Peningkatan hasil belajar subtema Keindahan Alam Negeriku melalui media pohon pintar pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Fitria Andriyani

Main Author: Andriyani, Fitria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/5867/
Daftar Isi:
  • AndriyaniFitria.2015.PeningkatanHasilBelajarSubtemaKeindahanAlamNegerikuMelaluiMediaPohonPintarpadaSiswaKelasIVSDN5NgunutKabupatenTulungagung.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TriMurtiS.PdM.Pd(II)Dra.Hj.SriMurdiyahM.Pd.Katakuncipeningkatanhasilbelajarkeindahanalamnegerikupohonpintar.Berdasarkanobservasiditemukanbahwaprosespembelajaranmasihbersifatkonvensionaltergolongteachercentereddimanaguruhanyamenjelaskansajadenganbantuanbukupaketsertapapantulisdangurutidakmenggunakanmediayangmenariksehinggakondisikelasramaisiswakurangaktifdansiswabermainsendiri.Daripermasalahandiatasmengakibatkanhasilbelajarsiswarendahsehinggadapatdiatasidenganpembelajaranmelaluimediapohonpintar.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmediapohonpintaruntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)mendeskripsikanpenggunaanmediapembelajaranpohonpintardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVpadasubtemaKeindahanAlamNegerikudiSDN5NgunutKabupatenTulungagung.PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandengan2siklusdansetiapsiklusnyadilaksanakan2kalipertemuan.Setiapsiklusdilakukandalam4tahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Prosedurpengumpulandatadilakukandenganobservasiwawancaratesakhircatatanlapangandandokumentasisedangkaninstrumennyaberupalembarobservasilembarwawancaralembarcatatanlapangansoaltesakhir.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganmenggunakanmediapohonpintardapatmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswa.Dalamprosespembelajaransiswaterlibataktifdalampenggunaanmediasehinggakeaktifantanggungjawabpercayadirikerjasamaketepatanpenggunaanmediadankemampuansiswadalammengkomunikasikanmengalamipeningkatansertahasilbelajarnyajugameningkat.Halinidapatdiketahuipadatahappratindakannilairata-ratasiswamencapai73.74denganketuntasanklasikalsebesar44.4%padapelaksanaansiklusImencapai66.76denganketuntasanklasikal46.15%danpadapelaksanaansiklusIImencapai83.37denganketuntasanklasikal88.9%.Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahdenganpenggunaanmediapohonpintardapatmelibatkanaktifsiswadalampembelajaransehinggakeaktifantanggungjawabpercayadirikerjasamaketepatanpenggunaanmediadankemampuansiswadalammengkomunikasikanmengalamipeningkatansertahasilbelajarnyajugameningkat.Daripenelitianinidisarankanbahwaguruhendaknyamenggunakanmediapohonpintaruntukmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswadalamprosespembelajaransehari-haribaikpadasubtemaKeindahanAlamNegerikumaupunsubtemayanglaindan3siswayangbelumtuntasperludiadakannyaprogramremidial