Meingkatkan hasil belajar IPA siswa melalui teknik quick on the draw di kelas V SDN Mandesan 01 Selopuro Kabupaten Blitar / Rizki Nindi Handayani
Main Author: | Handayani, Rizki Nindi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5881/ |
Daftar Isi:
- HandayaniRizkiNindi.2015.MeningkatkanHasilBelajarIPSSiswaMelaluiTeknikQuickOnTheDrawdiKelasVSDNMandesan01SelopuroKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SunyotoS.PdM.Si(II)Dra.SriMurdiyahM.Pd.KataKuncihasilbelajaripsteknikquickonthedrawBerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranIPSdikelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitarditemukanpermasalahanantaralainpembelajaranyangdilaksanakanolehgurubersifatkonvensio-nalmetodeyangdigunakangurukurangbervariasigurutidakmenggunakanmediapembelajaransiswatidakaktifdalammengikutipembelajaransertasiswakesulitanuntukmenuliskanrangkumansehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswatermasukkedalamkriteriasangatkurangdanbelummampumencapaiketuntasanklasikal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanteknikquickonthedrawpadapembelajaranIPSdikelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitardanmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitarmelaluiteknikquickonthedraw.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahobservasiteswawancaradokumentasidancatatanlapangan.Datadiperolehdariaktivitasgurudansiswasertahasilbelajarsiswasedangkaninstrumenpenelitiannyaberupalembarobservasidanlembartesevaluasi.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdeskriptifkualitatif.Penelitianiniterdiridariduasiklusmasing-masingterdiridariduapertemuan.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanteknikquickonthedrawpadapembelajaranIPSdapatberjalandenganbaikdandapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVdiSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitar.Halinidapatdibuktikandenganrata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakanyaitu59meningkatpadasiklusImenjadi72danmeningkatpadasiklusIImenjadi88.Ketuntasanbelajarsiswapadapratindakanyaitu36%meningkatpadasiklusImenjadi64%danmeningkatpadasiklusIImenjadi82%.Hasilbelajarsiswamengalamipeningkatanpadasetiapsiklus.DaridatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanteknikquickonthedrawdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitar.DengandemikiandapatdisarankanbagiguruuntukmenggunakanteknikquickonthedrawpadapembelajaranIPSsupayadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.