Attitudes of students toward the learning of English: a cross-sectional study in Senior High Schools in Bima / Agus Dermawan

Main Author: Dermawan, Agus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/58929/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDermawanAgus.2017.SikapSiswaTerhadapPembelajaranBahasaInggrisSebuahPenelitianCrossSectionalpadaSekolahMenengahAtasdiBima.TesisProgramStudiPendidikanBahasaInggrisProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.BambangYudiCahyonoM.Pd.M.A.Ph.D.(II)Dr.EnnyIrawatiM.Pd.KataKuncisikapsiswapembelajaranbahasaInggris.SejalandenganstatusbahasaInggrissebagaisalahsatubahasainternasionaldanperanpentingnyadalambanyakaspekkehidupanmakadipertimbangkanbahasaInggriswajibdiajarkanditingkatpendidikantertentu.DiIndonesiabahasaInggrismenjadimatapelajaranwajibyangdiajarkanpadaSekolahMenengahAtas.Salahsatufaktoryangmempengaruipembelajaranbahasaadalahsikap.Sikapdinyatakanmemilikiperankrusialdalampengaruhnyamenentukankesuksesanataukegagalansiswa.Disampingitusikapterhadappembelajaranbahasadiyakinimempunyaipengaruhyangnyataterhadapperilakusiswadanberakibatpadakinerjamereka.BilasiswamemilikisikappositifterhadappembelajaranbahasaInggrismerekacederungmemilikitindakanpositifterhadapnya.SayangnyatidaksemuasiswamemilikisikapyangpositifterhadappembelajaranbahasaInggris.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuisikapsiswaterhadappembelajaranbahasaInggrisdiSekolahMenengahAtasdiBima.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiansurvei.Iniadalahprosedurdalampenelitiankuantitatifdimanapenelitimelakukansurveyterhadapsampel.Desainsurveiyangdigunakandalampenelitianiniadalahcross-sectional.PenelitianinidilakukandilimaSekolahMenengahAtasdiBima.Instrumenutamayangdigunakandalampenelitianiniadalahkuesioner.Kuesionerterdiridari3bagian.Setiapbagianadalahperwakilandaritigakomponensikapyangberbeda.Ada33poinkuesioneryangdisediakan.Kuesionertersebutdidistribusikanolehpenelitisendirikepadaresponden.Selainituwawancaradilakukanuntukmendukungdatayangdiperolehdarikuesioner.Totalrespondenyangberpartisipasidalampenelitianiniadalah248orang.MerekadiambildarikelassepuluhdansebelasdarilimaSekolahMenengahAtasyangberbeda.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamayoritassiswamemilikisikappositifterhadappembelajaranbahasaInggris.SepertinyamerekatahusekaligussadarakanpentingnyabahasaInggrisdankeuntunganyangakanmerekadapatkandenganmenguasaibahasaInggris.SiswayangmemilikisikappositifcenderungmelakukanbeberapaupayauntukmeningkatkankemampuanbahasaInggrismereka.PenelitianinihanyamenunjukkangambaransikapsiswayangdifokuskanpadaperbedaanjeniskelamindanpengaruhnyaterhadapsikapmerekaterhadappembelajaranbahasaInggris.OlehkarenaitudisarankanbagimerekayangtertarikuntukmelakukanpenelitiantentangtopikyangsamauntukmengurailebihluassikapsiswaterhadappembelajaranbahasaInggrisdenganmempertimbangkanfaktortertentusepertiperbedaandalamhalkelas.DenganmelakukanitupenelitiselanjutnyaakanmemilikipemahamanyangmenyeluruhuntukmengetahuigambaransikapsiswaterhadappembelajaranbahasaInggris.