Improving 9th graders' reading comprehension ability through KWL (Know, Want To Know and Learned) strategy in SMP Sunan Ampel Gresik / Syamsul Maarif
Main Author: | Maarif, Syamsul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58701/ |
Daftar Isi:
- MaarifSyamsul.2014.Improving9thGradersReadingComprehensionAbilityThroughKWL(KnowWanttoknowandLearned)StrategyinSMPSunanAmpel.TesisJurusanPendidikanBahasaInggrisProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbings(1)Dr.EnnyIrawatiM.Pd.(2)Dr.ArwijatiWahyudiMurdibjonoM.Pd.Dip.TESL.KatakunciPemahamanmembacateksreportKWL.Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkankemampuansiswakelas9SMPSunanAmpelGresikdalammemehamibacaandenganmenerapkanstrategiKWL.Strategyinidipilihkarenalangkah-langkahnyayangefektifdalammemotivasisiswauntukterlibataktifdalamprosespembelajaran.PenelitimengadakansebuahkolaborasipenelitiantindakankelasyangmanapenelitidandibantugurukolaborasibekerjaberkerjasamadalammenyiapkanproseduryangsesuaidaristrategimembacaKWLmerancanglessonplanmenentukankriteriakesuksesanimplementasipengamatandanmelakukanrefleksi.Padapenelitianinipenelitimembagikelasataulevelsiswakelompokataskelompoktengahdankelompokbawah.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas9SMPSunanAmpelGresikditahunajaran2013-2014.Datadaripenelitiantindakankelasdikumpulkandenganobservasilangsungdidalamkelasmelaluitespemahamanmembacaceklisketerlibatansiswadanquesionertanggapansiswa.Testmembacapemahamandigunakanuntukmengetahuipencapaiansiswaterhadappemahamanbacaansetelahpenerapanstrategi.CeklispengamatandigunakanuntukmengamatikeaktifansiswaselamaprosespenerapanstrategyKWLdalampembelajaran.Sedangkanquesionartanggapansiswadigunakanuntukmengetahuibagaimanapendapatsiswatentangstrategyinidalampelajaranmembaca.ProsedurimplementasiteknikreadingmelaluiKWLdalampengajaranmemahamibacaanpadatextreportdibagimennjaditigafase.Fasepertamaadalahsebelummembacaguruberusahamengaktifkanbackgroundpengetahuandenganmediagambaratauvideo.Fasekeduaadalahsaatmembacagurumemfasilitasisiswauntukmemahamibacaanmelalui3langkahaktifitas.LangkahituadalahKWdanL(apayangsiswaketahuiapayangsiswainginketahuidanapayangsiswapelajarisiswa).Faseketigasetelahmembaca.Faseinipentingbagiguruuntukmemeriksamengkonfirmasidanmenyimpulkankegiatanpembelajaran.BedasarkantemuanpenelitianstrategimembacaKWLdimanatelahdipergunakanpadasubjekpenelitianmenunjukanpeningkatanpemahamanmembacareportteks.Hasilrata-rataskordaritestmemahamibacaankelompokatasadalah86.Sementaraitustandarskorlulusnya85.Skorkelompoktengahadalah71.Sementaraituskorstandarlulusnya70.Danskorkelompokbawahadalah62.Sementaraituskorstandarlulusannya60.Semuakategoritelahmencapaistandarkelulusanyangtelahditentukan.IniberartidenganmenggunakanstrategimembacaKWLdalammengajarpemahamanmembacasiswadidalamteksreportdapatmeningkatdariwaktukewaktu.Berdasarkanhasilpenelitianpenelitimenyarankanagarguru-gurubahasaInggrismenerapkanstrategiKWLdalampembelajaranmembacasebagaisolusialternativeterhadapkesulitanyangsamadalammengajartextreport.SementaraituparapenelitiselanjutnyadisarankanagarmengadakanpenlitianstrategiKWLpadatingkatanyangsamayanglebihrendahataulebihtinggiuntukmelihatlebihjelassisimanfaatstrategiinidalammengajarmembacadenganmodelteksyanglain.