Implementasi pendidikan karakter melalui program sekolah di SDN Lesanpuro 3 Malang / Merinta Diah Purwaningrum

Main Author: Purwaningrum, Merinta Diah
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/5937/
Daftar Isi:
  • PurwaningrumMerintaDiah.2015.ImplementasiPendidikanKarakterMelaluiProgramSekolahdiSDNLesanpuro3Malang.SkripsiProdiPendidikanGuruSekolahDasarJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Drs.H.SutarnoM.Pd(2)Drs.M.ImronRosyadiSYS.Pd.MPd.KataKunciPendidikanKarakterProgramSekolahKegiatanEkstrakurikulerdanKegiatanRutinSholatDhuhaSholatDhuhurJumatBersih.1228812288122881228812288LatarbelakangpenelitianyaitudiSDNLesanpuro3Malangterdapatprogramsekolahberupakegiatanekstrakurikulerdankegiatanrutin.Pendidikankarakteradalahsuatuupayadalammenanamkannilai-nilaikarakteryangdiinginkanpadapesertadidikmelaluiprogramsekolah.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan(1)implementasipendidikankaraktermelaluiprogramsekolah(2)nilaikarakteryangtampakpadasiswamelaluiprogramsekolah.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanjenisdeskriptifkualitatif.Teknikpengumpulandatayangdigunakanyaituobservasiwawancaradandokumentasi.Pengecekankeabsahandatadalampenelitianinimenggunakanketekunanpengamatantriangulasikecukupanbahanreferensidanpengecekananggota.1228812288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaimplementasipendidikankarakterdilaksanakanmelaluiprogramsekolahsesuaidengankarakteryangakanditanamkan.Karakteryangtampakpadadirisiswamelaluiprogramsekolahantaralainreligiusjujurtoleransidisiplindemokratiskerjakeraskreatifmandirirasaingintahubersahabatpedulilingkungandantanggungjawab.Datayangterkumpulsebelumnyatelahdicekkeabsahandatanyamenggunakantriangulasi.Selanjutnyaintipembahasanyaituhasilpenelitiandibandingkandenganteoriyangada.12288122881228812288KesimpulanpenelitianinibahwakegiatanekstrakurikuleryangdiselenggarakanolehSDNLesanpuro3MalangmeliputiekstrakurikulerpramukadrumbandqiroatbacapuisipidatodanpantomimsertakegiatanrutinsholatDhuhasholatDhuhurdanJumatbersihyangrelevandenganteori.Beberapanilaikarakteryangtampakpadadirisiswaantaralainreligiusjujurtoleransidisiplindemokratiskerjakeraskreatifmandirirasaingintahubersahabatpedulilingkungandantanggungjawab.Saranyangdapatdiberikanantaralainberkaitandenganpendidikankarakterhendaknyaguruharusmelakukanpengecekansecaraintensifmengenainilai-nilaikarakteryangditanamkanpadasiswa.Sekolahhendaknyadapatmembuatprogramsekolahlainnyauntukkarakteryangbelumnampakpadasiswaseperticintatanahairgemarmembacapedulisosialsemangatkebangsaancintadamaidanmenghargaiprestasi.