Increasing the vocabulary of the VII grade students of SMP Negeri 2 Kersana-Brebes using cartoon videos through scientific method / Ade Agil Santoso
Main Author: | Santoso, Ade Agil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58809/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSantosoAdeAgil.2016.MeningkatkanKosakataSiswaKelasVIISMPNegeri2Kersana-BrebesMenggunakanVideoKartunMelaluiMetodeSaintifik.TesisPendidikanBahasaInggrisProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.BambangYudiCahyonoPh.D.(II)Dr.JohannesAnantoPrayogoM.Pd.M.Ed.KataKunciKosakataVideoKartunMetodeSaintifik.PengajarankosakatapadatingkatSekolahMenengahPertama(SMP)khususnyakelasVIIharusdilakukandenganbaik.SayangnyaparagurubahasaInggrisdiSMPNegeri2Kersana-Brebestelahmelalaikannya.Faktainitercerminmelaluihasilteskosakatayangtidakmemuaskanpadapenelitianawalyangdilakukanolehpenelititerhadap36siswakelasVIIA.Inijelasbahwamasalahutamayangdihadapiparasiswadalammemahamiwacanaadalahkurangnyakosakata.Olehkarenaitupenelitimencobauntukmenyelidikikemungkinandaripenggunaanvideokartunmelaluimetodesaintifikuntukmeningkatkanprestasikosakataparasiswa.KeuntungandaripenggunaanvideokartundalampengajarankosakatabahasaInggrisadalahanak-anakmenikmatipembelajaranbahasadenganvideokartunvideokartunmerupakansebuahcaraefektifdalammempelajaribahasatubuhdananak-anakmenambahkepercayaandirimelaluipengulangan.PenelitianinimenggunakanPenelitianTidakanKelasKolaborasiyangmeliputiprosesmerencanakantindakanmelaksanakantindakanmengamatipenerapandanmerefleksihasilpenerapan.Subjekpenelitianiniadalah36siswakelasVIIASMPNegeri2Kersana-Brebestahunpelajaran2015/2016.Perangkatpenelitianyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaituteskosakatacatatanlapanganceklispengamatandankuesioner.MateriajaryangdigunakanmerujukpadasilabusKurikulum2013padasemesterkeduadantopikyangdibahasadalahJenis-jenisProfesiTempat-tempatBekerjadanTugasProfesibesertasimplepresenttensesebagaipengayaanmateri.Berdasarkanhasilteskosakatapadasiklus1menunjukkan36siswakelasVIIA(100%)berhasilmemenuhikriteriakeberhasilanbahkanlebih.Nilairata-ratamerekayaitu8766.Langkah-langkahdalamstrategipembelajaranmeliputi(1)mengamativideokartundanteksnya(2)melafalkankosakata(3)mencatatkosakataasingyangditemukanpadavideokartundankemudianmembahasnyabersama(4)menuliskosakataberdasarkanvideokartun(5)melengkapidialogdengankosakatayangtepatberdasarkanpotonganvideokartun(6)menyalinkalimat(7)membuatkalimatyanglaindenganmenggunakanpolayangsama(8)mempraktekkandialogmenggunakanvideokartuntanpasuaradantekssecaraberpasangan(9)membuatsebuahdialogsecaraindividu.Lebihdari30siswa(80%)memberitanggapanpositifsetelahpenerapanvideokartunmelaluimetodesaintifik.BerdasarkanhasilpenelitiandiatasinidianjurkanbahwavideokartundapatdigunakansebagaisebuahsolusiuntukpengajarankosakatabahasaInggrisyanglebihbaik.Inijugadianjurkanbagiparapenelitiselanjutnyauntukmelakukanpenelitianyangsamapadapermasalahanyangsamaataupunberbedatetapipadatingkatataukelasyangberbedadisettingyangberbeda.