Developing a prototype of supplementary multimedia-based listening materials for the seventh graders / Isna Rakhmawati
Main Author: | Rakhmawati, Isna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58814/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRakhmawatiIsna.2016.DevelopingaPrototypeofSupplementaryListeningMaterialsfortheSeventhGraders.TesisJurusanPendidikanBahasaInggrisPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EmaliaIragiliatiM.Pd(II)Dr.SriRachmajantiDip.TESLM.PdKataKunciMaterimultimediamendengarkankurikulum2013scientificmethodprototipePenelitianinibertujuanuntukmengembangkanprototipematerimultimediamendengarkansebagaimateritambahanuntuksiswakelasVIISMPyangnantinyadapatdigunakanuntukpembelajaranmandiripadasemesterkedua.MateriinidikembangkanberdasarkanhasilanalisasilabuspengajaranBahasaInggrispadaKurikulumBahasaInggris2013yangmenggunakanscientificmethoddalamlangkahpembelajaranmengamatiteksmenanyamengumpulkandatamenganalisadatamengkomunikasikanteksdanmenciptakan.Berdasarkanhasilanalisakebutuhanterdapatbeberapaalasanmengapapengembanganprototipemateriiniperludilakukanyaitu(1)bukupelajaranyangdigunakansiswatidakmemilikirekamanaudiopadamaterimendengarkanyangsesuaidenganKompetensiStandar3.94.103.104.12yaituteksinstruksidandeskripsidalambentukoraldan(2)siswamembutuhkanmateripembelajaranyangmenarikdandapatmemotivasimereka.PenelitianinimengadopsimodelpengembangandariGalldkk(2003)karenabeberapafaktoryaituketerbatasanwaktubiayakemudahanaksesuntukmelakukanpenelitiandenganlangkah-langkahmelakukananalisiskebutuhanperencanaanprodukdandesainpengembanganprodukvalidasiprodukdariahlirevisidanujicoba.DalampengembanganmateripenelitianinimengadopsiModelDelphidariKinneydanBruck(2009)yaitu(1)Pre-development(2)ProductDevelopmentdan(3)FinalProduct.SubjekdalamujicobaprodukadalahsiswakelastujuhSMPNegeri1Bangil.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesionersiswachecklistevaluasibukupedomanwawancaradaninstrumenvalidasiahli.ProdukakhirdaripenelitianiniberbentukmultimediadilengkapidenganCD/DVD.MaterilisteninginidikembangkandalambeberapaslidegridyaituHomeUserGuideProfiledanUnit.Unit1fokuspadateksinstruksi.Unit2fokuspadateksdeskripsi.Masing-masingunitmemilikiaktifitaslisteningyangberbedayangterbagisecarameratakedalamlangkahscientificmethod.Kuncijawabanjugatersediasehinggasiswadapatmelakukanpengecekansecaramandiri.HasildarivalidasiahlimenunjukkanbahwaisimaterisangatbagusdansesuaidenganKurikulum2013.Animasiyangadacukupmenarikdenganberbagaimacamlatihanmendengarkan.Menurutpendapatdarisiswadalamujicobaprodukkebanyakandarimereka(100%)menyukaitopikmateriyangdisajikan.Selainitumateriinijugadapatmemotivasisiswakarenatersediatampilannilaidanjugakuncijawaban.Produkinitelahberhasilmeningkatkanmotivasisiswauntukbelajarmendengarkandandiharapkanuntukmeningkatkannilaisiswautamanyadalampelajaranmendengar.8195