Gender representation in two EFL textbooks used in grade VII of junior high schools / Nicko Putra Witjatmoko
Main Author: | Witjatmoko, Nicko Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58780/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWitjatmokoN.P.2015.GenderRepresentationinTwoEFLTextbooksUsedinGradeVIIofJuniorHighSchools.MagisterThesisPascasarjanaPendidikanBahasaInggrisUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.NurMukminatienM.Pd.(2)Dr.MirjamAnugerahwatiM.AKataKunciRepresentasigenderbukuteksBahasaInggrisKurikulum2006Kurikulum2013Denganbertambahnyakesadarantentangkesetaraanjenderterasasangatpentinguntukmelihatbagaimanakesadarankesetaraanjenderdibidangpendidikan.Dalambidangpendidikansabuahbukutekstidakhanyadipandangasebagaisebuahmediumbaikbagigurumaupunsiswadalamprosesbelajarmengajarnamunbukuteksjugadipandangsebagaisebuahmediumyangdapatmerepresentasikandanmembentukjenderparapenggunanya.SementaraitubersamaandenganbergantinyaKurikulum2006keKurikulum2013bukuyangdigunakanpunjugaberganti.OlehkarenaitudirasasangatperluuntukmelihatbagaimanabukuyangdigunakandalamKurikulum2013menggambarkanjenderdenganbukuyangdigunakandalamKurikulum2006sebagaipembandingnya.UntukmenjawabpertanyaaninipenelitianiniakanmembandingkanbagaimanabukuKurikulum2006EnglishinFocusforGradeVII(selanjutnyaakandisebutBukuA)danbukuKurikulum2013WhenEnglishRingsaBell(selanjutnyaakandisebutBukuB)merepresentasikanjender.Kemudianakandiketahuibukumanayanglebihmenampilkankesetaraanjenderdibandingkanbukuyanglain.Penelitianinimenggunakananalisisisidalammencarijawabanmengenaibagaimanakeduabukutersebutmerepresentasikanjender.Denganmengadopsiinstrumentyangtelahdigunakanolehbeberapapenelititerdahulu(Stockdale2006Diktas2011danWienanda2012)penelitianinimencaribagaimanakeduabukutersebutmenggambarkanjendermelaluibeberapafaktoryakni1)frekuensiteksyangberfokuspadajendertertentu2)frekuensikarakterlaki-lakidanperempuanyangaktifdanyangnon-aktif3)frekuensijumlahkatayangterucapolehkarakterlaki-lakidanperempuan4)frekuensipendahuluperbincangan5)frekuensikemunculankarakterlaki-lakidanperempuandalamteksdangambar6)daftarpekerjaanyangdimilikiolehkarakterlaki-lakidanperempuan7)daftaraktifitasyangdilakukanolehkarakterlaki-lakidanperempuan8)dandaftarlatarbelakanggambaryangmenampilkankarakterlaki-lakidanperempuan.TemuandaripenelitianinimengungkapkanbahwapadaFaktor1BukuAlebihsetaradariBukuBdengan17.34%untukdialogyangdilakukanolehperempuansajadanlaki-lakisajasedangkanBukuBkurangsetarakarenahanyamenitikberatkanpadadialogyangdilakukanolehlaki-lakisajadenganpresentasi43%darikeseluruhandialogyangadadiBukuB.SelainituuntukFaktor2jumlahkarakterlaki-lakidanperempuanaktifdalamBukuAlebihbanyakdansetarajikadibandingkanBukuBdenganperbedaanpresentasiyangkurangdari1%saja(sedangkanbukuBmempunyaiperbedaanlebihdari8%).UntukFaktor3BukuAmenyajikanjumlahkatayanghampersetaraantarakarakterperempuandanlaki-lakidenganperbedaanpersentasiyanglagi-lagikurangdari1%.NamununtukFaktor4BukuBnampaklebihsetaradalammenyajikankarakteryangmemulaipembicaraandenganhanyamempunyaiperbedaanprosentase6.44%dibandingkandenganBukuAyangmempunyaiperbedaanprosentase8.13%.TemuanuntukFaktor5menunjukkanbahwaBukuAlebihmenyetarakanjenderdenganmemilikiperbedaanprosentaseyangkurangdari1%dibandingkandenganBukuByangmemilikiperbedaanlebihdari15%.SementaraituuntukFaktor6BukuAmemberi7lebihbanyakpilihanbagikarakterlaki-lakidaripadaperempuansedangkanBukuBhanyamemberikanhanya2lebihbanyakpilihanuntukkarakterlaki-laki.UntukFaktor7keduabukutetapmemberikanpilihanlebihbanyakkepadakarakterlaki-lakinamunbukuAmempunyaijumlahperbedaanyanglebihsedikitdariBukuB.TemuanpadaFaktor8mengungkapkanbahwaBukuAlebihsetaradariBukuBdalammenampilkangambarlatarbelakangpadakarakterlaki-lakidanperempuan.DaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwaBukuAyangdibuatdandiaplikasikanpadaKurikulum2006menyajikanlebihbanyakmateriyangsetaradalamjenderdaripadaBukuByangditulisdandiaplikasikanpadaKurikulum2013.NamunmeskipunsetaradalamhalangkapadaBukuAmasihbanyaksekaliditemukankasus-kasusstereotipesedangkanpadaBukuBditemukantidaksedikitcontohbahwaBukuBinisudahmulaimeninggalkansudutpandangtradisionalmengenaijenderdanpekerjaan.SebagaicontohbeberapailustrasidalamBukuBmenggambarkanperempuanbekerjasebagaiseorangpolisiatauwanitakarirsuatuhalyangtidakditemukandalamBukuA.NamunkarenapenelitianinihanyamenitikberatkanpadajumlahfaktoryangtelahdisebutkansebelumnyahendakanyaparapenelitiyangtertarikuntumenganalisakesetaraanjenderdalampendidikandiIndonesiadapatmenitikberatkanpadafaktoryanglainsepertidalampenggunaanbahasaseksisyangmungkinmasihterdapatdalambuku-bukuyangdigunakansebagaipendampingpelajaranBahasaInggrisdikurikulumpendidikanIndonesia.