Peningkatan hasil belajar subtema Keindahan Alam Negeriku melalui media pohon pintar pada siswa kelas IV SDN 5 Ngunut Kabupaten Tulungagung / Fitria Andriyani
Main Author: | Andriyani, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/5867/ |
Daftar Isi:
- AndriyaniFitria.2015.PeningkatanHasilBelajarSubtemaKeindahanAlamNegerikuMelaluiMediaPohonPintarpadaSiswaKelasIVSDN5NgunutKabupatenTulungagung.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.TriMurtiS.PdM.Pd(II)Dra.Hj.SriMurdiyahM.Pd.Katakuncipeningkatanhasilbelajarkeindahanalamnegerikupohonpintar.Berdasarkanobservasiditemukanbahwaprosespembelajaranmasihbersifatkonvensionaltergolongteachercentereddimanaguruhanyamenjelaskansajadenganbantuanbukupaketsertapapantulisdangurutidakmenggunakanmediayangmenariksehinggakondisikelasramaisiswakurangaktifdansiswabermainsendiri.Daripermasalahandiatasmengakibatkanhasilbelajarsiswarendahsehinggadapatdiatasidenganpembelajaranmelaluimediapohonpintar.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikanpenerapanmediapohonpintaruntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(2)mendeskripsikanpenggunaanmediapembelajaranpohonpintardapatmeningkatkanhasilbelajarsiswakelasIVpadasubtemaKeindahanAlamNegerikudiSDN5NgunutKabupatenTulungagung.PenelitianinimenggunakanpendekatandeskriptifkualitatifdenganjenisPenelitianTindakanKelas(PTK)yangdilakukandengan2siklusdansetiapsiklusnyadilaksanakan2kalipertemuan.Setiapsiklusdilakukandalam4tahapyaituperencanaanpelaksanaantindakanobservasidanrefleksi.Prosedurpengumpulandatadilakukandenganobservasiwawancaratesakhircatatanlapangandandokumentasisedangkaninstrumennyaberupalembarobservasilembarwawancaralembarcatatanlapangansoaltesakhir.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwadenganmenggunakanmediapohonpintardapatmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswa.Dalamprosespembelajaransiswaterlibataktifdalampenggunaanmediasehinggakeaktifantanggungjawabpercayadirikerjasamaketepatanpenggunaanmediadankemampuansiswadalammengkomunikasikanmengalamipeningkatansertahasilbelajarnyajugameningkat.Halinidapatdiketahuipadatahappratindakannilairata-ratasiswamencapai73.74denganketuntasanklasikalsebesar44.4%padapelaksanaansiklusImencapai66.76denganketuntasanklasikal46.15%danpadapelaksanaansiklusIImencapai83.37denganketuntasanklasikal88.9%.Kesimpulandarihasilpenelitianiniadalahdenganpenggunaanmediapohonpintardapatmelibatkanaktifsiswadalampembelajaransehinggakeaktifantanggungjawabpercayadirikerjasamaketepatanpenggunaanmediadankemampuansiswadalammengkomunikasikanmengalamipeningkatansertahasilbelajarnyajugameningkat.Daripenelitianinidisarankanbahwaguruhendaknyamenggunakanmediapohonpintaruntukmeningkatkanaktivitasbelajardanhasilbelajarsiswadalamprosespembelajaransehari-haribaikpadasubtemaKeindahanAlamNegerikumaupunsubtemayanglaindan3siswayangbelumtuntasperludiadakannyaprogramremidial