsTahun2012/2013dikotaMalangyaitusebanyak6547%(BSNP2013).12288122881228812288BerdasarkankondisipembelajaranyangtelahdiuraikanpermasalahandikelasVIIIHadalahpembelajaranmatematikatidakefektif.UpayauntukmengatasimasalahtersebutyaitumenerapkanpembelajaranThink-Pair-Share(TPS).SecarakhususpenelitianinidilaksanakanpadamateriSPLDV.12288122881228812288Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.SubjekpenelitianadalahsiswakelasVIIIHSMPN11Malangsebanyak38siswa.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanmodelTPSyangdapatmeningkatkankeefektifanpembelajaranmatematikapadasiswakelasVIIIHSMPNegeri11Malang.12288122881228812288PembelajaranTPSpadamateriSPLDVdikatakanefektifjikamemenuhikriteriaaktivitassiswabaikkemampuangurumengelolapembelajaranbaikresponsiswapositifdanhasiltessiswabaik.HasildaripenelitianiniadalahpembelajaranTPSpadamateriSPLDVdinyatakantidakefektifkarenakriteriakeefektifanpembelajaran(khususnyahasiltes)tidakterpenuhi.12288122881228812288PembelajaranTPSyangditerapkansebagaiberikut.KegiatanpadatahapThinkyaitu(1)gurumemberikanpermasalahantentangSPLDV(berupaLKSIndividu)(2)gurumemintasiswamengerjakanpermasalahandalamLKS(3)gurumendatangisiswasatu-persatuuntukmemberikanbantuankepadasiswayangmengalamikesulitanmengerjakanLKSIndividubantuandiberikandengancaramengajukanpertanyaanpancinganagarsiswadapatmenemukanjawabanLKSdan(4)gurumemintasiswamengumpulkanLKSIndividu.12288122881228812288KegiatanpadatahapPairyaitu(1)gurumembagisiswakedalampasangan-pasangankelompokbelajarsetiappasanganterdiridarisiswadengankemampuanyangheterogen(2)gurumemberikanpermasalahantentangSPLDV(berupaLKSKelompok)kepadasetiappasangansiswa(3)gurumemintasiswamendiskusikanLKSsecaraberpasangan(4)gurumendatangisetiapkelompoksiswauntukmemberikanbantuankepadakelompokyangmengalamikesulitanmengerjakanLKSIndividubantuandiberikandengancaramengajukanpertanyaanpancinganagarsiswadapatmenemukanjawabanLKS(5)gurumemintasetiapsiswamenaggapipertanyaanpasangannyadalamdiskusikelompokdan(6)gurumemintasiswamengumpulkanLKSKelompok.12288122881228812288KegiatanpadatahapShareyaitu(1)gurumemilihbeberapakelompokuntukmempresentasikanhasildiskusinya(2)gurumemintakelompoklainmemberikantanggapanterhadapjawabanyangdipresentasikantanggapandarikelompoklainberupamenyampaikanapakahjawabanyangdipresentasikanbenaratausalahkelompoklainjugadimintamenyampaikanpendapatapabilajawabannyaberbedadenganjawabanyangdipresentasikandan(3)gurumengkonfirmasikebenaranjawabansiswa.12288122881228812288IndikatoryangmemenuhikeefektifanpembelajaranTPSpadamateriSPLDVadalahaktivitassiswakemampuangurumengelolapembelajarandanresponsiswa.Sedangkanindikatoryangtidakmemenuhikeefektifanpembelajaranadalahhasiltessiswa.AktivitassiswapadasiklusIadalahtidakbaikdanpadasiklusIIadalahbaik.Sehinggaaktivitassiswamengalamipeningkatan.KemampuangurumengelolapembelajaranTPSpadasiklusIdansiklusIIadalahbaik.ResponsiswaterhadappembelajaranTPSadalahpositif.Peningkatannilaitesditunjukkandenganrata-ratanilaitessecaraklasikalpadasiklusIadalah7584danpadasiklusIIadalah7761.PersentasesiswayangmencapaiKKMpadasiklusIadalah66%danpadasiklusIIadalah68%.PersentasesiswayangmencapaiKKMpadakeduasikluskurangdari80%.Sehinggahasiltessiswaadalahtidakbaik.DengandemikianpembelajaranTPSpadamateriSPLDVdinyatakanbelumefektif.12288122881228812288BerdasarkanhasilpenelitianpenelitimenyarankansebaiknyadilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaipembelajaranTPSyangdapatmeningkatkankeefektifanpembelajaranmatematika(khususnyapadakriteriahasiltes).