Attitudes of students toward the learning of English: a cross-sectional study in Senior High Schools in Bima / Agus Dermawan
Main Author: | Dermawan, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58929/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKDermawanAgus.2017.SikapSiswaTerhadapPembelajaranBahasaInggrisSebuahPenelitianCrossSectionalpadaSekolahMenengahAtasdiBima.TesisProgramStudiPendidikanBahasaInggrisProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.BambangYudiCahyonoM.Pd.M.A.Ph.D.(II)Dr.EnnyIrawatiM.Pd.KataKuncisikapsiswapembelajaranbahasaInggris.SejalandenganstatusbahasaInggrissebagaisalahsatubahasainternasionaldanperanpentingnyadalambanyakaspekkehidupanmakadipertimbangkanbahasaInggriswajibdiajarkanditingkatpendidikantertentu.DiIndonesiabahasaInggrismenjadimatapelajaranwajibyangdiajarkanpadaSekolahMenengahAtas.Salahsatufaktoryangmempengaruipembelajaranbahasaadalahsikap.Sikapdinyatakanmemilikiperankrusialdalampengaruhnyamenentukankesuksesanataukegagalansiswa.Disampingitusikapterhadappembelajaranbahasadiyakinimempunyaipengaruhyangnyataterhadapperilakusiswadanberakibatpadakinerjamereka.BilasiswamemilikisikappositifterhadappembelajaranbahasaInggrismerekacederungmemilikitindakanpositifterhadapnya.SayangnyatidaksemuasiswamemilikisikapyangpositifterhadappembelajaranbahasaInggris.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuisikapsiswaterhadappembelajaranbahasaInggrisdiSekolahMenengahAtasdiBima.Penelitianinimenggunakandesainpenelitiansurvei.Iniadalahprosedurdalampenelitiankuantitatifdimanapenelitimelakukansurveyterhadapsampel.Desainsurveiyangdigunakandalampenelitianiniadalahcross-sectional.PenelitianinidilakukandilimaSekolahMenengahAtasdiBima.Instrumenutamayangdigunakandalampenelitianiniadalahkuesioner.Kuesionerterdiridari3bagian.Setiapbagianadalahperwakilandaritigakomponensikapyangberbeda.Ada33poinkuesioneryangdisediakan.Kuesionertersebutdidistribusikanolehpenelitisendirikepadaresponden.Selainituwawancaradilakukanuntukmendukungdatayangdiperolehdarikuesioner.Totalrespondenyangberpartisipasidalampenelitianiniadalah248orang.MerekadiambildarikelassepuluhdansebelasdarilimaSekolahMenengahAtasyangberbeda.HasilpenelitianinimenunjukkanbahwamayoritassiswamemilikisikappositifterhadappembelajaranbahasaInggris.SepertinyamerekatahusekaligussadarakanpentingnyabahasaInggrisdankeuntunganyangakanmerekadapatkandenganmenguasaibahasaInggris.SiswayangmemilikisikappositifcenderungmelakukanbeberapaupayauntukmeningkatkankemampuanbahasaInggrismereka.PenelitianinihanyamenunjukkangambaransikapsiswayangdifokuskanpadaperbedaanjeniskelamindanpengaruhnyaterhadapsikapmerekaterhadappembelajaranbahasaInggris.OlehkarenaitudisarankanbagimerekayangtertarikuntukmelakukanpenelitiantentangtopikyangsamauntukmengurailebihluassikapsiswaterhadappembelajaranbahasaInggrisdenganmempertimbangkanfaktortertentusepertiperbedaandalamhalkelas.DenganmelakukanitupenelitiselanjutnyaakanmemilikipemahamanyangmenyeluruhuntukmengetahuigambaransikapsiswaterhadappembelajaranbahasaInggris.