Implementing power strategy combined with the animated film to improve the ability of second year students of SMP Kartika Kendari in writing narrative / Muhari

Main Author: Muhari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/58880/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKMuhari.2017.PenerapanStrategiPOWERdenganMenggunakanFilmAnimasiuntukMeningkatkanKemampuanSiswaKelasDelapanSMPSKartikaKendaridalamMenulisNaratif.TesisPendidikanBahasaInggrisPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.UtamiWidiati.M.A.Ph.D(II)Dr.FuraidahM.A.KataKunciStrategiPOWERFilmAnimasiMenulisNaratifPenelitianinibertujuanuntukmeningkatkanmenulisnaratifsiswadenganmenerapkanstrategiPOWERmenggunakanfilmanimasipadakelasVIIIBSMPSKartikaKendaritahunajaran2016/2017.Berdasarkanhasilstudipendahuluanditemukanbahwakemampuanmenulissiswarendahpartisipasisiswadidalamkelasjugarendahsertastrategipengajaranyangdigunakanmasihmonoton.PenelitianinimenggunakandesainPenelitianTindakanKelasyangdilaksanakanpadakelasVIIIBSMPSKartikaKendariyangterdiridari35siswa.Penelitianinidilaksanakandalamduasiklusdimanasikluspertamaterdiridarienampertemuanlimapertemuanuntukperlakuandansatupertemuanuntukevaluasi.Sedangkanpadasikluskeduaterdiriatasempatpertemuantigapertemuanuntukperlakuandansatupertemuanuntukevaluasi.Penelitianinidilaksanakandenganempattahapanyaituperencanaan(planning)penerapan(implementing)mengamati(observing)danrefleksi(reflecting).Instrumenpenelitianmenggunakantesmenulishasilpengamatancatatanlapangandanangket.Ketercapaiandalampenelitianadalah75%siswadapatmencapaiKriteriaKetuntasanMinimaldansisanyadapatmencapaitingkatancukuppadakemampuanmenulisdanminimal80%siswamemilikiresponpositifselamapenerapanpembelajarandanpengajaranmelaluistrategiPOWERmenggunakanfilmanimasi.PenerapanstrategiPOWERmenggunakanfilmanimasiyangtelahmeningkatkankemampuanmenulisnaratifsiswadiSMPSKartikaKendaridilaksanakandenganlimalangkah-langkahberikutyaknipersiapan(preparing)organisasi(organizing)menulis(writing)edit(editing)danmenuliskembali(rewriting).Padatahappreparingmelibatkanbeberapakegiatanyaitu(1)Memintasiswauntukmenjawabdanmendiskusikankata-katasulit(2)Memintasiswauntukmengerjakantugasgrammaryangberhubungandengancirikebahasaanteksnaratif(3)Memberikanpertanyaanterbimbingyangberhubungandenganfilmanimasi(4)Memintasiswauntukmenontonfilmanimasi(5)Memintasiswauntukmenjawabpertanyaanterbimbingyangtelahdiberikan(6)Memintasiswauntukmengungkapkanpendapatdanmembuatdaftarkata-katapentingberdasarkanpertanyaanterbimbing.Padatahaporganizingmelibatkanbeberapakegiatanseperti(1)Memintasiswauntukmembuaturaianidepokokpadasetiapparagraf(2)Memintasiswauntukmengorganisiralurceritaberdasarkanfilmanimasi.Padatahapwritingsiswadimintauntukmenulisceritaberdasarkanpedomandancatatandaritahapanpreparingdanorganizing.Padatahapeditingmelibatkankegiatansepertimemintasiswauntuksecaraberpasangansalingmemeriksatulisanberdasarkanpedomanyangdiberikan.Sedangkanpadatahaprewritingmelibatkanbeberapakegiatanseperti(1)memintasiswauntukmenuliskankembaliceritaberdasarkankoreksidaripasanganmerekadanjugatanggapandariguru(2)Memintasiswauntukmengumpulkantulisanakhirmereka.Temuan-temuandalampenelitianinimenunjukkanbahwaadapeningkatankemampuanmenulisnaratifsiswamelaluipenerapanstrategiPOWERmenggunakanfilmanimasi.Hasilinidapatdilihatdariskorevaluasidarisikluspertamasampaisikluskedua.Halmenunjukkantargetpengajaranmenulisdicapaidenganhasilmemuaskan.Padastudipendahulaunpenelitimenemukanmasalah-masalahutamadalammenulissepertirendahnyakemampuanmenulispadakontenorganisasikosakatapengunaanbahasadanmekanik.Secaraumumskorrata-ratapadakelimaaspektersebutpadastudipendahuluanadalah58.47dengankategorirendahdanpadasikluspertamameningkatmenjadi70.74dengankategoricukupdanpadasikluskeduameningkatmenjadi80.20dengankategoribaik.Dikarenakanpadasikluskedua29siswaatau82.85%telahmencapaiKriteriaKetuntasanMinimumdansisanya6siswaatau17.15%beradapadatingkatancukupsertahasilprosesbelajardanmengajarmenunjukkan82.50%merespondenganpositifpenerapanstrategiinimakatargetpenelitianinitelahtercapai.SehinggadapatdisimpulkanbahwapenerapanstrategiPOWERmenggunakanfilmanimasitelahmeningkatkankemampuanmenulisnaratifsiswadantelahdapatmengatasimasalahpadaketerampilanmenulisdiSMPSKartikaKendari.Berdasarkantemuan-temuandalampenelitianiniguru-gurubahasaInggrisdisarankanuntukmenerapkanstrategiinisebagaisolusialternatifuntukmeningkatkankemampuansiswadalamketerampilanmenulisdanmediayangdigunakanharusdisesuaikandengantingkatandankebutuhansiswa.Bagipenelitiselanjutnyayangakanmelakukanpenelitianyangsamadisarankanuntukmenggunakanpenelitianinisebagaibahanpenelitianpadapenerapanstrategidiketerampilandantingkatanpendidikanyangberbeda.