Meingkatkan hasil belajar IPA siswa melalui teknik quick on the draw di kelas V SDN Mandesan 01 Selopuro Kabupaten Blitar / Rizki Nindi Handayani

Main Author: Handayani, Rizki Nindi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/5881/
Daftar Isi:
  • HandayaniRizkiNindi.2015.MeningkatkanHasilBelajarIPSSiswaMelaluiTeknikQuickOnTheDrawdiKelasVSDNMandesan01SelopuroKabupatenBlitar.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPraSekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SunyotoS.PdM.Si(II)Dra.SriMurdiyahM.Pd.KataKuncihasilbelajaripsteknikquickonthedrawBerdasarkanhasilobservasiawalterhadappembelajaranIPSdikelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitarditemukanpermasalahanantaralainpembelajaranyangdilaksanakanolehgurubersifatkonvensio-nalmetodeyangdigunakangurukurangbervariasigurutidakmenggunakanmediapembelajaransiswatidakaktifdalammengikutipembelajaransertasiswakesulitanuntukmenuliskanrangkumansehinggamenyebabkanhasilbelajarsiswatermasukkedalamkriteriasangatkurangdanbelummampumencapaiketuntasanklasikal.PenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapanteknikquickonthedrawpadapembelajaranIPSdikelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitardanmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitarmelaluiteknikquickonthedraw.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatifdenganjenispenelitiantindakankelas.Teknikpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianiniadalahobservasiteswawancaradokumentasidancatatanlapangan.Datadiperolehdariaktivitasgurudansiswasertahasilbelajarsiswasedangkaninstrumenpenelitiannyaberupalembarobservasidanlembartesevaluasi.Teknikanalisisdatayangdigunakandalampenelitianiniadalahteknikanalisisdeskriptifkualitatif.Penelitianiniterdiridariduasiklusmasing-masingterdiridariduapertemuan.Tiapsiklusdilaksanakandengantahapanyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)pengamatandan(4)refleksi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwapenerapanteknikquickonthedrawpadapembelajaranIPSdapatberjalandenganbaikdandapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVdiSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitar.Halinidapatdibuktikandenganrata-ratahasilbelajarsiswapadapratindakanyaitu59meningkatpadasiklusImenjadi72danmeningkatpadasiklusIImenjadi88.Ketuntasanbelajarsiswapadapratindakanyaitu36%meningkatpadasiklusImenjadi64%danmeningkatpadasiklusIImenjadi82%.Hasilbelajarsiswamengalamipeningkatanpadasetiapsiklus.DaridatatersebutdapatdisimpulkanbahwapenerapanteknikquickonthedrawdapatmeningkatkanhasilbelajarIPSsiswakelasVSDNMandesan01KecamatanSelopuroKabupatenBlitar.DengandemikiandapatdisarankanbagiguruuntukmenggunakanteknikquickonthedrawpadapembelajaranIPSsupayadapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.