Implementasi pendidikan karakter melalui program sekolah di SDN Lesanpuro 3 Malang / Merinta Diah Purwaningrum
Main Author: | Purwaningrum, Merinta Diah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5937/ |
Daftar Isi:
- PurwaningrumMerintaDiah.2015.ImplementasiPendidikanKarakterMelaluiProgramSekolahdiSDNLesanpuro3Malang.SkripsiProdiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.H.SutarnoM.Pd(2)Drs.M.ImronRosyadiSYS.Pd.MPd.KataKunciPendidikanKarakterProgramSekolahKegiatanEkstrakurikulerdanKegiatanRutinSholatDhuhaSholatDhuhurJumatBersih.1228812288122881228812288LatarbelakangpenelitianyaitudiSDNLesanpuro3Malangterdapatprogramsekolahberupakegiatanekstrakurikulerdankegiatanrutin.Pendidikankarakteradalahsuatuupayadalammenanamkannilai-nilaikarakteryangdiinginkanpadapesertadidikmelaluiprogramsekolah.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)implementasipendidikankaraktermelaluiprogramsekolah(2)nilaikarakteryangtampakpadasiswamelaluiprogramsekolah.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenisdeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiwawancaradandokumentasi.Pengecekankeabsahandatadalampenelitianinimenggunakanketekunanpengamatantriangulasikecukupanbahanreferensidanpengecekananggota.1228812288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaimplementasipendidikankarakterdilaksanakanmelaluiprogramsekolahsesuaidengankarakteryangakanditanamkan.Karakteryangtampakpadadirisiswamelaluiprogramsekolahantaralainreligiusjujurtoleransidisiplindemokratiskerjakeraskreatifmandirirasaingintahubersahabatpedulilingkungandantanggungjawab.Datayangterkumpulsebelumnyatelahdicekkeabsahandatanyamenggunakantriangulasi.Selanjutnyaintipembahasanyaituhasilpenelitiandibandingkandenganteoriyangada.12288122881228812288KesimpulanpenelitianinibahwakegiatanekstrakurikuleryangdiselenggarakanolehSDNLesanpuro3MalangmeliputiekstrakurikulerpramukadrumbandqiroatbacapuisipidatodanpantomimsertakegiatanrutinsholatDhuhasholatDhuhurdanJumatbersihyangrelevandenganteori.Beberapanilaikarakteryangtampakpadadirisiswaantaralainreligiusjujurtoleransidisiplindemokratiskerjakeraskreatifmandirirasaingintahubersahabatpedulilingkungandantanggungjawab.Saranyangdapatdiberikanantaralainberkaitandenganpendidikankarakterhendaknyaguruharusmelakukanpengecekansecaraintensifmengenainilai-nilaikarakteryangditanamkanpadasiswa.Sekolahhendaknyadapatmembuatprogramsekolahlainnyauntukkarakteryangbelumnampakpadasiswaseperticintatanahairgemarmembacapedulisosialsemangatkebangsaancintadamaidanmenghargaiprestasi.