Pembelajaran jigsaw berbasis problem posing untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang / Ibnu Taufiq

Main Author: Taufiq, Ibnu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/59421/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTaufiqIbnu2009PembelajaranJigsawBerbasisProblemPosinguntukMeningkatkanKeterampilanMenyelesaikanSoalCeritaOperasiHitungBilanganBulatSiswaSDIslamSabilillahMalangTesisProgramStudiPendidikanMatematika-SDProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.Drs.GatotMuhsetyoM.Sc.(II)Drs.H.M.SohibulKahfiM.Pd.KataKunciKooperatifJigsawproblemposingsoalceritaoperasihitungbilanganbulatKesulitansiswadalammenyelesaikansoalceritaoperasihitungcmpuranbilanganbulatdiSekolahDasardisebabkanolehbeberapafaktor.Salahsatunyaadalahbentukpembelajaranyangditerapkandisekolahmasihkonvensional.Gurulebihbanyakmendominasikegiatanbelajarmengajar.Siswahanyamendengarmemperhatikancontohyangdiberikangurukemudianmengerjakanlatihansoal.Bentukpembelajaransepertiinikurangmemberikesempatankepadasiswauntukmengkonstruksendiripengetahuannyaakibatnyasiswahanyabekerjasecaraprosedural.Siswatidakdiberikesempatanuntukmembuatsendiripenyelesaiansoalceritaoperasihitungcampuranbilanganbulatsehinggaapabilasiswadihadapkanpadasoalceritadalambentukyanglainmakasiswamengalamikesulitandalammenyelesaikannya.Untukmengatasikesulitansiswatersebutperludiciptakanstrategipembelajaranyangmemungkinkansiswaberpartisipasiaktifsekaligusmemudahkansiswadalammemahamimasalahdalamsoalceritayaitudenganstrategijigsawberbasisproblemposing.Pembelajaranjigsawberbasisproblemposingdalampenelitianiniadalahstrategipembelajaranyangmemberikankesempatankepadasiswaagaraktifdansalingmembantudalamdiskusikelompokdengancaramerumuskanulangsoalceritamenjadiduasoalceritayanglebihsederhana.TujuanpenelitianadalahmendeskripsikanpembelajaranjigsawberbasisproblemposingyangdapatmeningkatkanketerampilansiswadalammenyelesaikansoalceritaoperasihitungbilanganbulatSiswakelasVCSDIslamSabilillahMalang.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas(PTK).Datapenelitiandiperolehdarihasilteshasilwawancaraobservasidancatatanlapangan.Pelaksanaanpembelajaranjigsawberbasisproblemposingdilakukandengan3tahapyaitu(1)kegiatanawalmenyampaikantujuanpembelajaransoalceritamemotivasisiswamenjelaskanaturanjigsawberbasisproblemposingmenggalipengetahuanawalsiswatentangoperasibilanganbulat(2)kegiatanintimembentukkelompokasalmerumuskanulangsoalceritautamamenjadiduasoalceritayanglebihsederhanamembentukkelompokahlimencarilangkah-langkahpenyelesaianduasoalceritadenganberdiskusikembalikekelompokasalpenjelasanpenyelesaianduasoalceritakepadaanggotakelompokdanpresentasikelompok(3)kegiatanakhirmelakukanevaluasidenganmemberikantesakhiryangdikerjakansecaraindividu.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)keterampilansiswadalammenyelesaikansoalceritaoperasihitungcampuranbilanganbulatdenganstrategijigsawberbasisproblemposingmenunjukkanadanyapeningkatandaritindakanIketindakanIIpada(a)skorrata-ratatesakhirdari8067menjadi9467(b)rata-ratapersentasesiswayangmendapatskor880576dari7834%menjadi9333%(c)rata-rataskortesakhirsubyekpenelitiandari825menjadi90(d)persentaseaktivitaspenelitidari875%menjadi955%(e)persentaseaktivitasbelajarsiswadari8973%menjadi9610%(2)merumuskanulangsoalceritautamamenjadiduasoalceritayanglebihsederhanaternyatadapatmemudahkansiswadalammemahamimasalahyangadadalamsoalceritasehinggamemudahkansiswadalammenyelesaikansoalceritaoperasihitungbilanganbulat(3)ternyataterjadikerjasamayangbaikdalamkelompokyangsiswanyaheterogendarisisikemampuandalamhal(a)merumuskanulangsoalutamamenjadiduasoalyanglebihsederhana(b)mencarilangkah-langkahdalammenyelesaikanduasoalcerita(c)memberikanpenjelasanpenyelesaiansoalceritakepadaanggotakelompoknya.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankankepadagurumatematika(1)untukmenjadikanpembelajaranjigsawberbasisproblemposingsebagaialternatifstrategipembelajaransoalcerita(2)apabilainginmenerapkanpembelajaranjigsawberbasisproblemposingterutamapadasaatdiskusidikelompokahlidanpenjelelasanmateridikelompokasalagarmenggunakanwaktuyanglebihlamasehinggapelaksaandiskusidanpenjelasanmateridapatberlangsungdenganbaik(3)dalamkegiatanpembelajaranagarseringmenggunakankegiatanbelajarkelompokyangheterogensehinggadiharapkandapatterjadiinteraksisosialantarsiswadanmunculnyatutorsebaya(4)dalampembelajaransoalceritayangmemuatbeberapaoperasidisarankanuntukmerumuskanulangsoalceritamenjadiduasoalceritayanglebihsederhanasehinggamemudahkansiswadalammemahamisoalcerita.