Takhtith at-ta'lim wa-tanfidzuhu ladai tholabah qismi al-adabi al-Araby kulliyati al-adabi bi jami'ah Malang al-hukumiyah fi 'amaliyah ta'limiyah midaniyah / Faizah Rochmah

Main Author: Rochmah, Faizah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/59409/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRochmahFaizah.2016.PerencanaandanPelaksanaanPembelajaranBahasaArabMahasiswaProgramStudiPendidikanBahasaArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalangdalamKajianPraktikLapangan(KPL).TesisProgramStudiKeguruanBahasaArabPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.ImamAsroriM.Pddan(2)Dr.NurHidayatiM.Pd.KatakunciPerencanaanpelaksanaanpembelajaranKajianPraktikLapanganHinggasaatiniguruadalahkomponenterpentingdalampembelajarankarenaituguruharusmemilikikompetensiyangkomprehensifdibidangpendidikan.Perguruantinggimemilikiperananyangkursialdalammembentukguruyangprofesional.Disiniperguruantinggidituntutuntukmeresponberbagaiperubahandanmenjawabmasalahpendidikanyangberanekaragam.SalahsatuperguruantinggipendidikanyangikutandildalampenyiapanguruprofesionaldibidangpembelajaranbahasaArabadalahUniversitasNegeriMalang.KatalogUniversitasNegeriMalangedisi2009menyebutkanbahwamahasiswaharusmengikutikegiatanperkuliahanyangmencakupduakurikulumkurikulumintidaninstitusional.SalahsatumatakuliahwajibdalamkurikulumintiadalahPraktikPengalamanLapanganyangkemudiandirubahmenjadiKajianPraktikLapangan(KPL).TujuanpenelitianiniadalahmendeskripsikankeadaanperencanaaandanpelaksanaanpembelajaranBahasaArabmahasiswaprogramstudiPendidikanBahasaArabFakultasSastraUniversitasNegeriMalangdiSMAN8MalangdanMAN3MalangpadaKajianPraktikLapangan(KPL).Rancanganpenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahrancangandesriptifkualitataifdenganberorientasipadateoripendekatanfenomenologi.Kedudukanpenelitidalampenelitianiniadalahsebagaiinstrumentutamadalampengumpulandata.Olehkarenaitupenilitiaktifhadirdisekolahyangditeliti.Dalampenelitianinipenelitimelakukankegiatanmengumpulkandatamenganalisisdanmelaporkan.Penelitijugamenggunakaninstrumenpendukungyaknipanduanwawancarapanduanobservasidanpanduananalisiskonten.Sumberinformasiataudatadalampenelitianiniadalahinformandandokumen.Informandalampenelitianiniadalah(1)MahasiswaPBAFSUMdiSMAN8MalangdanMAN3Malang(2)WAKAKurikulum(3)Gurupamongdan(4)Siswa.DokumendisiniadalahRPPBahasaArabyangdibuatolehmahasiswaProgramStudiBahasaArabFakultasSastrauniversitasNegeriMalangdalamkegiatanlessonstudy.HasilpenelitianiniadalahsebagaibrikutPelajaranbahasaArabdiSMAN8Malangtermasukpelajaranpilihan.WaktuyangtersediauntukpelaksanaanpembelajaranbahasaArab2jampelajarandalamseminggu.Adapunsiswakelas12sibukdenganpersiapanujianakhirdaujianNegara.HaltersebutmengakibatkansedikitnyawaktumengajarpelajaranbahasaArabuntukmahasiswaKPLPBAFSUM.NamunhaltersebutmembuatmahasiswaKPLPBAFSUMmemilikiwaktuyangbanyakuntukpersiapansebelummengajar.PelajaranbahasaArabdiMAN3Malangtermasukpelajaranwajib.Seluruhsiswadarielas10sampai12mempelajaribahasaArab4jampelajarandalamseminggu.Namuhaltersebttidakmembuatbertmbahnyasemangatmahasisadalammeningkatkankualitasmngajar.RPPmahasiswaKPLPBAFSUMdiSMAN8MalangdanMAN3Malangsudahmemenuhikriteriapenulisanidentitaspelajaranyanglengkapdanmampumemilihmediapembelajaranyangmembantumemudahkanpemahansiswadanmudadalampenerapan.NamunpemilihanKDmasihtidaksesuaidenganstandarisi.HaltersebutmengakibatkanbeberapamasalahkarenadalamperumusanindikatorpemilihanmateripembelajaranperumusankegiatanpembelajarandanpenilaianmembutuhkanmerujukpadaKDyangtepat.Perumusanindikatorjugabelumsesuaidenganstandarkejelasanindikator.HaltersebutdikarenakansiswamasihbelummemahamicaramenjabarkanKDkedalamindikatordenganmenggunakankatakerjaoperasional.PadakegiatanpembukadankegiatanintidalampelaksanaanpembelajaranmahasiswaKPLPBAFSUMdiSMAN8MalangdanMAN3Malangtelahmenggunakanmetodedanmediayangberfariasi.Namunkurangnyasemangatdalammenggunakanmetodedanmediayangmenarikhatisiswamengakibatkansiswakurangaktifdalamkegiatanpembelajaran.persiapansebelumpelaksanaanpembelajaranmenyebabkantidakadanyakegiatanmengaitkanmateridenganperkembanganIPTEKdantidaksiapdalammelakukanpenilaiandikegiatanpenutup.